Kreatif, Guru Matematika Ini Gunakan Lagu Hip Hop Untuk Mengajar

Sabtu, 01 April 2017 11:18 Penulis: Agista Rully
Kreatif, Guru Matematika Ini Gunakan Lagu Hip Hop Untuk Mengajar
© odditycentral

Kapanlagi Plus - Bagi para siswa, Matematika merupakan salah satu pelajaran yang cenderung dihindari. Sebab mata pelajaran yang berhubungan dengan angka ini seringkali diajarkan oleh guru killer dan disampaikan dengan metode yang cenderung membosankan. Namun kini guru matematika lebih banyak yang memiliki cara kreatif saat mengajar.

Beberapa waktu lalu, seorang guru matematika dari Florida, Amerika Serikat, menjadi viral karena cara mengajarnya yang unik. Bagaimana tidak? Pelajaran matematika yang menyeramkan tersebut dikemas dengan nyanyian dan tarian sehingga membuat para siswa lebih rileks dan dapat menyerap pelajaran lebih efektif.

Kurt Minaar, guru matematika yang mengajar dengan lagu hip hop © iol.co.zaKurt Minaar, guru matematika yang mengajar dengan lagu hip hop © iol.co.za

Rupanya cara ini bukanlah yang pertama, sebab ada juga seorang guru matematika dari Afrika bernama Kurt Minaar yang bahkan menciptakan lagu hip hop matematika. Kurt mengajar di Eben Donges High School, Kraaifontein, Cape Town, Afrika Selatan. Dirinya menciptakan sebuah lagu dengan berkolaborasi dengan komunitas tari dan nyanyi bagi para muridnya.

Efeknya? Murid Kurt lebih enjoy dan mendapatkan nilai yang lebih baik dengan metode pengajaran Bapak Guru eksentrik ini. Guru yang memiliki model rambut dreadlock ini sejak kecil memang tertarik dalam bidang akademis. Namun dirinya juga memiliki bakat di bidang seni.

Kurt juga memiliki tampilan eksentrik dan tak segan untuk beratraksi di depan kelas © iol.co.zaKurt juga memiliki tampilan eksentrik dan tak segan untuk beratraksi di depan kelas © iol.co.za

"Aku dulu adalah siswa yang hiperaktif dan berusaha keras belajar matematika. Oleh sebab itu, aku ingin menciptakan suatu metode sehingga membuat murid-muridku merasa nyaman. Lalu apa yang paling pas selain musik rap?" jelas Kurt dikutip dari iol.co.za.

Kurt menciptakan lagu berdurasi 1 menit, dalam lagu tersebut Kurt menyanyikan secara rap tabel perkalian angka tujuh. Setelah lagu rap perkalian angka tujuh, kini Minaar sibuk mengerjakan lagu perkalian angka enam. Dan di masa depan dirinya ingin menelurkan album berisi lagu bernuansa full angka matematika. Keren bukan?

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI