Memahami Apa Arti Bucin, Beserta Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Jum'at, 05 November 2021 14:11
Memahami Apa Arti Bucin, Beserta Ciri-Ciri dan Penyebabnya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Bucin merupakan istilah yang semakin sering digunakan dalam obrolan sehari-hari. Meski sudah sering didengar, mungkin beberapa dari kalian belum mengetahui apa arti bucin sebenarnya.

Biasanya, bucin digunakan untuk menyebut seseorang yang sedang dimabuk asmara dan menunjukkan aksinya secara berlebihan. Dampak yang ditimbulkan pun bisa beragam, entah itu dikatakan sebagai fenomena yang romantis atau sikap yang dianggap terlalu lebay. Mungkin, hal itu pula yang membuat kalian bingung dengan apa arti bucin.

Padahal, respons orang di sekitar pada fenomena tertentu selalu beragam, kan? Nah, bagi kalian yang masih penasaran dengan apa arti bucin, langsung saja simak penjelasan lengkap dengan ciri dan penyebabnya berikut ini.

1. Apa Arti Bucin?

Jika kalian bertanya apa arti bucin, jawabannya adalah "budak cinta". Bucin memang sebuah singkatan, bahasa gaul yang kini makin sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, ketika kalian mencari apa arti bucin dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tak akan menemukan jawabannya.

Namun, jika kalian mencarinya dengan kata "budak" dan "cinta" secara terpisah akan terjawab maksudnya. Budak adalah antek, hamba, atau jongos, sedangkan cinta berarti sayang sekali, sayang benar, atau terpikat. Jika dilihat dari arti tersebut budak cinta berarti antek atau hamba yang sangat menyayangi. Dampaknya, seseorang yang bucin akan menuruti semua keinginan orang yang dicintainya.

Jika kalian melihat seseorang yang selalu rela berkorban untuk pasangannya, bisa dikatakan bahwa kalian sedang melihat momen nyata seorang bucin. Biasanya, momen tersebut sering ditemukan pada tiga bulan awal pasangan menjalin hubungan. Meski begitu, jiwa bucin bisa terus ada pada diri seseorang tanpa batasan waktu, bahkan bisa juga dialami seseorang yang tak terikat pada komitmen, tapi menyimpan perasaan cinta yang begitu dalam.

Sikap seperti rela berkorban dan seketika menjadi penurut di hadapan pasangan ini dilakukan untuk menarik perhatian orang yang dicintai. Secara psikologis, hal ini wajar terjadi, terutama di kalangan anak muda yang berada pada fase awal jatuh cinta. Pada fase tersebut, seseorang cenderung lebih melihat sisi positif orang yang disukai dan menganggap kekurangannya sebagai hal yang menarik, lucu serta menggemaskan.

2. Ciri-Ciri Bucin

Setelah mengetahui apa arti bucin, mungkin kalian juga penasaran dengan ciri-ciri orang bucin. Mungkin saja kalian juga sedang penasaran dengan kadar bucin yang ada pada diri kalian atau pasangan. Oleh karena itu, berikut ini ada informasi mengenai ciri-ciri bucin untuk menjawab rasa penasaran tersebut.

- Punya Pasangan

Biasanya, seorang bucin memiliki pasangan. Pasangan ini tak terbatas pada hubungan pacaran atau pernikahan, bahkan seseorang bisa menjadi sejak awal PDKT atau masih sekadar gebetan. Intinya, sikap sebagai bucin akan muncul ketika seseorang sedang dimabuk asmara. Bahkan, dia rela mengalah dan menuruti berbagai keinginan orang yang dia cintai sebelum meresmikan suatu hubungan.

- Sulit Diajak Ketemu Teman

Seorang bucin biasanya sulit diajak bertemu dengan teman karena selalu menjadikan pasangan sebagai prioritasnya. Jika kalian punya teman seorang bucin, akan sangat sulit diajak bertemu. Alasannya pun akan berputar di hubungan asmaranya, seperti terlanjur ada janji dengan pasangan, harus menjemput, bahkan bisa jadi dia juga dilarang oleh pasangannya.

Meski tak sedang bersama atau LDR, seorang bucin akan tetap menjadikan pasangannya sebagai prioritas. Dia akan lebih senang menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai walau hanya lewat video call. Nah, jika kalian punya teman yang sulit diajak bertemu sejak punya pasangan, bisa jadi dia sedang berada pada fase menjadi seorang bucin.

- Pandai Menggoda Pasangan

Jika kalian melihat seseorang yang tak malu-malu untuk menunjukkan perasaan cintanya kepada pasangan, bisa jadi dia seorang bucin. Lebih dari itu, dia selalu punya kemampuan untuk menggoda pasangan.

Cara menggodanya pun tak terbatas pada kata-kata gombal, tapi juga bisa ditunjukkan melalui segala bentuk aksi nyata berupa perhatian, kado, dan lain sebagainya. Terkadang aksinya terlihat begitu romantis dan bikin orang iri, tapi bisa juga terlihat berlebihan.

- Rela Mengorbankan Banyak Hal untuk Pasangan

Kadar kerelaan berkorban seorang bucin biasanya akan lebih tinggi dibanding sikap biasanya. Sekilas, ciri ini juga bisa kalian lihat sebagai sifat seseorang yang penurut. Seorang bucin rela meninggalkan kepentingannya demi memenuhi keinginan pasangan.

Namanya seorang budak, pasti akan terus berusaha menuruti keinginan tuannya, yakni pasangan yang dicintai. Hal itu membuat bucin lupa bahwa setiap orang seharusnya punya skala prioritas. Hasilnya, bucin tak tak segan untuk menabrak risiko besar untuk mendapatkan kesenangan bersama pasangan.

3. Penyebab Bucin

Setelah mengetahui apa arti bucin beserta ciri-cirinya, mungkin ada rasa penasaran di benak kalian, mengapa kemudian seseorang menjadi bucin? Melansir dari laman Sehatq, berikut penjelasan mengenai penyebab bucin yang akan menjawab rasa penasaran kalian.

Setidaknya, ada dua faktor yang bisa menjadi penjelasan logis mengenai penyebab bucin, antara lain:

- Faktor Kimia

Ketika seseorang jatuh cinta, hormon dopamin banyak diproduksi dalam otak. Dalam hal ini, otak manusia memang punya program untuk untuk merasakan jatuh cinta sehingga terasa seperti candu. Efek selanjutnya akan muncul fenomena yang kalian sebut sebagai bucin.

Orang tersebut kecanduan terhadap rasa jatuh cinta. Dia akan terus melakukan hal-hal menyenangkan, termasuk menuruti semua perkataan pasangannya untuk mendapatkan kepuasan tersendiri dalam otak.

- Faktor Psikologis

Tak hanya faktor kimia, penyebab bucin seseorang juga dipengaruhi oleh faktor psikologis. Seseorang yang memiliki perasaan rendah diri atau kondisi mental yang lemah secara emosional punya potensi yang lebih besar untuk menjadi seorang bucin.

Itulah penjelasan mengenai apa arti bucin beserta ciri-ciri dan penyebabnya. Dengan mengetahui hal ini, kalian akan jadi lebih mengerti penempatan kata bucin dalam obrolan sehari-hari.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI