Arti Doa Sebelum Makan dan Lafalnya, Ketahui Pula Anjuran - Adab Saat Makan

Jum'at, 01 April 2022 12:33
Arti Doa Sebelum Makan dan Lafalnya, Ketahui Pula Anjuran - Adab Saat Makan
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Doa merupakan hal yang penting bagi umat Islam. Dengan berdoa, kalian akan senantiasa ingat atas kuasa dan kasih Allah SWT dalam berbagai kesempatan, termasuk saat makan. Oleh karena itu, memahami lafal dan arti doa sebelum makan merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Selain arti doa sebelum makan, kalian juga perlu memahami doa sesudah makan. Mengucap doa atau hamdalah setelah makan merupakan bentuk syukur seseorang atas rezeki yang diberikan.

Nah, jika kalian ingin mempelajari lebih jauh mengenai lafal, arti doa sebelum makan, sekaligus adab makan, silakan simak informasi berikut ini. Hal ini akan bermanfaat bagi kalian, mengingat bahwa makan merupakan salah satu kebutuhan yang dilakukan setiap hari.

 

 

 

1. Lafal dan Arti Doa Sebelum Makan

1. Doa Sebelum Makan

Tak hanya arti doa sebelum makan, kalian juga perlu mengetahui lafal doa tersebut. Dengan begitu, kalian bisa menghafal atau mengarahkan anak untuk belajar berdoa. Membaca doa merupakan hal baik yang perlu dibiasakan. Oleh karena itu, silakan simak lafal beserta arti doa sebelum makan berikut ini.

"Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannar."

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

2. Doa Sesudah Makan

Setelah makan, seseorang juga dianjurkan untuk membaca doa. Berikut ini lafal doa sesudah makan yang bisa kalian pelajari. Dilengkapi pula dengan arti agar kalian memahami isi dari doa yang kalian panjatkan menggunakan bahasa Arab ini.

"Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoona wa ja'alanaa minal muslimiin."

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin."

 

 

 

2. Anjuran Berdoa Sebelum Makan

Terdapat anjuran bagi umat muslim untuk berdoa sebelum makan. Oleh karena itu, kalian perlu mempelajari lafal dan arti doa sebelum makan agar menjadi sebuah kebiasaan baik. Anjuran tersebut berasal dari Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki berupa makanan yang diberikan oleh Allah SWT.

Membaca doa sebelum makan juga bisa menjadi sumber pahala dan membuat makanan yang dikonsumsi menjadi lebih berkah bagi tubuh. Kebiasaan baik ini juga bisa menjauhkan kalian dari setan. Mengenai hal tersebut, Rasulullah SAW pernah berkata:

"Sesungguhnya setan mendapatkan bagian makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya." (HR. Muslimm)

Tak hanya itu, anjuran mengenai doa makan ini juga dijelaskan dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 172 berikut ini:

"Yaaa ayyuhal laziina aamanuu kuluu min taiyibaati maa razaqnaakum washkuruu lillaahi in kuntum iyyaahu ta'buduun"

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya."

Seperti amalan lain yang dianjurkan dalam Islam, pasti ada fungsi atau tujuan baik bagi manusia. Sesuai dengan anjuran di atas, doa sebelum makan merupakan bentuk permohonan manusia kepada Allah agar kelak makan yang dikonsumsi bisa mendatangkan keberkahan. Nah, jika kalian masih sering lupa menerapkan hal ini, mulai sekarang perlu dibiasakan ya, KLovers!

 

 

 

3. Adab Makan

Selain mengetahui lafal dan arti doa sebelum makan, kalian juga perlu memperhatikan adab saat makan. Berikut ini terdapat beberapa adab makan sesuai dengan yang dilakukan oleh panutan umat Islam, Nabi Muhammad SAW.

1. Membaca Doa

Berdoa merupakan salah satu adab yang harus ditepati saat makan. Lafal dan arti doa sebelum makan sudah diterangkan pada penjelasan sebelumnya.

2. Duduk Ketika Makan

Posisi seseorang saat makan merupakan hal yang perlu diperhatikan selanjutnya. Seorang muslim sebaiknya tidak berdiri ketika makan atau minum. Seseorang sebaiknya duduk saat makan. Hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik berikut ini :

"Nabi Muhammad SAW sungguh telah melarang minum sambil berdiri," (H.R. Muslim).

3. Makan Menggunakan Tangan Kanan

Saat makan atau minum, umat muslim sebaiknya menggunakan tangan kanan. Boleh menggunakan tangan kiri pada kondisi darurat. Adab mengenai makan dengan tangan kanan ini bisa kalian lihat pada penjelasan yang disampaikan oleh Amru bin Abi Salamah, anak tiri Rasulullah berikut ini :

"Sewaktu aku masih kecil, saat berada dalam asuhan Rasulullah SAW, pernah suatu ketika tanganku ke sana ke mari [saat mengambil makanan] di nampan. Lalu Rasulullah SAW bersabda kepadaku: 'Wahai bocah, ucaplah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, serta ambil makanan yang berada di dekatmu.'" (H.R. Bukhari dan Muslim).

4. Tidak Mencela Makanan yang Disuguhkan

Seorang muslim tak boleh mencela makanan yang dikonsumsi. Terlebih jika makanan tersebut dihidangkan oleh orang lain.
Jika kalian memperoleh makanan atau minuman, sesederhana apa pun itu, kalian tetap harus bersyukur atas nikmat yang diberikan.

5. Makan Mulai dari Pinggir Terlebih Dahulu

Adab makan selanjutnya adalah dengan mulai mengambil dari pinggir dahulu baru ke tengah. Cara ini bertujuan untuk menjaga kesantunan ketika makan.

6. Tidak Makan Berlebihan dan Terlalu Kenyang

Jumlah makanan yang dikonsumsi menjadi hal yang perlu diperhatikan saat makan. Segala hal yang berlebihan dilarang dalam Islam, termasuk juga perihal konsumsi makanan atau minuman. Penjelasan mengenai hal tersebut bisa kalian lihat dalam sabda Rasulullah SAW berikut ini :

"Keturunan Adam tidak dianggap menjadikan perutnya sebagai wadah yang buruk jika memenuhinya dengan beberapa suap yang dapat menegakkan tubuhnya. Karena itu, apa yang dia harus lakukan adalah sepertiga perutnya untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk napas," (HR Ahmad)

7. Membaca Hamdalah Sesudah Makan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa makan perlu diawali dan diakhiri dengan doa. Oleh karena itu, setelah makan pun kalian harus mengakhirinya dengan hamdalah atau doa untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti doa sebelum makan yang bisa kalian pelajari dan biasakan dalam keseharian.

 

 

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI