Qanaah Adalah Sikap Merasa Cukup Atas Segala Nikmat, Ketahui Pula Manfaatnya dalam Kehidupan

Selasa, 07 September 2021 11:33 Penulis: Dhia Amira
Qanaah Adalah Sikap Merasa Cukup Atas Segala Nikmat, Ketahui Pula Manfaatnya dalam Kehidupan
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Dalam kehidupan tentu kita harus menjadi manusia yang bermanfaat dan berperilaku baik. Bahkan dalam agama Islam, Allah SWT sangat suka dengan sifat qanaah yang dimiliki oleh seorang manusia. Qanaah adalah sebuah ungkapan untuk sikap terpuji yang dimiliki oleh manusia. Bahkan dalam Islam, orang yang merasa cukup serta rela menerima apa yang Allah SWT berikan disebut dengan qanaah.

Ada banyak sekali manfaat seseorang yang memiliki sifat qanaah. Bukan hanya manfaat bagi kehidupan di dunia saja, namun juga di akhirat. Hal ini karena qanaah merupakan salah satu sifat terpuji yang sebaiknya dimiliki oleh seorang Muslim. Dengan begitu, seseorang yang memiliki sifat terpuji ini akan selalu merasa cukup dan bisa menjalani hidup dengan tenang.

Bagi kalian yang masih bingung qanaah adalah sifat yang seperti apa, maka berikut ini ada beberapa penjelasan tentang qanaah beserta dengan manfaat yang bisa dirasakan. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Pengertian Qanaah

Penjelasan pertama yaitu, ada pengertian dari qanaah. Qanaah berasal dari kata qani'a-qanu'an-qana'atan yang berarti ridho terhadap hal yang kecil ataupun sedikit. Jika diartikan secara istilah, qanaah sendiri memiliki arti merasa cukup dan rela menerima dengan apa yang diberikan dan telah menjadi ketentuan Allah SWT.

Selain itu, melansir dari NU Online, qanaah adalah sikap merasa cukup atas segala nikmat yang telah diberikan dan selalu ridho atas hasil yang telah didapatkan. Meski begitu, tidak serta merta qanaah hanya pasrah begitu saja. Seorang Muslim yang memiliki sifat qanaah juga perlu melakukan ikhtiar dan tawakal atas hasil yang dilakukan dari setiap usahanya.

Sifat qanaah juga disebutkan dalam sebuah ayat di Al-Quran yang berbunyi sebagai berikut: "Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru Kami, kemudian apabila Kami berikan kepadanya nimat dari Kami ia berkata: "Sesungguhnya aku diberi nimat itu hanyalah karena kepintaranku". Sebenarnya itu adalah ujian, tetapi kebanyakan mereka itu tidak mengetahui." (Q.S Azumar : 49)

 

 

2. Arti Sebenarnya Qanaah

Setelah mengetahui pengertian dari qanaah, kalian juga harus mengetahui arti dari kata qanaah itu sendiri. Secara bahasa, arti qanaah sendiri memiliki arti merasa cukup atau rela. Sedangkan, jika diartikan secara istilah, qanaah sendiri memiliki arti merasa cukup serta rela menerima apa yang diberikan oleh Allah SWT.

Seseorang yang telah meyakini sifat qanaah dalam hidupnya akan selalu dipenuhi oleh rasa syukur di dalam hatinya. Setiap sesuatu dan usaha yang dia lakukan, maka ia akan senantiasa menerima hasilnya dengan perasaan yang penuh syukur serta cukup.

Sifat inilah yang harusnya dimiliki oleh setiap umat muslim. Hal ini agar mereka selalu merasa cukup atas segala rezeki yang telah Allah SWT berikan, sehingga tak lagi mengeluh atas usaha apapun yang telah dilakukan. Dengan selalu bersyukur, ini pun menjadi sebuah kebaikan untuk manusia, karena akan selalu merasa tenang dan bahagia atas apapun.

 

 

3. Manfaat Memiliki Sifat Qanaah

Setelah mengetahu qanaah adalah bentuk sifat terpuji untuk manusia, tentu kalian juga harus mengetahui dan mengerti manfaat dari sifat qanaah itu sendiri. Dan berikut beberapa manfaat bagi kalian yang memiliki sifat qanaah tersebut:

1. Hidup yang penuh akan rasa syukur

Ketika kita menerapkan untuk hidup dengan sifat qanaah, maka tentu hidup kita akan penuh akan rasa syukur. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadits, Rasulullah bersabda, yang artinya:

"Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu." (HR. Muslim)

2. Dijauhkan pada rasa iri dan dengki

Manusia yang buruk yaitu, ketika dalam hidupnya penuh akan rasa iri dan dengki. Mereka akan merasa selalu kurang dan merasa manusia lain serasa hidup selalu bahagia. Tentu hal ini membuat kita akan selalu merasa kurang bersyukur atas apa yang Allah SWT berikan, dan selalu berpikir suuzon pada Allah SWT.

Namun dengan menetapkan hati untuk selalu bersyukur, selalu percaya pada Allah SWT, maka sifat qanaah ini akan menjauhkan kita dari rasa iri dan dengki. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, artinya:

"Sungguh sangat beruntung orang yang telah masuk Islam, diberikan rizki yang cukup dan Allah mengaruniakannya sifat qana'ah (merasa puas) dengan apa yang diberikan kepadanya." HR. Muslim)

3. Menjadi orang yang beruntung

Arti qanaah juga dapat disimpulkan sebagai sifat yang menanamkan diri bahwa kita selalu merasa beruntung. Alasannya, karena seseorang yang memiliki sifat qanaah tak akan pernah sekalipun merasa kekurangan. Dia akan selalu merasa apa yang telah diberikan telah cukup.

Hal ini pun dirawayatkan dalam sebuah hadist yang berbunyi, dari Abdullah bin Amr, Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh sangat beruntung orang yang telah masuk Islam, diberikan rizki yang cukup dan Allah mengaruniakannya sifat qanaah (merasa puas) dengan apa yang diberikan kepadanya." (HR. Muslim)

4. Selalu hidup dalam kesederhanaan

Dan manfaat terakhir yang dirasakan seseorang bila menetapkan diri dengan sifat qanaah yaitu, akan selalu hidup dalam kesederhanaan. Meskipun, sebenarnya kita mampu untuk memperlihatkan harta kekayaannya yang telah dimilikinya, namun kita tetap menjadi seseorang yang rendah hati serta sederhana.

Karena tujuan utamanya bukanlah semata-mata mencari harta duniawi. Bahkan dalam sebuah hadist diungkapkan, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Bukannya kekayaan (orang kaya) itu karena banyaknya harta, melainkan kekayaan (orang kaya) yang sebenarnya adalah kaya hati." (HR Bukhari dan Muslim)

Ya, qanaah adalah sifat terpuji yang sangat disukai oleh Allah SWT. Dan semoga dengan penjelasan di atas, kita bisa semakin mengerti dan menerapkan sifat qanaah dengan hati yang tulus dan untuk Allah SWT.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI