Produsen Merek Lukisan Cap Ayam Jago Mulai "Berkokok" Masalahkan Hak Cipta

Rabu, 21 Maret 2018 15:45 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Produsen Merek Lukisan Cap Ayam Jago Mulai "Berkokok" Masalahkan Hak Cipta
Desain produk dengan lukisan cap ayam jago (credit: instagram.com/koishiwa, instagram.com/eye.glenda)

Kapanlagi Plus - KLovers pernah makan mie ayam atau bakso pakai mangkok dengan lukisan cap ayam jago? Pastinya KLovers sering menemukannya. Memang mangkok cap ayam jago ini sering jumpai.

Keberadaan mangkok dengan lukisan ayam jago ini memang sudah terkenal dari dulu. Bahkan banyak orang yang percaya mangkok tersebut sebagai pengingat kenangan masa lalu. KLovers gitu juga gak?

Mangkok dengan lukisan cap ayam jago (credit: instagram.com/eye.glenda)Mangkok dengan lukisan cap ayam jago (credit: instagram.com/eye.glenda)

Hal tersebut kemudian dijadikan sebuah inspirasi bagi kaum muda kreatif. Mereka membuatnya ke dalam berbagai bentuk. Tidak hanya di mangkok saja, kini cap ayam jago mulai merambah ke berbagai macam merchandise. Mulai dari topi, kaos, pernak-pernik gantungan kunci bahkan sarung bantal. Dan penjualannya pun dapat dengan mudahnya dilakukan secara online.

Hal ini membuat lukisan cap ayam jago semakin laris di pasaran dan diminati banyak kalangan. Apalagi para kaum milenial yang selalu tertarik dengan hal kekinian. Memang dunia kreatifitas selalu berkembang. Lukisan cap ayam jago pun seakan ada di setiap design produk apapun.

Berbagai macam produk dengan lukisan cap ayam jago (credit: instagram.com/eye.glenda)Berbagai macam produk dengan lukisan cap ayam jago (credit: instagram.com/eye.glenda)

Lukisan cap ayam jago juga digunkan untuk desain fashion (credit: instagram.com/velvet.indonesia)Lukisan cap ayam jago juga digunkan untuk desain fashion (credit: instagram.com/velvet.indonesia)

Lukisan cap ayam jago kini semakin dikenal. Namun malahan, pembuat asli dari lukisan cap ayam jago ini memberikan peringatan. Hal tersebut terkait dengan masalah pelanggaran hak cipta.

Diketahui PT. Lucky Indah Keramik adalah produsen resmi dari lukisan cap ayam jago tersebut. Mereka telah mendaftarkan merek lukisan cap ayam jago mereka ke dinas terkait. PT. Lucky Indah Keramik telah mendaftarkan 21 jenis barang terkait lukisan cap ayam jago tersebut meliputi, mangkok, piring, cangkir, gelas dan sebagainya.

Peringatan yang mereka sebarkan ini melalui bentuk pengumuman di media cetak. Mereka meminta untuk para masyarakat tidak seenaknya memproduksi barang dengan cap ayam jago tersebut. Karena satu-satunya yang berhak adalah PT. Lucky Indah Keramik.

Peringatan dari produsen resmi lukisan cap ayam jago (credit: twitter.com/arisdn)Peringatan dari produsen resmi lukisan cap ayam jago (credit: twitter.com/arisdn)

Tak hanya sekedar pengumuman, namun dalam pengumuman tersebut mereka juga memberikan peringatan tegas. Bagi pihak yang ketahuan memproduksi tanpa izin akan mendapatkan sanksi. Mulai dari penjara maksimal 5 tahun dan denda maksimal hingga mencapai 2 miliar.

Bagaimana pendapatmu tentang hal ini KLovers. Karena akhir-akhir ini memang trend gambar cap ayam jago sedang merebak. Mau tak mau memang harus mematuhi aturan yang berlaku.

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI