Sering Menikmati Secangkir Espresso di Pagi Hari, Sudah Tahu Fakta Unik Ini?

Kamis, 03 November 2022 15:36 Penulis: Wuri Anggarini
Sering Menikmati Secangkir Espresso di Pagi Hari, Sudah Tahu Fakta Unik Ini?
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Siapa nih di sini yang butuh secangkir kopi untuk mood booster menjalani aktivitas sehari-hari? Bagi generasi urban zaman now, ngopi di pagi hari jadi kebutuhan yang susah buat disubtitusi dengan hal lainnya. Terlebih di tengah padatnya deadline sehari-hari.

Dari berbagai pilihan kopi yang ada, espresso jadi salah satu favorit yang banyak disukai para coffee lovers. Kamu salah satunya? Intip dulu fakta unik espresso yang wajib kamu tahu berikut ini!

Kopi Asal Italia yang Disajikan Sesuai Gaya Hidup Mereka

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Mengulik sejarah espresso, ternyata ada yang unik dari minuman yang satu ini lho. Espresso kabarnya lahir dari saat orang-orang Italia harus mengantre lama di kedai kopi hanya demi menikmati secangkir kopi. Padahal, kesibukan sehari-hari menuntut mereka bisa bergerak dengan cepat.

Dari fenomena penyajian kopi yang lama inilah kemudian seorang pria asal Turin, Italia, berhasil menemukan mesin kopi espresso. Ia adalah Angelo Moriondo yang memperkenalkan mesin kopi espresso pertama kali di tahun 1884.

Minuman Kopi Paling Basic

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Tahukah kamu kalau espresso ternyata adalah jenis minuman paling basic buat para pencinta kopi? Penyebutannya menggunakan istilah shot yang proses pembuatannya dimulai dari bubuk kopi yang harus disembur dengan tekanan tinggi sebesar 4-9 bar dan suhu air 90-98 derajat celsius. Dari proses ini, barulah diperoleh espresso single shot yang umumnya berisi 30-45ml.

Nah, single shot espresso ini biasanya akan memiliki lapisan busa keemasan yang disebut krema. Kopi ini disajikan dalam cangkir kecil yang menjadi ciri khas penyajian dari espresso itu sendiri.

Rasakan Aromanya Sebelum Diminum

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Menikmati kopi espresso ternyata ada tips dan triknya agar bisa lebih maksimal. Begitu kopi disajikan, cium aromanya terlebih dulu. Hal ini penting karena aroma adalah karakter penting dari setiap cangkir espresso yang disajikan.

Angkat cangkir, dekatkan ke hidung dan tarik napas untuk merasakan aroma khas dari kopi yang satu ini. Menikmati aroma espresso juga bisa menjadi salah satu cara untuk merasakan kenikmatan espresso yang tiada duanya.

Drink Like an Italian

Coba diingat-ingat kembali, seperti apa kebiasaan kamu dalam menikmati espresso? Orang Italia punya rahasia tersendiri yang membuat kenikmatan espresso bisa dirasakan dengan maksimal. Disarankan untuk meminum espresso dalam sekali teguk, yaitu ketika krema di dalamnya masih utuh. Hal ini penting agar rasa dan aroma espresso bisa terasa sempurna.

Selain itu, espresso juga disarankan untuk diminum dengan cepat karena perubahan suhu bisa menyebabkan perubahan rasa yang jauh berbeda jika dibandingkan pertama kali dibuat. Jika ingin menggali lebih jauh soal perubahan rasa yang satu ini, sesap espresso secara perlahan dari pertama kali disajikan hingga ketika kondisinya mulai dingin. Lewat cara ini kamu bisa merasakan berbagai perubahan rasa yang ada.

Dengan mengetahui fakta unik tentang espresso, jadi makin bisa menikmati minuman kopi yang satu ini dengan lebih maksimal kan? Saatnya makin semangat jalani hari dengan secangkir espresso yang menemani pagi harimu!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI