8 Cara Mengusir Cicak yang Berkeliaran di Rumah, Ampuh dan Mudah Dilakukan

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

8 Cara Mengusir Cicak yang Berkeliaran di Rumah, Ampuh dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi (credit: instagram.com/veryansyah)

Kapanlagi.com - Tahukah kalian jika rumah yang banyak cicaknya, maka hal tersebut menandakan bahwa rumah kalian kotor. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Cicak salah satu hewan yang menjadi sumber penyakit lantaran hewan yang satu ini kerap berkeliaran di tempat yang kotor, dan terkadang berkeliaran juga di meja makan. Bahkan, cicak sendiri bukanlah termasuk hewan yang menggemaskan. Mungkin sebagian orang akan geli dan risi jika melihat banyaknya cicak di dinding rumah kalian.

Perlu kalian ketahui jika di tubuh cicak terdapat salah satu jenis bakteri yakni bakteri E.Coli atau Escherichia Coli. Bakteri ini seringkali menyebabkan gangguan pencernaan. Untuk itulah beberapa orang mencari cara mengusir cicak demi rumah terlihat nyaman.

Meski cicak kerap memakan nyamuk yang juga mengganggu manusia, tak jarang hewan melata ini juga kerap mengeluarkan kotoran di sembarang tempat. Untuk itu, ada beberapa cara mengusir cicak yang bisa langsung kalian terapkan dirumah. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Bersihkan Rumah Secara Berkala

Pada dasarnya, jika rumah kalian banyak cicaknya maka hal yang perlu diperhatikan si pemilik rumah yaitu untuk membersihkannya secara berkala. Sebab satu cicak saja disarankan untuk mengusirnya. Apalagi jika ada banyak cicak di rumah tempat tinggal kalian. Hal tersebut bisa mengganggu kesehatan keluarga kalian.

Selain itu, cicak suka buang kotoran di mana saja dan bisa saja jatuh tanpa diprediksi lokasinya. Rumah banyak cicak akan mudah kotor dan najis. Oleh sebabnya, kalian harus memperhatikan kebersihan rumah dengan sering membersihkannya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mendinginkan Ruangan

Perlu kalian ketahui jika hewan berkaki empat ini merupakan jenis hewan berdarah panas. Untuk mengusir cicak, kalian bisa memanfaatkan air conditioner atau AC di dalam ruangan. Dengan begitu, cicak sangat tidak menyukai tempat yang bersuhu dingin, supaya cicak tidak tertarik untuk datang.

3. Menggunakan Bubuk Kopi

Cara mengusir cicak selanjutnya yaitu dengan cara mudah yang bisa kalian terapkan yaitu dengan menggunakan bubuk kopi. Aroma harum dari kopi sangat tidak disukai oleh cicak.

Untuk itu, cara mengusirnya pun terbilang mudah. Kalian hanya perlu menaburkan bubuk kopi ke tempat yang biasanya didatangi oleh cicak. Melakukan hal tersebut membuat cicak enggan balik lagi.

4. Menggunakan Bawang Putih atau Bawang Bombay

Selanjutnya, cara mengusir cicak bisa menggunakan bawang putih maupun bawang bombay. Caranya, kalian hanya meletakkan beberapa butir bawang putih atau bawang bombay ke area rumah yang biasanya di datangi oleh cicak.

Cara lain mengusir cicak bisa dilakukan dengan membuat jus bawang putih atau bawang bombay, kemudikan jus tersebut masukkan ke dalam botol semprot. Lalu, semprotkan ke dinding dan tempat-tempat berkeliarannya cicak.

5. Cangkang Telur

Jika kalian selalu membuang cangkang telur seusai memasak, mungkin setelah ini kalian bisa memanfaatkan cangkang telur sebagai cara mengusir cicak yang ampuh. Cicak sangat tidak menyukai bau amis, oleh sebabnya kalian bisa mengantisipasinya dengan cangkang telur untuk mengusirnya.

Caranya pun terbilang mudah, kalian hanya perlu menaruh cangkang kulit di beberapa area rumah yang kerap di datangi oleh cicak. Selain itu cicak akan merasa takut dengan cangkang telur lantaran cangkang telur terlihat lebih besar daripada tubuhnya.

6. Menggunakan Tembakau

Selanjutnya, bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk mengusir cicak yaitu dengan menggunakan tembakau. Bau menyengat khas tembakau ini rupanya sangat tidak disukai oleh cicak.

Caranya, kalian hanya perlu menyiapakan tembakau, plastik, dan juga karet. Pertama-tama, masukkan tembakau ke dalam plastic yang kemudian di ikat menggunakan karet. Setelah itu, lubangi plastik tersebut supaya aroma tembakau bisa menyebar.

7. Larutan Deterjen

Cara mengusir cicak bisa dilakuakn dengan memanfaatkan larutan deterjen. Pertama-tama, siapkan air, deterjen, dan botol penyemprot bekas. Setelah membuat air larutan deterjen, kemudian masukkan ke dalam botol semprot yang sudah disiapkan.

Untuk menggunakannya, cukup semprotkan cairan ini ke tubuh cicak. Menyemprotkan larutan deterjen membuat cicak akan merasa mabuk dan enggan kembali. Sebab, cicak membenci aroma bahan kimia yang berasal dari cairan pemutih yang dianggap membahayakan bagi dirinya.

8. Kapur Barus

Rupanya cicak memang tidak menyukai aroma yang terlalu menyengat nih. Kapur barus bisa menjadi salah satu opsi untuk menghilangkan cicak di rumah. untuk memakainya, kalian cukup menggantung kapur barus di sudut-sudut rumah yang sering di datangi oleh cicak. Dengan begitu, cicak akan enggan kembali lagi lantaran aroma menyengat yang dikeluarkan oleh kapur barus tersebut. Cukup mudah bukan?

Itulah sederet cara mengusir cicak yang bisa kalian lakukan di rumah. Selain cara di atas, sebaiknya kalian juga waspada terhadap beberapa makanan di meja makan dan harus menutupnya setiap saat agar terhindar dari sentuhan cicak. Semoga bermanfaat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending