Membuka IdeaFest 2018, Jokowi Kagum dan Apresiasi Teknologi Anak Bangsa

Jum'at, 26 Oktober 2018 13:10 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Membuka IdeaFest 2018, Jokowi Kagum dan Apresiasi Teknologi Anak Bangsa
Jokowi datang sebagai pembuka di acara IdeaFest 2018 (credit: Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)


Kapanlagi Plus - Festival kreatif terbesar di Indonesia, IdeaFest 2018 resmi digelar hari ini, Jumat (26/10). Acara ini berlangsung selama dua hari pada 26-27 Oktober 2018 di JCC Senayan. Tepat pukul 10.52 WIB, Presiden RI, Joko Widodo menekan sirine sebagai simbolis dibukanya secara resmi IdeaFest 2018 di Musk Room.

Seperti biasa, Jokowi hadir dengan gaya khasnya, namun agak sedikit berbeda. Penampilannya lebih trendi dengan dengan kemeja putih yang dibalut jaket merah terang identik dengan tema warna IdeaFest 2018. Kehadirannya pukul 09.40 langsung disambut riuh tepuk tangan meriah para pengunjung yang memenuhi Musk Room IdeaFest 2018.

Sebelum memulai sambutan, Jokowi terlebih dahulu menyapa para pengunjung. Sambil berjalan membelah kerumunan dengan dijaga ketat paspampres, ayah Kaesang Pangarep ini menyalami dan meladeni sebagian pengunjung yang ingin berswafoto dengannya.

1. Pidato Jokowi

Jokowi akhirnya membuka pidatonya yang dimulai pukul 09.52 dengan rasa kagum pada kaum millenial. "Saya senang sekali tadi datang melihat pameran. Saya kaget banyak sekali lompatan-lompatan yang semuanya dikelola anak muda kaum milenial. Yang menggerakan Indonesia ke depan adalah saudara-saudara semua."

Kekagumannya tidak berhenti sampai di situ. Kemajuan teknologi saat ini, menurutnya, berkembang sangat cepat sehingga membuat dirinya kagum sekaligus agak kesulitan untuk mengikutinya.

"Saya selalu ingin belajar, tapi kecepatan teknologi saat ini sangat cepat sekali. Belum Artificial Intelligence, lalu ada lagi Virtual Reality, keluar lagi BitCoin, Crypto Currency, Tesla, Space X, dan masih banyak yang lainnya. Sangat cepatnya hadir di tengah-tengah kita."

2. Jokowi Tentang Apresiasi Prestasi Anak Bangsa

Kendati demikian, Jokowi kembali mengingatkan agar negara kita tidak ketinggalan dalam kecepatan teknologi saat ini. Beliau pun mengapresiasi pencapaian prestasi anak bangsa saat ini yang sudah merambah keluar negeri.

"Saya titip, hati-hati, kita jangan sampai ketinggalan, jangan sampai ditinggal. Saya seneng dalam 5-4 tahun ini ada 4 unicorn. Tapi saya ingin lebih dari itu," ungkapnya lagi.

"Ketika di Vietnam saya diajak untuk GoViet. Gabungan Gojek dan Vietnam. Seneng saya bukan apa-apa, teknologi dari Indonesia mengintervensi negara-negara lain. Itu yang saya inginkan," ucapnya diikuti tepuk tangan seisi ruangan.

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, saya resmi membuka IdeaFest 2018. Selamat berbagi gagasan, selamat berbagi ide, selamat berinovasi, dan semuanya harus segera dieksekusi. Wassalamualaikim Warrahmtullahiwabarakatuh," tutupnya.

(kpl/apt/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI