Arti Sange, Kata Gaul yang Bermakna Negatif - Hindari Penggunaannya di Ruang Publik

Kamis, 28 Oktober 2021 10:33
Arti Sange, Kata Gaul yang Bermakna Negatif - Hindari Penggunaannya di Ruang Publik
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Sejak dahulu hingga saat ini, ada banyak istilah atau kata gaul yang berkembang di masyarakat. Kata sange adalah salah satunya. Meski tergolong sebagai kata gaul, nyatanya sange tetap bukanlah kata yang populer bagi sebagian orang. Malahan, masih ada banyak orang yang tidak tahu arti sange yang sesungguhnya.

Secara umum kata sange mempunyai arti dan makna yang negatif. Oleh sebab itu, selama ini istilah sange memang hanya digunakan oleh kalangan tertentu. Sehingga rasanya wajar jika banyak orang yang masih merasa asing dengan istilah gaul satu ini. Lantas, apa sebenarnya arti dari kata sange?

Untuk menjawab rasa penasaran kalian terkait arti sange, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Arti Sange

Tak diketahui pasti bagaimana asal mula kata sange muncul dan dipakai sampai saat ini. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sange merupakan salah satu kata gaul sehingga tidak termasuk dalam kata baku bahasa Indonesia. Hal ini terbukti dengan tidak adanya arti sange dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Maka dari itu, arti dan makna dari kata sange diartikan berdasarkan pada pemakaiannya sehari-hari.

Dalam pemakaiannya di keseharian, arti sange sama dengan nafsu birahi. Kata sange seringkali dipakai untuk menyatakan kondisi seseorang yang tengah berada dalam hasrat seksual yang besar. Oleh karena itu, kata sange ini hanya digunakan di kalangan terbatas dan di situasi tertentu seperti saat bersama pasangan atau lingkungan terdekat sebagai celetukan kata candaan.

Mengingat arti sange adalah bermakna negatif, maka sebaiknya menghindari penggunaan kata ini terutama di ruang publik. Sebab, walaupun termasuk kata gaul, istilah sange tetap tak bisa digunakan semena-mena. Salah-salah, pemakaian kata sange secara sembarangan bisa tergolong tindak pelecehan seksual. Selain itu di media sosial, kata sange juga sering dipakai sebagai tagar atau hastag untuk penanda transaksi pornografi.

2. Cara Mengatasi Sange

Meski arti sange adalah bermakna negatif, tetap tak bisa dipungkiri kondisi tersebut tetap sebuah hal alamiah yang bisa terjadi pada setiap orang. Meski demikian, rasa sange yang muncul sewaktu-waktu tentu bisa sangat mengganggu. Karenanya, penting untuk tahu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sange. Sehingga, seseorang bisa lebih menjaga dan mengendalikan nafsu birahinya.

Dilansir dari liputan6.com, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sange yang muncul sewaktu-waktu.

1) Duduk dengan tenang, lalu ambil napas dan rasakan dengan penuh kesadaran keberadaan.

2) Alihkan perhatian dari dari hal-hal berbau seksual dan coba berpikir lebih rasional.

3) Pikirkan rasa sange sebagai reaksi kimia akan berhenti dengan sendirinya.

4) Syukuri bahwa perasaan tersebut, menjadi pertanda bahwa kalian normal bila memiliki potensi seksual semacam itu.

5) Yakinkan diri bahwa sekaranglah kesempatan untuk melatih kecerdasan dalam mengendalikan diri, khususnya seksualitas.

3. Arti Kata Gaul Lainnya

Sudah di bahas cukup dalam, bahwa arti sange adalah negatif. Sehingga, walaupun istilah tersebut tergolong kata gaul, ada baiknya untuk tetap menghindari penggunaannya. Sebagai gantinya, jika tetap ingin terlihat kekinian, kalian bisa menggunakan kata gaul lainnya yang lebih bermakna positif seperti berikut ini.

1) Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

2) Gaje: adalah singkatan dari gak jelas atau enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

3) Gercep: merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

4) Japri: merupakan singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

5) Mager: merupakan singkatan gaul dari kalimat malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

6) Mantul: adalah singkatan gaul dari kata mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

7) Anw: adalah singkatan dari bahasa Inggris Anyway, artinya ngomong-ngomong.

8) BTW: merupakan singkatan dari bahasa Inggris By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah 'ngomong-ngomong'.

4) CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I'm Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti 'koreksi jika saya salah'.

5) FYI: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

6) Kepo: merupakan singkatan dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

8) OTW: adalah singkatan gaul dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

9) OOTD: adalah singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

10) TGIF: merupakan singkatan dari Thanks God it's Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti sange yang ternyata bermakna negatif. Semoga bermanfaat, bisa menambah pengetahuan, dan membuat kalian jadi lebih bijak dalam berbahasa!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI