Memahami Arti Literally Menurut Kamus dan Sebagai Bahasa Gaul, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya Agar Tidak Keliru

Selasa, 05 Juli 2022 16:55
Memahami Arti Literally Menurut Kamus dan Sebagai Bahasa Gaul, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya Agar Tidak Keliru
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Literally kini jadi salah satu kata gaul yang cukup populer saat ini, terkhusus di kalangan anak muda. Terbukti, kata literally bisa kita dengar hampir setiap hari dalam percakapan sehari-hari. Meski sudah tergolong sebagai kata gaul dan populer, faktanya masih banyak orang yang tidak paham betul apa arti literally yang sebenarnya.

Sebenarnya wajar saja, jika masih ada yang tidak tahu arti literally. Pasalnya kata literally bukan merupakan kata bahasa Indonesia asli. Literally merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris. Sebelum jadi kata populer seperti sekarang, kata literally hanya digunakan saat seseorang berbicara bahasa Inggris. Sehingga, pada saat itu hanya kalangan tertentu yang tahu arti dan cara penggunaannya.  

Lantas, apa arti literally dan bagaimana cara penggunaannya? Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Arti Literally Menurut Kamus

Seperti yang disinggung sebelumnya, sejatinya literally merupakan salah satu kosakata bahasa Inggris. Baru belakangan ini, kata literally kemudian menjadi salah satu kata gaul dan populer. Maka dari itu, cara paling mudah untuk mengetahui arti literally adalah dengan mengeceknya langsung di kamus.

Dilansir dari kamus online dictionary.cambridge.com, kata literally dalam bahasa Inggris tergolong sebagai adverb atau kata keterangan. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, arti literally adalah 'secara harfiah' atau 'dalam arti yang sebenarnya'.

 

2. Fungsi Literally dan Contoh Penggunaannya

Dalam percakapan bahasa Inggris, kata literally bisa digunakan dalam beberapa kondisi. Pasalnya, kata literally ternyata memang mempunyai beberapa fungsi. Oleh sebab itu, selain tahu arti literally penting juga untuk tahu fungsi-fungsinya agar kita bisa menggunakan secara benar. Berikut beberapa fungsi dan contoh penggunaan kata literally dalam bahasa Inggris.

1. Untuk Menjelaskan atau Memperjelas Suatu Objek

- We live literally just round the corner from her. (Kami tinggal benar-benar tidak jauh darinya.)

2. Untuk Memberikan Penekanan

- They were literally over the moon at the news. (Mereka benar-benar senang mendengar berita itu.)

3. Untuk Menyatakan Sebuah Proses Penerjemahan

- Translations that are done too literally often don't flow well or don't sound natural. (Terjemahan yang dilakukan terlalu harfiah sering kali tidak mengalir dengan baik atau tidak terdengar alami.)

 

3. Arti Literally Sebagai Bahasa Gaul

Kata Literally baru jadi kosakata gaul beberapa waktu ke belakang ini. Kata literally biasa digunakan oleh anak muda yang biasa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Namun belakangan, kata ini juga sering digunakan oleh mereka yang mencampurkan penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bahkan, kini kata literally sering dipakai sebagai sisipan dalam percakapan bahasa Indonesia.

Sebagai bahasa gaul, arti literally juga sering dikaitkan dengan anak muda dari kawasan Jakarta Selatan (Jaksel). Pasalnya, kawasan tersebut saat ini memang dikenal identik dengan anak muda yang gaul dan kekinian. Tak saja tentang gaya pakaian dan pergaulan, tapi juga dalam hal bahasa, seperti penggunaan bahasa campur Indonesia dan Inggris. Itulah sebabnya, kata literally kemudian identik dengan anak Jaksel.

Sama seperti arti dalam kamus, sebagai bahasa gaul literally juga berarti 'secara harfiah' atau 'dalam arti yang sebenarnya'. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh penggunaan kata literally sebagai bahasa gaul.

"Gila! Film Everything Everywhere All at Once keren banget dan mind blowing! Gue literally, masih kepikiran terus sampe sekarang."

 

4. Istilah Gaul Lainnya dari Bahasa Inggris

Selain literally, sebenarnya masih ada banyak kosakata bahasa Inggris yang kemudian jadi kata gaul dan populer saat ini. Maka dari itu, penting untuk tahu arti dari setiap kata gaul dari bahasa Inggris tersebut. Apa sajakah itu? Berikut beberapa arti kata gaul dari bahasa Inggris, selain arti literally.

- All Right: Ya.

- Chill out: Tenang.

- Clumsy: Ceroboh.

- Creep atau creepy: sikap aneh atau menyebalkan.

- Damage : Memesona dan menawan.

- Dude: Kata sapaan 'Bung'.

- Fake: Palsu.

- Feeling so blue: Ungkapan yang menggambarkan rasa sedih

- Feeling: Perasaan atau Merasakan.

- Fishy: Ungkapan yang menggambarkan rasa curiga.

- Freak : Aneh.

- Ghosting : ditinggalkan tanpa kabar atau hubungan yang tidak jelas.

- Guy: Ungkapan untuk memanggil satu teman, dan khusus yang laki-laki.

- Guys: Ungkapan untuk memanggil teman, namun dalam arti jamak atau teman-teman. Guys bisa digunakan untuk menyapa teman laki-laki atau perempuan.

- Hang out: Jalan-jalan atau nongkrong.

- Hella: Ungkapan untuk menyatakan sesuatu yang bersifat "sangat ..."

- Noted: Bakal menjadi catatan.

- Salty: Bosan.

- Savage: Keren.

- Stan: Mengidolakan sesuatu atau menyukai sesuatu.

- Slay: Menakjubkan atau sangat keren.

- Spill The Tea: Ungkap rahasia atau bongkar rahasia.

- Swag : Keren.

- FYI : singkatan for your information atau informasi untukmu.

- BTW: singkatan dari By The Way artinya sama dengan Ngomong-ngomong.

- CMIIW: singkatan Correct Me If I'm Wrong atau Koreksi jika saya salah.

- GWS : singkatan Get Well Soon artinya Semoga Lekas sembuh/membaik.

- OMG: singkatan Oh My God ungkapan untuk menunjukkan perasaan terkejut.

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti literally dalam kamus dan sebagai bahasa gaul. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI