Mengenal Web adalah Bagian Penting dalam Teknologi Internet, Ketahui Jenis dan Cara Mengaksesnya

Jum'at, 03 September 2021 15:22 Penulis: Puput Saputro
Mengenal Web adalah Bagian Penting dalam Teknologi Internet, Ketahui Jenis dan Cara Mengaksesnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Perkembangan teknologi semakin pesat setelah munculnya internet. Seperti yang kita tahu, internet membawa banyak hal baru yang bermanfaat. Sebagai teknologi terbaru, internet juga memunculkan berbagai istilah baru, salah satunya yaitu website atau yang juga kerap disebut dengan web. Secara umum, web adalah pusat jaringan berbagai laman yang terhubung langsung dengan internet.

Di era digital seperti saat ini, web seharusnya sudah jadi istilah yang tidak asing lagi. Di keseharian, istilah website sudah biasa dipergunakan. Banyak orang mengakses web untuk mendapatkan informasi yang dicari dan dibutuhkan. Oleh karena itu, kita mengenal adanya web berita yang berguna sebagai sumber informasi. Selain itu, masih ada beragam jenis web dengan kegunaannya masing-masing.

Di samping penjelasan singkat di atas, masih ada hal-hal penting dan menarik lainnya tentang web yang perlu kalian ketahui. Apa sajakah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan lebih mendalam tentang web adalah jaringan laman yang digunakan saat mengakses internet.

 

1. Mengenal Apa Itu Web

Nama lain dari web adalah situs. Selain itu, web juga sering disebut dengan istilah World Wide Web. Seperti yang disinggung sebelumnya, web merupakan sekumpulan laman di internet yang terhubung pada suatu domain. Untuk bisa mengakses web, kita perlu menggunakan bantuan browser.

Web atau website merupakan salah satu bagian terpenting dari teknologi internet. Pasalnya, web adalah sistem jaringan internet yang dapat memuat berbagai dokumen dalam format khusus, dengan bahasa markup yang disebut HTML (HyperText Markup Language). Format khusus inilah yang membuat web dapat diakses untuk beragam jenis dokumen, seperti grafik, audio, dan video dalam wujud link atau tautan.

Di era yang serba digital seperti saat ini, web telah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan. Website atau web bisa dikelola secara individu maupun atas nama kelompok atau organisasi tertentu. Yang jelas, secara umum web dipergunakan untuk berbagai kepentingan dan tujuan khusus, seperti bisnis, pendidikan, dan sebagainya.

Seiring berkembangnya teknologi dan internet, kini pemanfaatan web juga makin meluas. Terbukti, belakangan mulai banyak bermunculannya variasi dari penggunaan web, seperti sebagai situs pendidikan, situs berita, forum, situs media sosial, situs e-commerce, dan sebagainya.

 

2. Fungsi dari Web

Bagi pengguna internet, pengetahuan mendasar tentang web adalah satu hal yang tak bisa diabaikan. Dengan memanfaatkan pengelolaan web, seseorang atau kelompok tertentu bisa melakukan berbagai hal. Pasalnya, web bisa difungsikan secara luas sesuai kebutuhan, kepentingan, dan tujuannya. Seperti pengelolaan situs pendidikan untuk memperluas ilmu pengetahuan, situs berita untuk sumber informasi, situs e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar usaha, dan sebagainya.

 

3. Jenis-Jenis Web

Web adalah salah satu bagian penting dari teknologi internet. Kini, web sudah dimanfaatkan oleh banyak pengguna dengan berbagai tujuan, kepentingan, dan kebutuhan. Bahkan saking banyaknya, kini pengguna web sudah tak terhitung lagi jumlahnya.

Seiring perkembangannya, web juga telah banyak berkembang sehingga menghasilkan beragam jenis web, berdasarkan kegunaannya. Misalnya website yang berupa forum, email web, blog, mesin pencari, dan sebagainya. Di samping itu, ada pula web yang dibuat berdasarkan tujuan tertentu. Dalam hal ini, web lantas dapat dibedakan menjadi beberapa golongan, seperti website berita, pendidikan, e-commerce, pemerintahan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

4. Cara Mengakses Web

Web adalah sekumpulan laman web yang menyimpan dokumen dalam format bahasa HTML. Sehingga, dokumen dalam web tak bisa diakses secara offline. Untuk dapat mengakses dokumen atau informasi dalam website, pertama-tama seseorang harus mempunyai jaringan internet terlebih dahulu.

Format bahasa HTML juga mengharuskan pengguna hanya dapat mengakses dokumen dalam suatu web melalui link khusus. Sebab, pada umumnya suatu web menggunakan protokol HTTP untuk mengirimkan data dan berbagi informasi.

Di samping itu, untuk bisa mengakses web pengguna harus memanfaatkan aplikasi browser. Beberapa aplikasi browser yang bisa digunakan untuk mengakses web adalah Internet Explorer, Google Chrome atau Mozilla Firefox. Lewat aplikasi browser yang telah terhubung dengan link khusus, pengguna dapat mengakses laman dan dokumen yang tersimpan dalam suatu web.

Singkatnya, untuk mengakses web beberapa langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1) Membuka aplikasi browser

2) Mengetikkan alamat situs web dengan memasukkan URL pada kolom alamat situs di bagian atas laman browser.

3) Selain itu, kalian juga bisa mengakses suatu web dengan menggunakan mesin pencarian di internet. Cara ini biasa digunakan apabila alamat atau URL dari website yang akan diakses belum diketahui. Sehingga, kalian bisa berusaha menemukannya dengan mengetikkan kata kunci tertentu pada kolom pencarian di internet.

tulah di antaranya ulasan mengenai web adalah sekumpulan halaman web yang terhubung dalam jejaring internet. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI