Arti Surat Al Baqarah dan Kandungannya, Ketahui Juga Keutamaan Bagi Umat Muslim yang Membacanya

Selasa, 21 Juni 2022 12:44 Penulis: Puput Saputro
Arti Surat Al Baqarah dan Kandungannya, Ketahui Juga Keutamaan Bagi Umat Muslim yang Membacanya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Membaca Alquran menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dalam agama Islam. Pasalnya, sebagai kitab suci Alquran berfungsi sebagai pedoman dalam menjalani hidup. Di Alquran, terdapat beberapa surat dan ayat yang di dalamnya terdapat perintah dan larangan Allah SWT. Dari banyaknya surat, Al Baqarah jadi surat dengan ayat terbanyak. Itulah mengapa penting untuk tahu arti surat Al Baqarah.

Lantaran punya ayat yang banyak jumlahnya, tak banyak orang yang mampu menghafal bunyi dan arti surat Al Baqarah. Padahal sebagai surat terpanjang, tentu Al Baqarah menyimpan banyak keutamaan. Oleh karena itu, jika tak mampu menghafalkannya, setidaknya setiap umat muslim dianjurkan untuk membaca dan memahami isi kandungan surat Al Baqarah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti surat Al Baqarah beserta kandungan dan keutamaannya.

 

1. Arti Surat Al Baqarah

Al Baqarah merupakan surat kedua dalam Alquran, setelah surat Al Fatihah sebagai pembuka. Surat Al Baqarah turun di kota Madinah sehingga tergolong sebagai surat Madaniyah. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Al Baqarah menjadi surat terpanjang dalam Alquran dengan jumlah ayat mencapai 286 ayat.

Secara umum, arti surat Al Baqarah adalah sapi betina. Surat ini dinamakan Al Baqarah yang berarti sapi betina lantaran di dalamnya terkandung 67 sampai 74 ayat yang bercerita tentang peristiwa saat Bani Israel yang diperintah Nabi Musa untuk mencari seekor lembu betina yang akan disembelih.

Namun arti surat Al Baqarah tak saja bercerita tentang peristiwa pencarian sapi betina oleh Bani Israel. Lebih dari itu, dalam Al Baqarah juga terdapat banyak kisah dan pelajaran berharga lainnya bagi umat muslim. Al Baqarah juga menjadi salah satu surat terpenting dalam Alquran. Sebab dalam surat ini terdapat ayat kursi yang disebut sebagai salah satu ayat yang agung.

 

2. Keutamaan Surat Al Baqarah

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, bahwa arti surat Al Baqarah mempunyai banyak keutamaan. Keutamaan-keutamaan tersebut akan diperuntukkan umat muslim yang membaca dan mengamalkan setiap ayat dalam surat Al Baqarah. Berikut beberapa penjelasan terkait keutamaan surat Al Baqarah yang wajib diketahui setiap muslim.

1. Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Setiap umat muslim yang rajin membaca surat Al Baqarah akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Tak saja untuk jiwanya, melainkan juga rumah yang dia huni. Hal tersebut sebagaimana yang terdapat dalam hadis berikut:

Rasulullah SAW mengatakan, " Sesungguhnya Allah SWT menulis dalam kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan surga dan bumi, serta mengirim dua ayat untuk mengakhiri Al Baqarah. Jika dibaca selama tiga malam dalam rumah maka setan tidak akan mendekatinya." (HR Tirmidzi).

2. Ganjaran Masuk Surga

Keutamaan lain dari arti surat Al Baqarah adalah dijanjikan bakal masuk ke dalam surga. Keutamaan ini juga terdapat dalam hadis yang diriwayatkan An-Nasai ini terdapat dalam kitab Bulugh Al Maram, yang berbunyi:

Rasulullah SAW berkata, " Siapa saja yang membaca Ayat Kursi di akhir tiap ibadah wajib maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian."

3. Dikabulkan Permintaannya

Umat muslim yang rajin membaca surat Al Baqarah juga dijanjikan Allah SWT akan dikabulkan semua hajatnya. Hal ini seperti yang disebutkan dalam hadis:

"Nama Allah SWT yang terbaik yang jika dengan sebutan tersebut maka Dia akan menjawab ada dalam tiga surat yaitu surat Al Baqarah, Ali Imran, dan Thahaa." (HR Ibnu Majah).

4. Mendapatkan Kecukupan Rezeki

Umat muslim tak perlu khawatir akan kekurangan rezeki. Sebab, keutamaan surat Al Baqarah selanjutnya adalah akan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT. Hal tersebut disampaikan dalam hadis:

"Siapa saja yang membaca dua ayat terakhir dalam Al Baqarah pada malam hari, maka itu akan mencukupinya." (HR Ibnu Majah)

 

3. Kandungan Surat Al Baqarah

Arti surat Al Baqarah adalah sapi betina. Namun seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa keseluruhan surat Al Baqarah tak saja berbicara tentang peristiwa pencarian sapi betina. Dalam surat terpanjang di Alquran ini juga dibahas banyak hal lainnya yang berguna untuk kehidupan umat muslim. Oleh karena itu, selain arti surat Al Baqarah, umat muslim juga wajib tahu isi kandungannya.

Dilansir dari laman Islam.nu.or.id, surat Al Baqarah sama halnya surat madaniyah lain yang banyak membahas tata cara kehidupan umat Islam di masa itu. Maka dari itu, dari surat tersebut kita bisa belajar untuk menjalani kehidupan sebagaimana tuntunan Rasulullah SAW.

Selain itu, dalam arti surat Al Baqarah keseluruhan juga dibahas tentang banyak hal seputar kehidupan umat muslim, seperti aspek aqidah, amal saleh, sholat, infaq, zakat, dan sebagainya. Dalam surat Al Baqarah juga banyak anjuran serta larangan Allah SWT yang harus dipatuhi oleh umat muslim.

 

4. Bacaan dan Arti Ayat Kursi

Seperti yang telah dijelaskan di awal, salah satu keistimewaan surat Al Baqarah adalah adanya ayat kursi di dalamnya. Berikut bunyi bacaan ayat kursi dan artinya yang terdapat dalam ayat 225 surat Al Baqarah.

Allahu laaa ilaaha illaa Huwal Haiyul Qaiyuum; laa taakhuzuhuu sinatunw wa laa nawm; lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ard; man zal lazii yashfa'u indahuuu illaa bi-iznih; ya'lamu maa baina aydiihim wa mww khalfahum wa laa yuhiituuna bishai'im min 'ilmih

Artinya:

"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar."

Itulah di antaranya ulasan tentang arti surat Al Baqarah beserta kandungan dan keutamaannya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan kita sebagai seorang muslim. Amin.

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI