Lewat Indonesia Fitness Summit, APKI Dorong Masyarakat Miliki Hidup Sehat dan Bugar

Sabtu, 29 Oktober 2022 19:55
Lewat Indonesia Fitness Summit, APKI Dorong Masyarakat Miliki Hidup Sehat dan Bugar
Indonesia Fitness Summit / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi


Kapanlagi Plus - Sebagai bentuk dukungan nyata terhadap Kampanye Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) yaitu menuju Indonesia Damar RMS, Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) kembali mengadakan Indonesia Fitness Summit pada Hari Sabtu (29/10).

Acara yang digelar di ballroom Soehanna Hall The Energy Building SCBD Jakarta Selatan ini merupakan kegiatan tahunan APKI di mana para pelatih, pengusaha, praktisi di bidang kebugaran sampai dengan penggiat gaya hidup sehat dari seluruh Indonesia berkumpul untuk dapat saling mengenal satu sama lain, berbagi ilmu, wawasan dan pengalaman mereka,

"Berbeda dengan IFS terakhir yang diselenggarakan pada tahun 2019, kali Ini tentunya lebih meriah karena jumlah narasumber dan pesertanya semakin banyak, Kami pun sangat bangga bahwa acara ini turut direkomendasikan oleh Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI sebagai acara resmi di bawah naungan mereka," ungkap Ketua Umum APKI Jansen Ongko dalam konferensi pers yang diselenggarakan sebagai pembuka acara.

Jansen Ongko menyampaikan bahwa kebugaran menjadi salah satu bagian penting dalam menjalani hidup. Menurutnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak menaruh perhatian terhadap kebugarannya. Padahal, dengan tubuh yang bugar, hal tersebut akan meningkatkan produktivitasnya.

“Sayangnya di Indonesia sendiri yang berhubungan dengan kebugaran itu tidak terlalu dapat spotlight di pemerintah,” sambung Jansen.

1. Olahraga Bukan Hanya Terkait Prestasi

Lebih lanjut dia menyampaikan hal yang selalu dikaitkan dengan olahraga hanyalah sebatas prestasi. Padahal, ada aspek lain yang juga penting untuk disoroti, yakni perkembangan terkait olahraga masyarakat.

“Kalau kita berbicara olahraga itu pasti (hanya sebatas) prestasi. Jadi prestasi, prestasi, dan prestasi. Bahkan investasi dari negara pun lebih banyak kebagian yang berhubungan dengan prestasi, daripada yang olahraga masyarakat," tambahnya.

Mengutip laporan Sport Development Index (SDI) pada 2021, sebesar 5,86 persen masyarakat dikategorikan sangat bugar, 18,14 persen bugar, dan sisanya sebesar 76 persen termasuk ke dalam kategori tidak bugar. Hal inilah yang diberi perhatian penuh oleh APKI melalui kegiatan Indonesia Fitness Summit 2022. Oleh sebab itu, IFS diharapkan dapat ikut terlibat dalam mewujudkan Indonesia sehat bugar pada 2045 mendatang.

"Kami berharap dengan adanya acara rutin seperti IFS ini kesejahteraan pelatih kebugaran dan para stakeholder semakin terjamin. Dengan begitu, mereka akan semakin bersemangat dalam membugarkan masyarakat," ungkapnya.

2. Bawa Dampak Positif Kepada Industri Kebugaran

Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat, Hayono Isman, menyampaikan betapa pentingnya masyarakat yang bugar guna meningkatkan daya tawar terhadap bangsa-bangsa lain.

"Bangsa kita ini memang sehat hanya belum menjadi bangsa yang bugar. Kalau kita mau produktif dan kompetitif hanya satu caranya, kita harus menjadi bangsa yang bugar melalui olahraga," kata Hayono.

Kegiatan Indonesia Fitness Summit 2022 ini diadakan guna memberi dampak positif kepada industri kebugaran melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia maupun dukungan kepada pihak yang terlibat secara tidak langsung di dalam industri tersebut.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI