Kronologi Lengkap Hilangnya Yana di Cadas Pangeran Ternyata Prank! Dibawa Ular Kuning Hingga Terlilit Hutang, Eh Diduga Minggat ke Istri Muda

Sabtu, 20 November 2021 03:29 Penulis: Editor KapanLagi.com
Kronologi Lengkap Hilangnya Yana di Cadas Pangeran Ternyata Prank! Dibawa Ular Kuning Hingga Terlilit Hutang, Eh Diduga Minggat ke Istri Muda
Yana Cadas Pangeran (Credit: Twitter.com/bdngfess)


Kapanlagi Plus - Media sosial digemparkan oleh hilangnya pria bernama Yana Supriatna (40) asal Sumedang di kawasan Cadas Pangeran pada Selasa (16/11/2021) malam. Hilang tanpa jejak, Yana hanya meninggalkan sepeda motor yang terpakir di pinggir jalan dengan setang terkunci tanpa ada kerusakan. Narasi hilangnya Yana diperkuat dengan pesan suara yang ia kirimkan kepada sang istri.

Dalam pesan suara Whatsapp itu, Yana sempat menyebut dalam perjalanannya melewati Cadas Pangeran, ia bertemu dengan seseorang dan menumpang dengannya selama perjalanan. Namun tak berapa lama, Yana kembali mengirim pesan suara yang mengatakan bahwa orang yang menumpang dengannya itu bukanlah orang biasa.

Video dan berita kehilangan Yana mendadak geger di seluruh media sosial. Banyak yang mengaitkan hilangnya Yana dengan kemistisan Cadas Pangeran. Ditambah, hilang secara misterius, beberapa warganet yakin hal tersebut berhubungan dengan keangkeran daerah Cadas yang Yana lewati. 

 

 

1. Pesan Suara Terakhir Yana

Sebelum dinyatakan hilang dan pemberitaannya geger, pihak keluarga yaitu istrinya mengaku mendapat pesan suara dari Yana selama dalam perjalanan. Pesan pertama, Yana mengaku sedang beristirahat di sebuah masjid di wilayah Simpang, Pamulihan. Bukan hanya mengabarkan sedang beristirahat, Yana juga mengaku bertemu dengan seseorang yang menumpang dengannya dengan alasan satu arah dengan tujuannya ke Sumedang kota.

Setelah mengabari istrinya, Yana diketahui melanjutkan perjalanan ke Sumedang kota. Tak berapa lama, Yana kembali mengirimkan pesan suara kepada istrinya. Berbeda dengan pesan suara sebelumnya, dalam pesan suara ini Yana tampak ketakutan dan mengaku sudah tidak kuat lagi dan mengatakan orang yang menumpang dengannya adalah orang jahat.

"Ya Allah sampai segininya, kasihan keluarga saya di rumah, saya kira yang ikut numpang bukan orang jahat. Tapi nyatanya orang jahat," isi pesan suara Yana dengan ketakutan dan sambil menangis. Pesan suara yang dikirimkan kepada istrinya itu langsung tersebar di media sosial. Warganet yang ikut mendengarnya merasa ikut merinding dan berspekulasi Yana sedang diculik atau disembunyikan mahkluk halus.

 

 

2. Paranormal: Dibawa Ular Kuning dan di Dalam Air!

Kabar hilangnya telah didengar oleh masyarakat Indonesia, hingga paranormal pun ikut angkat bicara. Tak terkecuali Mbah Mijan yang sempat mengatakan bahwa kawasan Cadas Pangeran memang dikenal angker. Tak hanya itu, para kuncen daerah Sumedang ikut serta dalam pencarian misteri hilangnya Yana.

Cadas Pangeran dinilai sebagian masyarakat sebagai salah satu tempat mistis di daerah Sumedang. Publik pun heboh dengan kabar Yana Supriatna yang dikabarkan hilang misterius di Cadas Pangeran itu. Hingga beberapa warga dan kuncen mengaku mengetahui keberadaan Yana saat hilang.

Dugaan liar yang beredar di tengah masyarakat yang geger dengan hilangnya pria 40 tahun itu salah satunya karena dibawa siluman ular kuning. Tak sedikit warganet mulai ikut membagikan pengalaman mistisnya di Cadas Pangeran dan merasa percaya bahwa Yana memang hilang diambil penunggu Cadas Pangeran.

"Si pak Yana diambil sama ular kuning kalo 3 hari enggak ada kabar, ya udah ikhlasin," ujar salah satu pengakuan warganet yang mengetahui pengakuan kuncen yang meramal keberadaan Yana.

Tak sampai sana saja, muncul seorang pengendara perempuan yang berlagak kesurupan dan mengaku mengetahui posisi persis di mana Yana disembunyikan mahkluk halus. Perempuan yang menggunakan helm tersebut mengatakan Yana berada di dalam air dibawa oleh penunggu Cadas Pangeran. Video tersebut langsung beredar di media sosial.

"Kalau kejadian gini kok gue sebel bgt sama penunggu yang iseng gini. Maksudnya, manusia tu lagi gak ganggu. Kok ya diumpetin, dipisahkan dari alam manusia. Kurang kerjaan bgt, gangguin tuh koruptor. Sebel," ungkap komentar akun @Alifya***** di Twitter. 

 

 

3. Pencarian oleh Polisi

Semakin khawatir dengan kondisi Yana, pihak keluarga akhirnya melapor kepada Polsek Sumedang Selatan pada Selasa (16/11/2021) pukul 19.30 WIB. Setelah menerima laporan tersebut, personel Polres Sumedang, TNI, dan BPBD melakukan pencarian di kawasan Cadas Pangeran. Petugas Kepolisian Resort Sumedang juga menggandeng kepolisian Resort Majalengka untuk bekerja sama menemukan Yana di wilayah kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka.

Bahkan anjing pelacak juga dikerahkan oleh pihak kepolisian untuk mencari keberadaan Yana. Pencarian Yana dilakukan selama tiga hari berturut-turut tanpa henti, namun hasilnya nihil. Hanya sepeda motor dan helm yang tertinggal. Selama tiga hari tiga malam tak ditemukan itu, spekulasi hilangnya Yana makin bermunculan. 

 

 

4. Ditemukan di Majalengka

Setelah hilang hampir seminggu Yana akhirnya ditemukan. Bukan di kawasan Cadas maupun Sumedang Yana ditemukan jauh di Majalengka hendak ke Cirebon. Kabar ditemukannya Yana, warga Babakan Regol, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Sumedang itu dibenarkan Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto pada Kamis (18/11/2021) petang.

Yana ditemukan dalam keadaan sehat walafiat. Kabar Yana yang hilang di Cadas Pangeran itu ternyata hanya sebuah prank dan tipu muslihat Yana alias Prank. Tipuan yang menyebut dirinya akan dibunuh oleh orang jahat atau dibawa oleh mahluk misterius di Cadas Pangeran ternyata hanyalah kebohongan.

Sontak, ditemukannya Yana ini membuat geger kembali warganet yang merasa diprank oleh aksi Yana. Bahkan warganet mengaku ikut malu dengan kebohongan yang dibuat Yana. Warganet juga mengaku sia-sia ikut prihatin dan mengkhawatirkan kondisi pria tersebut. 

 

 

5. Diduga Terlilit Hutang dan Minggat ke Istri Muda

Telah ditemukan oleh kepolisian, Yana akhirnya ditetapkan sebagai tersangka karena telah membuat kehebohan publik. Yana diduga sengaja membuat dirinya seolah-olah hilang misterius karena sedang terlilit utang. Saat ini Yana sedang dalam pemeriksaan untuk mengetahui motifnya ngeprank hilang di kawasan Cadas Pangeran.

"ternyata pak Yana prank guys. bukan ilang ternyata kabur karna terlilit hutang, asli ieu mah euy di prank sa Indonesia," tulis akun Twitter menfess @bdngfess.

Kabar terbaru pun datang dari akun @Yudhimahesa398 di Tik Tok yang menjelaskan dugaan penemuan Yana di Cirebon pada Kami lalu diketahui sedang berada di rumah istri mudanya. Namun Kasi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana mengatakan, motif Yana pura-pura menghilang secara misterius di Cadas Pangeran tersebut karena tekanan pekerjaan dan keluarga.

 

 

6. Muncul Meme Tentang Yana

Prank hilangnya Yana membuat warganet geram sekaligus ngakak dengan tipuan Yana. Yana pun sempat menjadi trending di Twitter dan menarik pembahasan netizen. Bahkan meme tentang Yana seliweran di Twitter.

Wargenet juga membuat meme tentang kuncen dan paranormal yang menyebut Yana diambil oleh siluman ular kuning. Tak hanya itu, beredar juga video tentang seorang perempuan yang mengaku mengetahui keberadaan Yana di dalam air disembunyikan oleh penunggu Cadas Pangeran. Meski membuat warganet jengkel, kisah Yana cukup menghibur dengan meme jenaka yang ikut beredar.

Artikel ini ditulis oleh: Aditia Lestari

 

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI