Nggak Ngarep Gaji 8 Juta, Lulusan UI Ini Malah Bikin Pendidikan Indonesia Lebih Baik

Selasa, 30 Juli 2019 21:27 Penulis: Iwan Tantomi
Nggak Ngarep Gaji 8 Juta, Lulusan UI Ini Malah Bikin Pendidikan Indonesia Lebih Baik
© Facebook.com/ruanggurucom

Kapanlagi Plus - Baru-baru ini twitter dihebohkan dengan urusan gaji dan lulusan Universitas Indonesia atau yang beken disingkat UI. Pasalnya, beredar postingan instastory di twitter milik seseorang yang mengaku lulusan UI dan baru saja menolak tawaran gaji Rp8 juta dari sebuah perusahaan lokal.

Meski postingan tersebut sempat bikin ramai, nyatanya nggak semua lulusan UI seperti itu kok. Bahkan, nggak sedikit lulusan UI yang justru mampu memberikan kontribusi lebih bagi negeri, dibandingkan sekadar berharap gaji di atas Rp8 juta. Salah satunya ada Iman Usman. Pada tahu nggak siapa dia? Biar nggak penasaran ini dia sedikit informasi menarik tentangnya.

Lulusan UI

Nggak berasal dari keluarga kaya raya, nyatanya Iman mampu membuktikan diri jika dengan prestasinya ia berhasil masuk Universitas Indonesia. Pria yang besar di Padang, Sumatera Barat hingga SMA itu pun menjalani hari-harinya sebagai mahasiswa jurusan Hubungan Internasional di FISIP UI. Uniknya, minat Iman pada pendidikan sudah muncul sejak kecil loh, salah satunya dengan hobi meminjamkan buku-buku yang ada di sekitar rumahnya. Nggak heran jika ia lulus dari UI sebagai salah satu mahasiswa berprestasi terbaik tingkat nasional. Keren, kan?

Dapat Beasiswa S2 Columbia University

Lulus dari UI, Iman nggak merasa berbesar hati dengan menolak perusahaan yang menawari gaji Rp8 juta misalnya, ia justru meneruskan minat belajarnya dengan mengambil beasiswa S2 bidang pendidikan di Columbia University, Amerika Serikat. Gokilnya lagi, pria kelahiran 21 Desember 1991 ini lulus dengan predikat summa cum laude. Selain itu pengalamannya menimba ilmu di luar negeri, juga memberinya kesempatan menjadi ASEAN Youth Ambassador dan Youth Advisor for The United Nations. Bahkan, pada usia 19 tahun, Iman menjadi perwakilan Indonesia sebagai pembicara termuda di depan Majelis PBB.

Bikin Ruangguru Bareng Belva Devara

© instagram.com/imanusman

Meski sempat berpikir ingin menjadi seorang diplomat, pilihan keren justru dipilih Iman bersama sahabatnya Belva Devara, yaitu menghadirkan inovasi berbasis teknologi untuk sistem pendidikan di Indonesia yang lebih baik. Belva sendiri bukan orang sembarangan. Sahabat Iman tersebut merupakan salah satu jebolan terbaik Nanyang Technological University, Harvard University dan Stanford University sekaligus.

Mereka berdua mendirikan aplikasi Ruangguru yang kini telah digunakan 15 juta pelajar di seluruh Indonesia. Dengan 300 ribu guru terbaik dari seluruh Indonesia, Ruangguru bahkan menjadi salah satu platform belajar online terbaik dan menarik bagi para milenial. Nggak heran aplikasi yang menyabet Google Play User's Choice Awards 2018 sebagai aplikasi belajar online terbaik di Indonesia.

© Facebook.com/ruanggurucom

Itulah kenapa pada perayaan #Ruangguru5Tahun, aplikasi tersebut menambahkan segudang fitur-fitur baru yang bikin milenial makin betah belajar online. Misalnya, fitur Smart Recommendation yang memberikan rekomendasi ratusan ribu soal sekaligus catatan belajar untuk mempermudah tryout. Lalu, ada Social Learning yang memudahkan sesama pelajar bisa berdiskusi secara online. Nggak kalah keren, murid-murid juga bisa berinteraksi secara langsung dengan para guru melalui fitur Live Teaching.

Beragam inovasi yang diterapkan dalam aplikasi besutan Iman dan Belva itu pun bahkan terbukti mampu meningkatkan prestasi para pelajar di Indonesia. Lebih penting lagi, aplikasi Ruangguru membuat anak-anak Indonesia berkesempatan besar mewujudkan mimpi-mimpi emas mereka, sebagaimana Iman dan Belva. Yuk, cek selengkapnya keunggulan aplikasi Ruangguru ini di sini.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI