Orang Tua Ini Dipaksa Ubah Nama Anak Perempuannya Karena Dinilai Kurang Feminim

Senin, 04 Juni 2018 14:50 Penulis: Natanael Sepaya
Orang Tua Ini Dipaksa Ubah Nama Anak Perempuannya Karena Dinilai Kurang Feminim
Baby Blue © pixabay.com

Kapanlagi Plus - Hampir setiap orang tua pasti sudah menyiapkan sebuah nama yang mengandung doa dan harapan untuk calon buah hati mereka yang akan lahir. Yap, nggak ada salahnya dong kalau setiap orang tua memberi nama yang unik ataupun aneh seperti Blu pada anaknya.

Hanya saja baru-baru ini ada pasangan orang tua dari Italia yang dipaksa untuk mengubah nama anak perempuan mereka yang bernama Blu. Dilansir dari The Local, pihak pengadilan memaksa pasangan orang tua itu untuk mengubah nama anaknya yang dirasa kurang feminim untuk seorang perempuan.

Kayaknya memang harus cari nama lain sih, soalnya ada merk handphone yang namanya Blu © YouTube/Carlos DelgadoKayaknya memang harus cari nama lain sih, soalnya ada merk handphone yang namanya Blu © YouTube/Carlos Delgado

Selain itu paksaan dari pengadilan juga mengacu pada keputusan Presiden tahun 2000, di mana setiap nama yang diberikan pada anak-anak harus merepresentasikan gender mereka. Nah masalahnya adalah pasangan orang tua itu sudah mendaftarkan nama anaknya yang berusia 18 bulan dalam akta kelahiran dan paspornya. Baru pada minggu lalu pasangan tersebut dipanggil untuk mengganti nama anak perempuannya.

"Mengingat ini adalah nama modern yang berasal dari kata 'biru' dalam bahasa Inggris dan tidak bisa diatribusikan pada seseorang yang berjenis kelamin perempuan, akta kelahiran pun harus diperbaiki dengan memasukkan nama perempuan lain yang dapat diajukan orang tua selama sidang berlangsung," tulis pernyataan dari pihak pengadilan.

Eh tapi ada juga lho perempuan Italia yang bernama Verde (artinya 'hijau') © verde.ioEh tapi ada juga lho perempuan Italia yang bernama Verde (artinya 'hijau') © verde.io

"Kalau kami tidak muncul hari Kamis ini dengan alternatif nama lain, hakim yang akan memutuskan nama untuk anak kami," terang sang Ayah yang bernama Luca pada Il Giorno minggu lalu. Hanya saja pasangan orang tua itu membantah dan mengatakan kalau nama anak mereka pun sudah dipakai bukan cuma di luar negeri (seperti Blue Ivy misalnya), tapi juga di Italia sendiri.

Menurut statistik yang ada, tahun 2016 lalu ada sekitar enam perempuan Italia yang bernama Blu. Sedangkan Il Giorno melaporkan setidaknya ada 2 perempuan yang dipanggil Verde (memiliki arti Hijau) di kota Milan. Selain itu, orang tua Blu juga bukan satu-satunya pasangan yang dipanggil oleh pihak pengadilan minggu lalu. Pasangan lain yang juga menamai putrinya Blu akan muncul di depan hakim dan menawarkan nama alternatif.

Nama 'Blu' sebenarnya terdengar oke saja sih, tapi nggak tahu deh, kalau menurut kamu sendiri bagaimana nih guys?

(loc/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI