Mengintip Perbedaan Espresso, Ristretto, dan Lungo Pada Kopi Manual Brew, Mana yang Jadi Favoritmu?

Senin, 13 Juni 2022 16:50 Penulis: Jeffrey Winanda
Mengintip Perbedaan Espresso, Ristretto, dan Lungo Pada Kopi Manual Brew, Mana yang Jadi Favoritmu?
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Deretan menu kopi espresso based sudah menjamur di berbagai coffee shop sudut kota. Teknik penyeduhan espresso sendiri sangat digandrungi karena bisa diolah menjadi beragam menu mulai dari kopi hitam klasik seperti Americano hingga dikombinasikan dengan susu seperti Cappuccino.

Namun, teknik penyeduhan kopi nggak cuma espresso saja lho. Terdapat teknik seduh lain yang mampu menghasilkan menu kopi nikmat seperti ristretto dan lungo. Lantas, seperti apa sih ketiga tekni penyeduhan kopi ini?

1. Espresso

Espresso menjadi salah satu teknik penyeduhan kopi paling populer di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan deretan menu espresso based di banyak coffee shop.

Espresso sendiri dibuat dengan cara mengekstraksi kopi yang telah digiling. Bubuk kopi tersebut diekstrasi dengan menyemburkan air bersuhu dan tekanan tinggi, serta dalam waktu yang relatif cepat.

Proses ekstrasi ini hanya memerlukan waktu 30 detik saja dan mampu menghasilkan satu shot espresso sebanyak 30ml. Espresso hasil ekstrasi ini pun memiliki tingkat kepadatan dan crema yang lebih tebal sehingga cocok untuk dibuat menu seperti latte hingga cappuccino.

2. Ristretto

Kata ristretto diambil dalam bahasa Italia yang berarti terbatas. Benar, ristretto merupakan teknik penyeduhan kopi dengan durasi yang terbatas.

Proses ekstraksi ristretto hanya memerlukan waktu 15 detik. Durasi ini lebih singkat dibanding dengan espresso yang memerlukan waktu ekstraksi 30 detik.

Umumnya, ristretto dipilih sebagai coffee base ketika customer menginginkan menu yang nggak sekuat espresso. Sensasi rasa yang dihasilkan pun lebih manis dan lembut. Namun, karena hasil ekstraksi ristretto hanya menghasilkan coffee based sebanyak 15ml saja, tak sedikit pecinta kopi yang memesan double shot ristretto untuk secangkir minuman pesanannya.

3. Lungo

Berbeda dengan espresso dan ristretto, lungo merupakan proses seduh kopi yang memerlukan waktu lama dalam ekstraksinya. Lungo bisa diekstrasi hingga satu menit, tergantung pada biji kopi dan tekanan mesin espresso yang digunakan.

Dengan durasi ekstraksi yang lebih lama, maka ukuran shot standar dari lungo pun sekitar 130ml-170ml. Rasa yang dihasilkan lungo cenderung pahit namun lembut. Sekilas, shot lungo memiliki kemiripan dengan americano atau long black.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI