Level Decacorn Grab Bikin Sejarah Baru di Dunia Startup

Senin, 04 Maret 2019 03:01 Penulis: Ayu Miranti
Level Decacorn Grab Bikin Sejarah Baru di Dunia Startup
┬ęshutterstock

Kapanlagi Plus - Saat ini di dunia bisnis startup terhitung ada 300 unicorn yang ada, yakni yang memiliki nilai lebih dari 1 miliar dolar AS. Namun, langka jika ada unicorn yang bisa naik level decacorn. Saat ini terhitung ada lebih dari 10 startup yang naik level decacorn. Deretan startup tersebut adalah Airbnb, Pinterest, Snapchat, Uber hingga SpaceX.

Kabar mengejutkan datang dari Asia Tenggara yang baru saja memiliki decacorn pertamanya. Decacorn sendiri merupakan status yang diberikan pada sebuah startup yang memiliki nikai lebih dari 10 miliar dolar AS.

Menurut situs Business Insider Singapore, dalam empat tahun terakhir ini ekonomi internet di Asia Tenggara mengalami lonjakan dramatis dalam penggalangan dana dengan total investasi US$24 miliar. Menariknya, Grab menjadi startup yang mencetak valuasi terbesar yakni lebih dari US$ 10 miliar, yang menjadikannya startup pertama level decacorn di Asia Tenggara.

Status yang dimiliki Grab sebagai decacorn ini tidak lepas dari peranan sosok Anthony Tan dan tan Hooi Ling yang merupakan founder dari Grab. Berawal dari sebuah garasi di Kuala Lumpur Malaysia, lulusan Harvard jurusan master of Business Administration (MBA) ini meluncurkan MyTeksi yang menjadi cikal bakal GrabTaxi.

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2012, Grab telah berekspansi ke 8 negara dan 336 kota yang ada di seluruh Asia Tenggara.Berikut adalah perjalanan Grab dari tahun 2012 hingga kini.

  • 2012 -- pertama launching GrabTaxi pada bulan Juni
  • 2013 -- memasuki Filipina pada Juli 2013 dan Singapura pada Oktober 2013
  • 2014 -- memasuki Vietnam pada Februari 2014, Indonesia pada Juni 2014, launching pertama Grab Car pada Juli 2014 dan launching GrabBike pada November 2014
  • 2015 -- launcing pertama GrabExpress dan GrabHitch
  • 2016 -- launching regional GrabPay, launching pertama GrabFood, launching pertama Grab for Business, GrabPay Credits dan GrabShare
  • 2017 -- launching pertama GrabCoach, GrabShuttle, JustGrab, memasuki Myanmar, Kudo acquired, launching pertama GrabNow, P2P Fund Transfer pertama, launching GrabReward, memasuki Kamboja
  • 2018 -- akuisisi Uber di SEA, launching GrabVentures, launching GrabPlatform, GrabFresh dan GrabWheels

Pada 20 Januari 2019 lalu, Grab juga telah melakukan 3 miliar perjalanan. Status decacorn Grab tertuang dalam riset Google Temasek bertajuk e-Conomy SEA 2018 yang dipublikasikan 19 November 2018. Dalam laporan tersebut dipaparkan jika kini Asia Tenggara memiliki sembilan unicorn. Grab berhasil mengumpulkan valuasi yang terbesar yakni lebih dari US$ 10 miliar.

Sebagai ungkapan rasa terima kasih Grab karena telah menjadikannya decacorn pertama, Grab membagikan Diskon #LEVELDECACORN hingga 70% untuk semua layanan Grab. Berlaku di seluruh Indonesia dari 28 Februari – 14 Maret 2019 selama promo tersedia setiap harinya. Kamu bisa langsung pesan sekarang nih!

 

(kpl/ayu)

Reporter:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI