Arti Pluralisme, Jenis, dan Dampaknya dalam Kehidupan

Selasa, 21 Juni 2022 13:11
Arti Pluralisme, Jenis, dan Dampaknya dalam Kehidupan
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Tinggal di negara yang memiliki masyarakat begitu majemuk bisa mendatangkan dampak positif maupun negatif. Dampak positif bisa didapat jika setiap warga negara bisa benar-benar memahami arti pluralisme. Jika tidak, dampak negatif akan muncul karena banyaknya perbedaan yang ada.

Perbedaan yang dimaksud berkaitan dengan adanya, suku, agama, ras, dan antargolongan di Indonesia. Padahal, jika masyarakat benar-benar mau memahami arti pluralisme sebagai kondisi masyarakat yang majemuk baik dari sistem sosial maupun politik, akan tercipta keamanan dan kesejahteraan dalam kehidupan.

Oleh karena itu, sebagai salah satu warga negara Indonesia, penting bagi kalian untuk memahami arti pluralisme. Berikut ini terdapat informasi yang merangkum materi mengenai macam-macam pluralisme, beserta dampak positif dan negatifnya.

 

1. Arti Pluralisme

Arti pluralisme perlu dipahami oleh setiap orang, terutama oleh masyarakat majemuk seperti di Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pluralisme adalah keadaan masyarakat yang majemuk (bersangkutan dengan sistem sosial dan politiknya). Majemuk sendiri dapat dipahami sebagai negara yang terdiri atas beberapa bagian yang merupakan kesatuan.

Sebagai negara dengan keanekaragaman, Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda-beda tetap satu juga. Pluralisme akan muncul ketikan dalam suatu kelompok atau wilayah terdapat perbedaan budaya. Dengan kata lain, pluralisme merupakan kondisi suatu masyarakat yang berusaha menghargai perbedaan dan membiarkan kelompok lain mempertahankan kebudayaannya.

Secara sosial, arti pluralisme adalah sebuah paham yang mampu menerima keberagaman dan bersikap saling menghormati dalam melakukan interaksi dengan kelompok atau individu yang memiliki perbedaan budaya.

 

2. Mengenal Macam-macam Pluralisme

Setelah memahami arti pluralisme seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalian juga perlu belajar mengenai macam-macam pluralisme. Hal tersebut bisa kalian simak dalam informasi berikut ini.

1. Pluralisme dalam Suku Bangsa

Indoensia memiliki kelompok suku dan etnis dengan jumlah lebih dari 300 kelompok. Kelompok ini tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Suku Jawa, Sunda, Batak, Gayo, dan masih banyak lainnya. Keberagaman suku bangsa tersebut bisa menjadi kekuatan dan kekayaan bagi Indonesia. Artinya, perbedaan tersebut tak seharusnya dipandang sebagai masalah, tapi menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan.

2. Pluralisme dalam Agama

Sila pertama pada Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mewajibkan seluruh warganya untuk memeluk satu agama. Indonesia memiliki enam agama yang diakui, yakni Kristen, Islam, Budha, Hindu, Katholik, dan Konghucu. Berbagai agama tersebut memiliki tempat ibadah, nilai, dan tradisi sendiri. Adanya perbedaan ini harus disadari oleh setiap individu. Oleh karena itu, diperlukan sikap toleransi atau saling menghargai guna menciptakan tatanan kehidupan beragama yang aman dan nyaman.

3. Pluralisme dalam Budaya

Arti pluralisme juga perlu dipahami oleh setiap orang dalam memandang perbedaan budaya. Ketidakpahaman akan perbedaan budaya ini sering kali menjadi alasan utama terjadinya banyak konflik di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Pemicu konflik ini biasanya muncul dari rasa persaingan, bahkan ada sikap egosentrisme yang menganggap etnis yang dipeluk paling baik. Oleh karena itu, perbedaan budaya juga perlu dipahami sebagai kekayaan dan setiap individu perlu memandangnya secara setara.

4. Pluralisme dalam Ilmu Pendidikan

Ilum pengetahuan adalah hal penting yang harus didapatkan oleh seluruh masyarakat. Namun, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan pendidikan layak. Masalah ini menyebabkan adanya paham yang berbeda sesuai dengan tingkat pendidikannya.

Seharusnya, tingkat Pendidikan yang berbeda tidak memunculkan sebuah masalah. Justru, hal ini bisa digunakan untuk mempersatukan bangsa. Perkembangan dan pertumbuhan dalam ilmu pengetahuan seharusnya tidak membuat satu individu merasa lebih unggul dan merasa berhak untuk memutuskan suatu kebenaran.

 

3. Dampak Negatif Jika Masyarakat Tidak Memahami Pluralisme

Memahami arti pluralisme sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Jika tidak, akan ada dampak negatif yang muncul. Beberapa di antaranya bisa kalian pahami dalam penjelasan berikut ini.

1. Dapat menimbulkan konflik

Konfilk ini muncul akibat ada beberapa pihak yang tidak bisa menerima atau tidak memiliki rasa toleransi terhadap adanya perbedaan keyakinan. Salah satu contohnya adalah konflik yang terjadi antar umat beragama.

2. Munculnya sikap individualisme

Individualisme akan membuat seseorang ingin memenuhi kehendak pribadinya. Orang-orang seperti ini tidak bisa menerima intervensi dari pihak lain. Orang individualis akan mengedepankan kepentingan pribadinya.

3. Adanya persaingan dalam kelompok

Keanekaraman suku, ras, agama, dan adat yang ada di Indonesia bisa menimbulkan persaingan dalam masyarakat. Biasanya, hal ini dipicu oleh perasaan ingin mendapatkan sebuah pengakuan sebagai kelompok yang benar.

 

4. Dampak Positif Pluralisme

1. Menjadi daya tarik turis

Keragaman budaya yang unik bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi turis manca negara. Perbedaan ini bisa menjadi sebuah ciri khas yang bisa dikenal negara asing.

2. Kondisi masyarakat yang modern

Bila setiap lapisan masyarakat memahami betul tentang pluralisme dan menyadari perbedaan, sikap tersebut akan membantu masyarakat untuk berpikir maju dan modern.

3. Dapat meningkatkan pendapatan negara

Perbedaan ini bisa dikembangkan dari berbagai sumber sehingga bisa menambah pendapatan negara. Salah satunya adalah pengembangan sektor pariwisata. Masyarakat domestik bisa mengenal budaya lain dan turis manca negara bisa mengenalkan budaya ini ke internasional.

Nah, itulah arti pluralisme yang bisa kalian pelajari. Berusaha untuk memahami dan menghormati keberagaman akan menghadirkan rasa aman dan sejahtera dalam kehidupan.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI