8 Makanan Rekomendasi untuk Pasien Covid-19 Beserta Hal yang Harus Diperhatikan

Senin, 14 Maret 2022 15:44 Penulis: Dhia Amira
8 Makanan Rekomendasi untuk Pasien Covid-19 Beserta Hal yang Harus Diperhatikan
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Covid-19 memang saat ini menjadi salah satu penyakit yang mendapat perhatian lebih. Walaupun, sudah banyak dari kita yang tidak panik dan bisa mengontrol penyakit ini dengan baik. Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mengalami Covid-19 adalah makanan. Makanan rekomendasi yang sehat perlu dikonsumsi agar cepat pulih.

Ada banyak sekali makanan rekomendasi yang bisa KLovers konsumsi untuk membantu pemulihan diri yang sedang terkena Covid-19. Dari sayuran hingga jenis rempah-rempah yang baik untuk tubuh. Makanan rekomendasi ini juga tidak bikin kalian bosan loh KLovers, bahkan bisa jadi ide menu baru untuk kalian konsumsi.

Nah, apa saja ya makanan rekomendasi tersebut? Berikut ini beberapa makanan rekomendasi yang baik dikonsumsi untuk penderita Covid-19 beserta dengan hal yang harus kalian perhatikan.

1. Olahan Jahe

Makanan rekomendasi yang pertama yaitu, ada olahan jahe. Ya, rasa hangat jahe ampuh untuk mengurangi peradangan dan sakit tenggorokan akibat Covid-19. Jahe juga berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Kalian bisa mengolahnya menjadi wedang atau ditambahkan pada masakan seperti sup hangat.

2. Olahan Telur

Kemudian makanan rekomendasi yang lainnya yaitu ada, telur. Ya, telur mengandung dua bahan sekaligus, yaitu protein dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh penderita Covid-19. Sumber karbohidrat ini memiliki serat yang baik untuk mikrobioma usus atau bakteri baik di sistem pencernaan. Sehingga membantu kalian yang sedang mengalami Covid-19.

 

3. Sup Hati ayam

Hati ayam adalah salah satu sumber vitamin A alami yang baik untuk tubuh. Bahkan, kandungan vitamin A pada hati ayam ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan infeksi, termasuk infeksi yang disebabkan oleh virus corona. Kalian bisa melakukan olahan hati ayam menjadi sup ataupun tumisan. Tetapi jangan menggunakan cabai ataupun santan ya KLovers, karena tidak baik kalian konsumsi saat menderita Covid-19.

4. Pasta Bolognese

Nyatanya saat Covid-19, KLovers juga bisa mengonsumsi olahan pasta loh, salah satunya pasta bolognese. Ketika virus mulai hilang dan sudah memiliki nafsu makan yang meningkat, maka ada kecenderungan alami untuk kita mengonsumsi makanan kaya glukosa.

Cari makanan yang juga akan membuat kalian kenyang dan meningkatkan protein dalam tubuh kalian ya. Pasta dengan saus daging, bisa jadi salah satu makanan rekomendasi yang enak untuk kalian konsumsi. Bahkan bagus untuk menaikkan gula darah kalian.

 

5. Tumis Brokoli

Sayuran memang menjadi salah satu makanan wajib yang sehat untuk kalian konsumsi saat Covid-19. Salah satunya yaitu olahan brokoli. Ya, kandungan vitamin C pada brokoli sangat penting untuk meningkatkan imun tubuh. Brokoli juga bisa menurunkan kadar stress dan mencegah penyakit kanker serta jantung.

Selain brokoli, kalian juga bisa mengonsumsi olahan sayuran berdaun hijau lainnya. Itu karena, sayuran hijau kaya akan mineral, vitamin, serat dan beragam nutrisi yang membantu peningkatan imun, perlindungan jaringan tubuh dan pemulihan sel yang terkena dampak COVID.

Sayuran hijau yang bisa dikonsumsi antara lain bayam, kangkung, sawi, kale dan banyak lagi. Kalian bisa membuat tumisan brokoli ataupun sayuran hijau menjadi lauk makan yang enak dan sehat. Namun, tidak pedas ya KLovers.

 

6. Ikan salmon

Ingin makan ikan? Kalian bisa membuat olahan ikan salmon sebagai salah satu makanan rekomendasi yang baik untuk penderita Covid-19. Hal ini karena, ikan salmon menyimpan Omega-3 yang bagus untuk melawan proses peradangan. Selain itu, ikan ini juga membantu mengatasi kesulitan tidur yang biasanya muncul sebagai salah satu gejala COVID-19.

 

7. Ubi-Ubian

Dan makanan rekomendasi untuk penderita Covid-19 yang terakhir ada ubi-ubian. Ya, sama seperti telur, di dalam ubi-ubian memiliki sumber karbohidrat kompleks. Kalian bisa memperoleh karbohidrat ini dari berbagai jenis ubi seperti singkong, talas, dan kentang.

Beberapa makanan tersebut mengandung serat yang baik untuk mikrobioma usus atau bakteri baik di sistem pencernaan. Ubi-Ubian ini bisa kalian konsumsi sebagai cemilan sehat hingga pengganti nasi.

 

8. Hal yang Perlu Diperhatikan

Selain mengonsumsi makanan sehat, KLovers juga perlu mengetahui hal yang peru diperhatikan sebelum membuat makanan. Dan berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut:

1. Saat memasak gunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun dan minimalisir penggunaan mentega atau minyak kelapa sawit.

2. Kurangi mengonsumsi minuman tinggi gula seperti soda, teh dalam kemasan, hingga bubble tea, atau kopi susu kemasan
Perbanyak minum air putih, setidaknya 8-10 gelas per hari.

3. Jangan memasak sayuran terlalu matang karena kandungan vitamin dan mineralnya akan berkurang.

4. Konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup. WHO menyarankan konsumsi sayur dan buah masing-masing sekitar 450 gram per hari.

5. Jangan mengonsumsi terlalu banyak garam dan gula.

6. Hindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji atau daging olahan yang tinggi lemak, kolesterol, garam, serta gula.

7. Jika mengolah dua jenis bahan, seperti daging dan ikan, gunakan talenan terpisah.

8. Masak makanan hingga matang atau mencapai suhu yang direkomendasikan.

9. Cuci tangan menggunakan sabun dan air selama minimal 20 detik sebelum makan.

10. Hindari makanan cepat saji.

11. Salah satu gejala COVID-19 adalah mual dan muntah, oleh karena itu hindari makanan yang pedas dan asam agar lambung tak makin bermasalah. Makanan pedas dan asam dapat juga dapat mengiritasi tenggorokan.

12. Hindari minuman berkafein, minuman berkafein maka akan membuatmu sulit istirahat atau susah tidur, bahkan menimbulkan perasaan cemas yang berpengaruh pada proses kesembuhan.

Itulah beberapa  yang bisa KLovers konsumsi saat sedang menderita Covid-19. Seluruh makanan rekomendasi ini bisa KLovers buat dengan mudah dan praktis.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI