Mengenai The NextDev 2018 Samarinda, Ini Kata Startup AIDU dan Tukangpedia

Kamis, 30 Agustus 2018 18:03 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Mengenai The NextDev 2018 Samarinda, Ini Kata Startup AIDU dan Tukangpedia
(c) Syakur Usman

Kapanlagi Plus - The NextDev 2018 melanjutkan petualangannya mencari talenta-talenta early stage startup di berbarai penjuru Indonesia. Hari ini (30/8), giliran 11 startup asal Samarinda yang punya kesempatan mewujudkan impian mereka lewat ajang pitch deck di program Talent Scouting, The NextDev 2018.

Tentu saja, masing-masing mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk melakukan presentasi tentang perusahaan dan produk kepada enam juri Talent Scouting. Ide, konsep, dan gagasan kreatif tertuang dalam acara ini dan pasti bakal bikin para juri puyeng untuk menentukan pemenangnya.

Lalu, bagaimana tanggapan para peserta Talent Scouting Samarinda terhadap The NextDev ini?

Andry Ridwan, founder AIDU, yang ternyata adalah startup asal Makassar, Sulawesi Selatan, mengungkapkan pendapatnya tentang The NextDev 2018. Dia memiliki misi khusus, yaitu memeras ilmu sebanyak-banyaknya dari para mentor, yang juga para senior di dunia bisnis digital. Dia mengakui bahwa pengetahuan jauh lebih penting daripada investasi atau dana.

(c) Syakur Usman(c) Syakur Usman

AIDU sempat berpikir untuk ikutan The NextDev 2018 di Batam atau Bali. Tapi karena terbentur jadwal, akhirnya mereka bisa mengikuti di Kalimantan Timur.

"Sebenarnya kami mau ikutan The NextDev 2018 yang di Bali atau Batam, tapi tidak cocok waktunya karena berbarengan dengan kegiatan lain. Akhirnya kami ikutan di Samarinda," ungkap Andry.

Soal peluang lolos, pria yang juga seorang guru ini berharap untuk hasil terbaik saja. Tapi dia mengaku bahwa persiapan menghadapi Talent Scouting ini telah dilakukan selama sebulan.

(c) Syakur Usman(c) Syakur Usman

Situasi yang sama juga dimiliki oleh Hani, pendiri Tukangpedia, mengenai keikutsertaannya di babak pitch deck The NextDev 2018. Lulusan University of Manchester, Inggris ini mengaku mendapatkan banyak pelajaran berharga setelah bertanya-jawab dengan para juri di Talent Scouting. Baginya, hasil akhir adalah nomor dua. Yang penting dirinya punya tekad baja untuk membesarkan Tukangpedia.

"Menang atau tidak, saya tetap lanjutkan startup Tukangpedia. Tapi kalau menang lebih baik," tegas Hani.

Sebagai platform early stage startup terbesar di Indonesia, nggak heran kalau sebagian besar peserta The NextDev 2018 mengincar saran dan masukan dari para juri, yang tentunya bakal sangat berguna untuk mengembangkan bisnis mereka. Kira-kira siapakah tiga startup terbaik dari Talent Scouting Samarinda yang bakal lolos ke babak selanjutnya di Jakarta, akhir Oktober nanti, ya?

 

 

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI