Perempuan Asal Hong Kong Ini Ditipu dan Menikah Dengan Pria Asing

Jum'at, 31 Agustus 2018 16:35 Penulis: Natanael Sepaya
Perempuan Asal Hong Kong Ini Ditipu dan Menikah Dengan Pria Asing
Marrying Total Stranger © Oddity Central - StockSnap/pixabay.com


Kapanlagi Plus - Pernikahan adalah momen penting yang seharusnya terjadi sekali seumur hidup, itu kenapa nggak heran kalau ada banyak orang yang nggak mau salah memilih pasangan untuk menghabiskan hidupnya bersama. Namun seorang perempuan asal Hong Kong justru melakukan pernikahan dengan sosok pria yang sama sekali nggak dikenalnya.

Dilansir dari Oddity Central, perempuan 21 tahun yang namanya dirahasiakan itu awalnya mengira kalau ia memang harus menjalani pernikahan palsu supaya ia bisa lulus tes dan bekerja sebagai wedding planner. Sebabnya, ia melihat iklan di social media, di mana pekerjaan itu menawarkan gaji bulanan sebesar HK$ 14 ribu atau sekitar US$ 1,800 (sekitar Rp 26,6 juta rupiah)!

Pekerjaan itu semakin menarik karena perempuan tadi nggak perlu memiliki pengalaman bekerja atau bahkan menjalani training. Hanya saja apa yang ia harapkan ternyata sama sekali salah. Setelah mendaftar untuk pekerjaan itu, perempuan tadi juga diyakinkan untuk berlatih selayaknya seorang wedding planner, di mana ia bisa menerima uang yang lebih lewat setiap komisinya.

1. Sadar Ditipu Setelah Kembali ke Hong Kong

Karena tertarik dengan pekerjaan itu, perempuan tadi kemudian mengambil pelatihan wedding planning gratis di Hong Kong dan harus pergi ke Fuzhou untuk mendapat gelar dan menjalani tes terakhir. Nah, di sinilah perempuan tadi mulai merasa curiga karena ia dan pria yang harus dinikahinya secara palsu itu dibawa ke gedung Pemerintah setempat untuk menandatangani dokumen yang terlihat resmi.

Keraguan perempuan itu kemudian langsung hilang saat wedding organizers palsu mengatakan kalau mereka akan membuang dokumen tadi, segera, setelah tes terakhir selesai dilaksanakan. Perempuan ini baru sadar saat ia kembali ke Hong Kong dan mengatakan pada teman-temannya tentang tes aneh tersebut. Pada titik ini, akhirnya ia sadar kalau dirinya sudah ditipu untuk menikah dengan pria yang sama sekali tidak dikenalnya!

Pekerjaan yang dijanjikan hilang dan orang-orang yang menghubunginya selama ini pun menghilang, segera setelah ia menandatangani dokumen pernikahan. Sekarang perempuan ini sudah menikah, dan bukannya tidak mungkin akan langsung mengajukan cerai untuk mengambil kembali status single-nya. Identitas pria yang ia nikahi juga memang tidak jelas, tapi yang pasti pernikahan palsu memang sudah jadi hal yang biasa terjadi di China.

"Perempuan 21 tahun itu sudah ditipu tentang sesuatu yang sama sekali tidak ia ketahui. Kehilangan terbesarnya adalah sekarang ia memiliki catatan pernah menikah dan pastinya itu akan mengganggu kesehatan psikologinya," ujar Tong Kang-Yiu, selaku Direktur Hong Kong Federation of Trade Unions (FTU).

2. Pria Ceraikan Istrinya Setelah Resmi Menikah Selama 15 Menit!

Berbeda dengan kisah perempuan tadi, kali ini ada pasangan yang bercerai setelah resmi menikah selama 15 menit. Yap, hal tersebut dialami oleh pasangan asal Dubai yang langsung mengubur impian mereka untuk membangun bahtera rumah tangga bersama.

Seperti dilansir dari Gulf News, pasangan tersebut bercerai setelah 15 menit mereka resmi mengikat janji suci dalam pernikahan. Kamu mungkin bakal bertanya apa alasan si pria menceraikan perempuan pujaan hatinya. Well, jawabannya adalah uang, yang secara spesifik merupakan uang mas kawin yang sebelumnya ia setujui untuk dibayarkan pada Ayah sang pengantin.

Sesuai isi kontrak yang ditandatangani bersama mertuanya, ia sepakat untuk membayar Ayah si pengantin perempuan sebesar 100 ribu dirhams atau sekitar 379 juta rupiah untuk dua kesepakatan. Setengah dibayarkan setelah penandatanganan kontrak pernikahan di dalam kantor Syariah, dan setengahnya lagi setelah mereka meninggalkan gedung pernikahan.

3. Merasa Terhina dan Direndahkan

Pengantin pria dilaporkan melakukan pembayaran awal seperti yang disepakati, tapi segera setelah ia dan mempelai meninggalkan gedung pengadilan, Ayah mertuanya langsung meminta setengah dari pembayaran sisa. Kemudian si pria itu meminta mertuanya untuk menunggu selama 5 menit dan meyakinkannya kalau uang tersebut memang ada agar ia tidak khawatir.

Hanya saja si Ayah mertua bersikeras agar pria itu mengirim salah satu teman atau kerabatnya untuk mengambil uang tersebut dari mobilnya agar proses pembayaran bisa langsung selesai. Hanya saja diskusi itu terjadi di depan teman-teman dan keluarga si pengantin pria yang akhirnya ia merasa terhina dan direndahkan. Dengan segera si pria tadi langsung kembali ke kantor tadi dan menceraikan istrinya setelah resmi menikah selama 15 menit.

"Pengantin pria merasa dihina dan direndahkan oleh Ayah mertuanya. Dia mengatakan pada mertuanya itu kalau ia tidak lagi menginginkan putrinya sebagai istri dan menceraikannya dalam waktu kurang dari 15 menit sejak kontrak pernikahan ditandatangani," ujar seorang pengacara yang menangani kasus tersebut pada Gulf News.

(odd/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI