Memahami Arti Analisis, Jenis, Tujuan dan Penggunaannya dalam Berbagai Bidang

Senin, 14 Maret 2022 15:33
Memahami Arti Analisis, Jenis, Tujuan dan Penggunaannya dalam Berbagai Bidang
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Sejak masa kanak-kanak, manusia sebenarnya sudah memiliki kemampuan dalam menganalisis situasi di sekitarnya. Namun, istilah arti analisis di dalam dunia intelektual bisa lebih luas dan dalam. Hal ini berkaitan dengan bidang ilmu tertentu. Lalu, apa sih arti analisis sebenarnya?

Secara singkat, arti analisis adalah penyelidikan dan penguraian dalam suatu persoalan. Hal ini bisa dilakukan dalam berbagai bidang, baik yang formal maupun informal. Ada yang melakukan analisis hanya untuk menelaah peristiwa di sekitarnya. Ada pula yang menggunakan teknik dalam sebuah kajian ilmu tertentu.

Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai arti analisis, silakan simak penjelasan berikut ini. Berisi penjelasan mengenai jenis-jenis dan tujuannya dalam berbagai bidang, informasi ini akan membantu kalian dalam meraih pemahaman.

1. Arti Analisis

Arti analisis bisa dipahami sebagai penyelidikan dan penguraian terhadap sesuatu. Istilah analisis berasal dari analusis yang sebenarnya berasal dua kata, yakni "ana" yang berarti kembali dan "luein" yang berarti melepas atau mengurai. Jika digabungkan, arti analisis adalah "menguraikan kembali". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdapat beberapa penjelasan mengenai arti analisis, yaitu:

1. Penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya).

2. Penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

3. (Kimia) penyelidikan kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya.

4. Penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya.

5. Pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.

Selain dari KBBI, terdapat sejumlah pengertian lain menurut para ahli. Berikut ini beberapa pendapat mengenai analisis yang bisa membantu kalian dalam memahami proses penyelidikan dan penguraian terhadap suatu hal.

1. Sugiono

Analisis adalah kegiatan untuk mencari pola, atau cara berpikir yang berkaitan dengan pengujian secara sistematis terhadap sesuatu untuk menentukan bagian, hubungan antarbagian, serta hubungannya dengan.

2.Robert J. Schreiter

Analisis adalah "membaca" teks yang melokalisasikan berbagai tanda dan menempatkan tanda-tanda tersebut dalam interaksi yang dinamis, dan pesan-pesan yang disampaikan.

3. Dwi Prastowo Darminto

Analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

2. Jenis Analisis

Setelah memahami arti analisis di atas, kalian juga perlu memahami jenis-jenis analisis. Secara garis besar analisis berisi kegiatan mengurai, membedakan, dan memilah sesuatu untuk dikelompokkan menurut kriteria tertentu dan dicari kaitannya lalu ditafsirkan maknanya. Namun, ada beberapa teknik yang akan membedakan metode penelitiannya, yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Agar lebih jelas, silakan simak informasi berikut ini.

1. Metode penelitian kuantitatif adalah teknik analisis yang menggunakan data-data secara matematis atau dibuat dalam bentuk statistik. Metode ini biasanya dipakai pada bidang ilmu pasti, seperti ekonomi, teknik, kedokteran, fisika, dan sebagainya.

2. Metode kualitatif berbeda dengan kuantitatif. Metode ini lebih mengutamakan pengolahan data berbentuk hasil observasi, wawancara, sumber-sumber literatur, dan lain-lain secara mendalam. Oleh karena itu, metode ini lebih banyak menggunakan teknik analisis deskriptif.

3. Analisis deskriptif dilakukan dengan penggambaran data yang diperoleh dengan apa adanya menggunakan satuan variabel umum dalam statistik, seperti mean (rata-rata), median (nilai tengah), modus (nilai paling sering muncul), dan standar deviasi (ukuran keragaman data).

4. Analisis kausalitas dilakukan dengan menemukan keterkaitan dan mengkhususkan pencarian informasi tentang bagaimana hubungan antara setiap tema dapat saling memengaruhi.

5. Analisis komparatif dilakukan dengan perbandingan, baik antara satu tema dengan tema lainnya, maupun beberapa tema pada kelompok-kelompok subjek yang berbeda. Hasil dari analisis ini bisa berupa persamaan dan perbedaan antara beberapa hal yang diperbandingkan.

6. Analisis korelasi berkebalikan dengan analisis komparatif. Analisis ini mencari keterkaitan antara beberapa tema yang berbeda dan tidak pernah diuji atau dibuktikan sebelumnya.

 

3. Tujuan Analisis dan Penggunaan di Berbagai Bidang

Pembahasan mengenai arti analisis dan jenis-jenisnya akan membawa pemahaman yang lebih. Selanjutnya, kalian juga perlu mengetahui mengenai tujuan analisis dalam berbagai bidang berikut ini.

1. Bisnis

Analisis dalam bisnis dilakukan dengan menerapkan evaluasi menyeluruh pada segala aspek yang akan memengaruhi maju tidaknya kinerja perusahaan. Hal ini sangat penting dilakukan agar pelaku bisnis dapat memprediksi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin terjadi di masa depan.

2. Bahasa

Analisis dalam bahasa atau linguistik biasanya digunakan untuk mendalami struktur bahasa yang digunakan oleh kelompok masyarakat tertentu, dalam situasi tertentu, atau pada media tertentu, baik secara khusus maupun luas.

3. Kesehatan

Analisis dalam bidang kesehatan memungkinkan dunia medis untuk mengidentifikasi organisme berukuran super mini atau mikrobiologi, seperti jamur (fungi), bakteri, dan virus. Seorang ahli akan menghabiskan banyak waktu di laboratorium. Hal ini juga memungkinkan profesi analis kesehatan untuk bekerja di bidang industri makanan.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti analisis beserta jenis dan tujuannya dalam berbagai bidang.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI