Memahami Arti Keluarga dan Cara Membuatnya Tetap Harmonis

Jum'at, 27 Mei 2022 12:55
Memahami Arti Keluarga dan Cara Membuatnya Tetap Harmonis
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Setiap orang jelas punya keluarga. Manusia tak mungkin lahir tanpa ada keluarga di dekatnya. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk memahami apa itu arti keluarga dalam kehidupan.

Secara umum, mungkin kalian sudah mengerti apa yang dinamakan keluarga. Namun, apa kalian tahu arti keluarga yang lebih mendalam?

Ya, kalian perlu mengusahakan banyak kasih sayang untuk mewujudkan sebuah keluarga yang harmonis. Untuk bisa mencapainya, sepertinya kalian butuh pengetahuan mengenai arti keluarga berikut ini.

 

1. Arti Keluarga

Arti keluarga bisa dipahami sebagai unit terkecil dari masyarakat yang tergabung karena adanya hubungan darah, perkawinan, atau pengangkatan. Orang-orang di dalamnya pun berinteraksi satu sama lain hingga terciptalah suatu kebudayaan dalam keluarga tersebut.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti keluarga adalah ibu dan bapak beserta anak-anaknya atau orang seisi rumah yang menjadi tanggungan. Bisa juga dipahami sebagai sanak saudara atau satuan kekerabatan.

Sementara itu, menurut Undang-Undang 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Bab I pasal 1 ayat 6, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri; atau suami, istri dan anaknya; atau ayah dan anaknya (duda), atau ibu dan anaknya (janda).

Berdasarkan penjelasan di atas memang diketahui banyak sekali pengertian tentang keluarga. Namun, jika kalian masih bingung, informasi tambahan mengenai jenis-jenis keluarga ini mungkin akan sedikit membantu.

1. Keluarga inti adalah keluarga yang terdiri dari suami, istri, dan anak.

2. Keluarga konjugal adalah keluarga yang terdiri dari pasangan dewasa (ibu dan ayah) dan anak mereka yang terdapat interaksi dengan kerabat dari salah satu atau dua pihak orang tua.

3. Keluarga luas ditarik atas dasar garis keturunan di atas keluarga aslinya. Keluarga luas meliputi hubungan antara paman, bibi, keluarga kakek, dan keluarga nenek.

 

2. Cara Membuat Keluarga Tetap Harmonis

Memiliki keluarga yang harmonis tentu menjadi keinginan setiap orang. Mengetahui arti keluarga seperti penjelasan di atas, mungkin akan mendorong kalian untuk berusaha menciptakan kondisi keluarga tetap harmonis. Nah, jika kalian penasaran dengan caranya, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. Saling menghormati

Untuk membuat keluarga tetap harmonis, kalian harus menerapkan sikap saling menghormati. Coba berilah pengertian pada seluruh anggota keluarga untuk menghargai satu sama lain. Sebagai orangtua, artinya kalian harus mendengarkan dan menghargai pendapat yang anak sampaikan.

2. Hindari membentak

Untuk menciptakan suasana damai di rumah, kalian perlu menghindari membentak. Misalnya, saat anak membuat salah, lebih baik kalian bicara atau menghukumnya dengan baik. Jangan sampai kalian berteriak dan membuat suasana rumah menjadi tak tenang.

3. Menyayangi satu sama lain

Sebagai sesama anggota keluarga, tentu harus ada rasa saling menyayangi kan, KLovers! Rasa sayang tersebut dapat ditunjukkan melalui perhatian, kepedulian, maupun dukungan. Ketika anak merasa dicintai dan disayangi, hal itu akan membuatnya merasa aman.

4. Prioritaskan keluarga

Memprioritaskan keluarga harus menjadi prioritas. Mendahulukan kepentingan pasangan atau anak dapat menciptakan perasaan saling membutuhkan. Hal ini merupakan cara menjaga keharmonisan rumah tangga yang tidak boleh disepelekan.

5. Meluangkan waktu bersama keluarga

Setiap orang memang punya kesibukan masing-masing. Namun, terlalu sering berada di luar rumah juga tidak baik karena bisa menjauhkan hubungan antar anggota keluarga. Misalnya, saat kalian menghabiskan seluruh waktu untuk bekerja dan tidak memprioritaskan anak-anak, mereka akan terbiasa dengan perasaan terbengkalai. Anak-anak bahkan bisa berpikir dirinya tidak cukup berharga di mata orangtuanya.

6. Saling memberi apresiasi

Aspek ini dekat kaitannya dengan saling menyayangi. Artinya, kasih sayang tak cukup diperlihatkan lewat kata. Perlu ada pembuktian berupa kepedulian antar satu sama lain. Bagi keluarga yang hidup rukun di rumah, apresiasi pun ditunjukkan dengan menunjukkan rasa hormat kepada masing-masing anggota.

7. Hadapi masalah dengan efektif

Masalah memang bisa muncul dalam bidang apa saja, tak terkecuali keluarga. Nah, saat menghadapi stres, keluarga harmonis mampu melihat krisis sebagai tantangan dan peluang. Alih-alih menyerah, keluarga yang harmonis mampu beradaptasi dengan adanya perubahan akibat problem yang melanda.

 

3. Kata-Kata untuk Keluarga

Selain arti keluarga dan cara membuatnya harmonis, barangkali kalian juga butuh kata-kata sebagai referensi untuk ucapan. Kalian bisa menuliskan ucapan ini sebagai pesan singkat atau pada kartu saat memberikan hadiah.

1. "Tidak ada cinta yang lebih besar dari cinta yang dibagikan dalam keluarga."

2. "Apa pun yang terjadi, sebuah keluarga akan selalu mendukung Anda."

3. "Tidak ada yang mengenal Anda lebih baik dari keluarga Anda."

4. "Bagi kami, keluarga berarti merangkul satu sama lain dan berada di sana." - Barbara Bush

5. "Anda tidak memilih keluarga Anda. Mereka adalah pemberian Tuhan untuk Anda, seperti Anda bagi mereka." - Desmond Tutu

6. "Ini semua tentang kualitas hidup dan menemukan keseimbangan yang menyenangkan antara pekerjaan dan teman serta keluarga." - Philip Green

7. "Keluarga dan persahabatan adalah dua fasilitator kebahagiaan terbesar." - John C. Maxwell

8. "Keluarga dan teman adalah harta terpendam, carilah mereka dan nikmati kekayaan mereka." - Wanda Hope Carter

9. "Keluarga saya adalah hidup saya, dan segala sesuatu yang lain menjadi yang kedua sejauh yang penting bagi saya." - Michael Imperioli

10. "Ini adalah keluarga saya. Saya menemukan semuanya sendiri. Itu kecil, dan rusak, tapi tetap bagus. Ya. Masih bagus." - Taylor

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti keluarga yang bisa kalian pahami maknanya.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI