Punya Kisah Unik Jadi #AngkatanDigitalPertama seperti Harris Asal Sambas? Yuk Share Lewat Vlog Competition Ini

Jum'at, 16 Oktober 2020 16:42 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Punya Kisah Unik Jadi #AngkatanDigitalPertama seperti Harris Asal Sambas? Yuk Share Lewat Vlog Competition Ini
(c) Youtube.com / Tri Indonesia

Kapanlagi Plus - Pandemi emang bikin banyak sektor kehidupan berubah. Salah satu yang paling kerasa tentu pendidikan. Bisa dilihat efeknya dong, di mana hampir semua kelas dan kegiatan dilakukan secara online. Kondisi ini ternyata juga memunculkan dilema, lho. Faktanya tak semua daerah di Indonesia telah terjangkau internet yang memadai. Selain itu, nggak semua keluarga di pelosok Nusantara juga punya gadget memadai buat mengikuti kelas online. Nah, gambaran seperti inilah yang dialami oleh seorang mahasiswa asal Sambas yang disebut sebagai #AngkatanDigitalPertama lulusan jalur Corona.

Harris, Pelajar Berprestasi Asal Sambas

(c) Tri Indonesia(c) Tri Indonesia

Harris adalah seorang pelajar asal Sambas, sebuah daerah di Kalimantan yang letaknya 230 kilometer dari pusat kota Pontianak. Baginya pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan, jadi nggak heran kalau ia begitu memperjuangkan sekolahnya. Terlebih di masa sulit pandemi seperti sekarang, Haris mesti mengikuti segala aktivitas pendidikan secara virtual, termasuk ujian akhir yang harus diikuti lewat handphone karena dulu belum punya laptop.

“Deg-degan juga sih, bisa lulus SMA dan PTN nggak ya?” ungkap Haris dalam sebuah video berjudul Lulus Sekolah di tengah Pandemi via channel Youtube 3 Indonesia.

Kondisi ini nggak cuma membuat Haris deg-degan, tapi juga seluruh anggota keluarga, seperti ayah dan ibu. Keadaan nggak pasti seperti sekarang membuat para pelajar seperti Haris sangat mengandalkan internet dalam kegiatan pembelajaran. Beruntungnya, ia tetap berhasil menyelesaikan pendidikan SMA-nya meski tetap merasa sedih karena nggak bisa menggelar acara perpisahan. Haris dan kawan-kawannya di sekolah kemudian disebut sebagai #AngkatanDigitalPertama lulusan jalur Corona.

Berat emang, tapi Haris merasa beruntung karena di daerahnya jaringan 3 begitu kuat. Meskipun rumahnya berjarak enam jam dari Pontianak, ia jadi tetap bisa melakukan pendaftaran kuliah online. Nggak cuma itu, dia juga memanfaatkan jaringan internet 3 untuk belajar online gratis dan pada akhirnya berhasil masuk di Teknik Informatika Untan, sesuai minat dan bakatnya.

Haris jadi #AngkatanDigitalPertama dan Memperoleh Dukungan dari 3 Indonesia

(c) Tri Indonesia(c) Tri Indonesia

Selain mendapatkan kuota bantuan dari pemerintah dan 3 Indonesia dengan total kuota 86GB, ia juga mendapat bantuan berupa laptop. Haris juga mengagumi sinyal dan jaringan internet 3 yang luas dan kuat untuk mendukung ikutan kelas serta berkomunikasi sama teman-teman kuliah. Selain itu, Haris jadi bisa mempelajari banyak hal lain, seperti programming, web developing, dan juga machine learning.

“Saya bangga jadi bagian dari angkatan digital pertama yang mampu beradaptasi melewati tantangan ini. Dengan jaringan 3 yang menjangkau pelosok negeri, saya punya kesempatan yang sama dengan kawan-kawan di seluruh Indonesia,” ungkap Haris.
Terakhir, Haris mengajak para #AngkatanDigitalPertama lain buat segera daftar dan mengaktifkan nomor 3 ke sekolah atau kampus dan dapatkan total kuota 86GB untuk belajar online.

Apakah kamu punya cerita sama seperti Haris, termasuk #AngkatanDigitalPertama, KLovers? Share pengalamanmu yuk di Vlog Competition dari 3 Indonesia. Yup, lewat vlog competition ini, 3 Indonesia mengajak seluruh #AngkatanDigitalPertama untuk menceritakan pengalamannya belajar online, melakukan aktivitas online sehari-hari lewat vlog. Diharapkan dokumentasi seperti ini bakalan menjadi kenangan tak terlupakan seumur hidup yang bisa diabadikan, dibagikan, dan bisa menjadi inspirasi semua anak muda Indonesia.

Jangan Lupa Ikutan Cerita Angkatan Digital Pertama Vlog Competition!

Cerita Angkatan Digital Pertama Vlog Competition ini terbuka buat semua pelajar SMP, SMA, dan Universitas yang berlangsung dari 16 Oktober 2020 sampai 30 November 2020. Bersiaplah mendapatkan deretan hadiah menarik, di antaranya berhadiah 5 paket Laptop & Kuota Internet selama 6 bulan dan 20 paket Smartphone dan Kuota Internet selama 2 bulan untuk 25 pemenang yang mewakili 5 regional (Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, & Bali – Lombok). Selengkapnya, berikut mekanisme kompetisinya.

1. Peserta kompetisi (Peserta) terbuka untuk pelajar (SMP, SMA, Universitas) dan wajib mengikuti media sosial resmi 3 Indonesia (Facebook: 3 Indonesia, Twitter: @Triindonesia & Instagram: @Triindonesia).

2. Peserta diminta untuk menceritakan hal apa saja yang membuat peserta bangga disebut sebagai angkatan digital pertama melalui sebuah vlog inspiratif berdurasi minimal 2 menit.

3. Peserta wajib mengunggah Vlog pada feed Instagram peserta dengan kewajiban untuk tag dan mention akun @Triindonesia dilengkapi dengan hashtag #AngkatanDigitalPertama, #JaringanLuasDanKuat, dan #DuniaTriKekuatanku.

4. 5 Vlog paling inspiratif dan memenuhi syarat dan ketentuan menurut dewan juri 3 Indonesia akan ditetapkan sebagai pemenang utama yang berhak mendapatkan hadiah untuk masing-masing berupa satu unit Laptop & Kuota Internet 3 Indonesia Gratis selama 6 bulan.

5. 20 Vlog yang memenuhi syarat dan ketentuan menurut dewan juri 3 Indonesia, akan ditetapkan sebagai pemenang favorit yang berhak mendapatkan hadiah untuk masing-masing berupa satu unit Smartphone & Kuota Internet 3 Indonesia Gratis selama 2 bulan.

3 Indonesia juga dikenal sebagai operator yang selalu mendukung program pemerintah untuk mendorong kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Yup demi mendukung ini Kemendikbud dan 3 menghadirkan kuota tambahan total hingga 86GB dengan jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat. Nah, untuk mendapatkan kuota gratis ini, siswa, mahasiswa, guru, dosen perlu mendaftarkan kartu 3 yang dimilikinya ke sekolah atau perguruan tinggi. Setelah itu, sekolah dan perguruan tinggi akan mendaftarkan nomor tersebut ke PDDIKTI dan sistem Dapodik untuk merekap semua data. Nah informasi tentang ini bisa diperoleh dengan menghubungi hotline yang udah disediakan oleh 3Care, yakni 132 bagi pengguna 3. Sedangkan bukan 3, bisa menelpon ke 089644000123 atau cari tahu di website https://tri.co.id/Promo-30GB-SFH 

Nah langsung aja, untuk informasi lebih lanjut mengenai Cerita Angkatan Digital Pertama Vlog Competition, kamu bisa cek di sini ya.

 

 

 

 

 

 

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI