Lagi Tren Lari Pakai Masker, Aman Nggak Sih?

Senin, 14 September 2020 17:50 Penulis: Iwan Tantomi
Lagi Tren Lari Pakai Masker, Aman Nggak Sih?
credit via Shutterstock

Kapanlagi Plus - Selain gowes, lari menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati belakangan ini. Bukan hanya murah dan bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja, lari juga menjadi salah satu pilihan kegiatan yang bisa mengusir kebosanan selama di rumah saja. Hanya keadaaan yang belum sepenuhnya kondusif seperti saat ini, membuat beberapa orang memilih lari menggunakan masker.

Tujuannya agar tetap bisa mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, sekaligus demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama. Lantas, aman nggak sih berlari sambil menggunakan masker ini?

Rupanya ada beberapa cara yang perlu banget kamu perhatikan, agar lari sambil menggunakan masker yang juga tengah ngetren ini tetap aman.

Pilih Masker yang Bikin Kamu Mudah Bernapas

credit via Shutterstockcredit via Shutterstock

Saat berlari biasanya, proses bernapas akan menjadi lebih cepat. Tubuh pun akan menghirup oksigen sekaligus mengeluarkan karbondioksida lebih banyak. Wajar jika saat berlari menggunakan masker, hal ini menjadi kurang nyaman. Makanya, penting banget untuk memperhatikan jenis masker yang digunakan saat lari. 

Sebaiknya, gunakan masker yang membuatmu dan keluarga, termasuk anak-anak saat berlari lebih mudah bernapas. Misalnya, masker kain dengan ketebalan sedang. Hindari menggunakan masker medis, seperti N95, karena bisa membuat pasokan oksigen ke dalam tubuh lebih sedikit saat berlari, dibandingkan menggunakan masker kain.

Pilih Rute yang Tak Terlalu Ramai

credit via Shutterstockcredit via Shutterstock

Memang berlari di taman atau area yang ada jogging track lebih seru karena lebih ramai. Namun, ingat, kondisi saat ini justru sebisa mungkin menganjurkan siapapun untuk melakukan physical distancing. Jadi, pilihlah rute lari yang justru tak terlalu ramai tetapi tetap aman. Misalnya, lari di sekitar kompleks perumahan. Selain itu, jika sore hari lebih ramai, kamu bisa memilih lari bersama keluarga saat pagi hari.

Jeli Melihat Kondisi Tubuh Serta Tak Memaksakan Diri

credit via Shutterstockcredit via Shutterstock

Tubuh akan lebih mudah lelah saat lari menggunakan masker. Selain perlu mengontrol kecepatan, kamu juga perlu lebih jeli melihat kondisi tubuh, pun anak-anak jika sedang lari bersama. Jika tubuh merasa nggak kuat, maka jangan dipaksakan. Begitu juga dengan anak-anak atau anggota keluarga lainnya, selalu ingatkan mereka agar saling memberi tanda jika satu sama lain merasa lelah. Dengan begitu, tak sampai ada yang tertinggal.

Sesekali Lepas Masker dan Istirahat Sejenak

credit via Shutterstockcredit via Shutterstock

Apabila melewati daerah yang tak terlalu padat dan ramai, kamu bisa berhenti sejenak saat sedang lari, baik sendiri maupun bersama keluarga. Tak masalah sesekali melepaskan masker untuk mendapatkan udara bebas. Lebih-lebih jika berada di sekitar taman, pepohonan rindang atau mungkin di antara persawahan. Sebab, udara kaya oksigen banyak dikeluarkan dari tumbuhan tersebut, khususnya di pagi hari. Namun begitu, tetap prioritaskan selalu protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak dengan orang lain.

Bila sudah selesai berlari dan sampai di rumah lagi, jangan lupa siapkan asupan berenergi yang bisa membantu kamu, keluarga, termasuk anak-anak mengurangi rasa lelah, seperti MILO. Sebab, MILO dapat membantumu mengisi kembali energi yang hilang dalam tubuh, setelah berolahraga, termasuk berlari. Bicara lari, kamu juga bisa ikutan Indonesia Virtual Run yang diadakan oleh MILO lho.

credit via MILOcredit via MILO

MILO Indonesia Virtual Run beda dari lari virtual lainnya, karena kamu bisa merasakan suasana berkompetisi, bahkan berlari bersama meski dari lokasi masing-masing. Kamu bahkan bisa lari kapanpun dan di manapun, serta mencatatnya secara berkala hingga berhasil memenuhi target.

Serunya lagi, kamu bisa gabung Virtual Run yang berlangsung secara live dan mencatat prestasimu di leaderboard. Selain itu, kamu bisa memilih untuk ikut Family Run 3K bersama keluarga atau memecahkan rekor lari sendiri dalam kategori 10K. Jika berhasil, kamu berhak mendapatkan finisherpack yang terdiri dari produk MILO, masker dan tas serut yang akan dikirim ke rumahmu setelah periode MILO Indonesia Virtual Run berakhir.

Bukan itu saja, kamu juga akan mendapatkan medali dan jersey bila berhasil menyelesaikan target lari 3K atau 10K. Jadi, jangan lupa submit hasil larimu, ya. Makanya, jangan tunggu lama-lama, yuk langsung registrasi dengan klik di sini.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI