Memahami Arti Abstrak Menurut Kamus, Ketahui Juga Pengertiannya dalam Ranah Seni dan Penelitian

Selasa, 07 Juni 2022 12:55
Memahami Arti Abstrak Menurut Kamus, Ketahui Juga Pengertiannya dalam Ranah Seni dan Penelitian
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Kata atau istilah abstrak tentu sudah tak begitu asing di telinga kita. Pasalnya, sering kali kita mendengar kata abstrak di berbagai kesempatan. Kata abstrak juga sering mengikuti beberapa kata lain, misalnya saja abstrak penelitian, lukisan abstrak, dan sebagainya. Lantas, apa arti abstrak yang sesungguhnya?

Ya, abstrak memang merupakan salah satu kosakata bahasa Indonesia. Namun, abstrak bukan tergolong kata yang lumrah dipakai sehari-hari oleh masyarakat umum dalam percakapan biasa. Maka dari itu, meski mungkin terdengar familiar, faktanya masih banyak orang yang tidak mengetahui arti abstrak.

Jika kalian termasuk yang belum tahu arti dari kata abstrak, tak perlu khawatir. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan singkat tentang arti abstrak yang sebenarnya.

 

1. Arti Abstrak Menurut Kamus

Kata abstrak dalam bahasa Indonesia, disinyalir merupakan bentuk serapan dari kata dalam bahasa Inggris 'abstract'. Menurut kamus online, dictionary.cambridge.org, arti abstrak atau abstract (dalam bahasa Inggris) adalah ide, perasaan, atau kualitas, bukan sebagai objek material. Sehingga, abstrak merupakan suatu hal yang tidak berwujud benda konkret.

Kata abstract dalam bahasa Inggris kemudian diserap, dan disesuaikan pelafalannya menjadi abstrak. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti abstrak ternyata tak jauh beda dengan arti dalam bahasa Inggris. Namun lebih lanjut, dalam KBBI arti abstrak dijelaskan mempunyai dua makna.

Pertama, arti abstrak dalam KBBI adalah suatu hal yang tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad; niskala. Terkait penjelasan ini, kata abstrak tergolong dalam kelas kata sifat. Sementara, arti abstrak kedua dalam KBBI adalah ikhtisar, karangan, laporan, ringkasan, inti, dan sebagainya. Sehingga, dalam arti kedua tersebut, kata abstrak justru termasuk dalam kelas kata benda.

 

2. Abstrak dalam Konteks Seni

Seperti yang telah dijelaskan di awal, arti abstrak sangat berkaitan dengan dunia seni. Terkait hal ini, kita mengenal adanya karya seni lukis abstrak. Pada dasarnya, sebutan karya lukis abstrak mengacu pada karya seni yang wujudnya tidak mengacu suatu objek benda.

Hal ini sebagaimana pendapat Meike Sutanto bahwa seni abstrak merupakan karya seni yang dengan unsur garis, bentuk dan warna yang bersifat bebas atau tidak terikat dengan bentuk berbagai objek yang ada di alam semesta.

Oleh karena itu, arti abstrak khususnya dalam karya seni lukis terkadang lebih terlihat seperti coretan dan warna yang tetap terkesan indah. Namun karena berupa coretan, keindahan lukisan abstrak bukan suatu hal yang mudah dideskripsikan.

Interpretasi lukisan dan karya seni yang bersifat abstrak didasarkan pada perasaan. Sebab, karya seni abstrak merupakan hasil ekspresi seniman sebagai penciptanya. Sehingga, sangat diwajarkan jika hanya sang seniman yang benar-benar memahami nilai yang terkandung dalam karya seni abstrak.

 

3. Ciri-ciri Karya Seni Abstrak

Dalam seni, arti abstrak sangat lekat dengan seni lukis. Maka dari itu, selain mengetahui arti abstrak dalam bidang seni, penting juga untuk tahu ciri-ciri karya seni khususnya lukis, yang bergaya abstrak. Sebab, pengetahuan ciri-ciri tersebut bisa membantu dalam menginterpretasikan suatu karya seni. Berikut beberapa ciri-ciri karya seni abstrak.

- Mempunyai wujud objek yang sulit atau bahkan tidak bisa dikenali.

- Murni dari imajinasi seniman.

- Menggunakan perpaduan warna yang unik, berbeda dengan karya lain, tapi tetap harmonis.

 

4. Pengertian Abstrak dalam Karya Ilmiah

Selain terkait dunia seni, abstrak juga berkaitan erat dengan dunia penelitian dan pengetahuan. Bahkan, abstrak menjadi salah satu bagian penting dalam suatu karya ilmiah seperti jurnal, skripsi, thesis, dan sebagainya. Terkait hal ini, terdapat beberapa penjelasan arti abstrak, berikut beberapa di antaranya.

Menurut International Standart Organisation (ISO), abstrak merupakan penjelasan yang ditulis secara singkat dan akurat berisi inti suatu dokumen, tanpa adanya tambahan interpretasi atau kritikan. Sehingga, abstrak harus ditulis seobjektif mungkin.

Kemudian, American National Standards Institute's menjelaskan bahwa abstrak merupakan pernyataan secara singkat dan akurat tanpa adanya  tafsiran ataupun kritik. Abstrak juga dibuat secara umum, tidak secara khusus untuk kalangan tertentu.

Seorang ahli bernama Frederick Wilfrid Lancaster juga menjelaskan arti abstrak dalam ranah penelitian. Menurutnya, abstrak merupakan representasi yang ringkas tetapi memiliki keakuratan dari isi suatu dokumen.

 

5. Unsur-unsur Abstrak dalam Karya Ilmiah

Setelah mengetahui arti abstrak dalam penelitian, kita tahu bahwa abstrak merupakan suatu hal penting. Oleh karena itu, membuat abstrak tidak boleh dilakukan sembarangan. Setidaknya, ada beberapa unsur yang harus terpenuhi saat membuat abstrak untuk penelitian. Berikut beberapa unsur abstrak tersebut.

- Abstrak harus dibuat dengan unsur argumentasi yang logis berdasarkan observasi, dan dibuat dengan tujuan untuk memecahkan suatu masalah.

- Abstrak juga harus memuat unsur metode atau pendekatan ilmiah yang dipakai untuk memecahkan sebuah masalah tersebut.

- Abstrak juga harus mengandung unsur hasil yang dicapai. Unsur hasil ini bisa menjadi kesimpulan yang dapat diambil dari karya ilmiah yang disusun.

- Abstrak juga harus memuat unsur sederhana, singkat, padat, tapi tetap jelas dan mudah dipahami.

Itulah di antaranya penjelasan arti abstrak dalam seni dan penelitian. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI