Modus Janjian Beli COD, Pria di Malang Tujuh Kali Bawa Kabur Ponsel

Jum'at, 05 Agustus 2022 21:20
Modus Janjian Beli COD, Pria di Malang Tujuh Kali Bawa Kabur Ponsel
Credit Foto:KapanLagi.com/Darmadi Sasongko


Kapanlagi Plus - Pria di Malang ditangkap setelah tujuh kali berhasil membawa kabur ponsel milik penjual dengan modus janjian cash on delivery (COD). F (29), warga Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur ditangkap saat hendak menjual barang hasil kejahatannya.

Pelaku mencari-cari penjual handphone yang menawarkan barang dagangannya di media sosial. Mereka adalah sasaran yang akan menjadi korban, dengan mengajak bertemu secara langsung.

1. Berawal Ngajak Ketemu

Salah satu korbannya adalah Ahmad Irfan Hidyan (19) warga asal Blitar yang menawarkan Oppo Reno 7. Pelaku mengajak pertemuan di sebuah tempat di Kawasan Lowokwaru, Kota Malang.

Kedua pihak pun sepakat dengan harga penawaran tersebut dan pelaku menawarkan opsi kalau uang akan ditransfer dari bank lain (antar bank). Teknik itu dilakukan hanya untuk membuat calon korban percaya kalau pelaku mempunyai cukup uang.

2. Strategi Pakai Bujuk Rayu

Namun korban meminta pembayaran secara tunai sebagaimana kesepakatan dalam tawaran di postingan. F dengan berbagai dalih akhirnya berpamitan mengambil uang tunai di ATM.

Saat hendak ke ATM itulah, pelaku dengan teknik bujuk rayu berusaha meyakinkan untuk membawa HP berikut kotak kardusnya. Korban diminta menunggu di lokasi, sementara pelaku langsung kabur melarikan diri. Saat dihubungi korban pelaku pun langsung memblokir nomor korban.

"Bilang dengan berbagai cara kalau akan mengambil uang di ATM, dengan membawa handphone dan kelengkapannya. Kemudian pelaku melarikan diri," kata Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, AKP Bayu Febrianto di Mapolresta Malang Kota, Jumat (5/8).

3. 7 Kali Melakukan

Pelaku telah mengakui tujuh kali aksinya itu di Kota Malang dengan modusnya tersebut. Setiap beraksi pelaku melakukannya seorang diri.

Pelaku ditangkap saat menjual hasil kejahatannya di Pusat Jual Beli Ponsel di Malang Plaza Kota Malang. Saat itu petugas yang berpura-pura menjadi calon pembeli sudah menunggu pelaku yang menenteng barang bukti.

(kpl/dar/dyn)



MORE STORIES




REKOMENDASI