Reuse Adalah Melakukan Daur Ulang, Begini Contoh Kegiatannya

Minggu, 05 September 2021 12:44 Penulis: Dhia Amira
Reuse Adalah Melakukan Daur Ulang, Begini Contoh Kegiatannya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Daur ulang memang menjadi sebuah hal yang sedang digencarkan saat ini. Bagaimana tidak, manusia semakin banyak tinggal di bumi dan sampah semakin menumpuk, terutama sampah plastik. Tentu untuk terurai, sampah plastik memerlukan waktu yang sangat lama. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, melakukan daur ulang seperti reuse adalah hal yang bijak.

Bahkan mengurangi penggunaan sampah plastik pun akan menjadi sebuah hal yang bijak untuk kita. Sudah banyak sekali produk yang tak menggunakan plastik, seperti cup minuman, box makanan, kantong belanja, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu demi menjaga bumi agar lebih baik dan terhindar dari kejadian buruk di masa depan.

Nah, untuk itu kalian harus mengetahui reuse adalah sebuah proses dalam daur ulang. Sehingga bisa kalian gunakan bila ingin mendaur ulang, terutama bagi plastik. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah pengertian reuse beserta dengan contoh kegiatannya.

 

1. Pengertian Reuse

Untuk yang pertama yaitu ada pengertian dari reuse. Ya, reuse sendiri merupakan tahapan kedua dalam daur ulang setelah melakukan reduce. Arti reuse sendiri adalah menggunakan kembali. Di tahap ini mengajak kita untuk menggunakan kembali produk yang sudah terpakai.

Dengan menggunakannya kembali, maka sampah yang timbul dari produk-produk tersebut dapat berkurang. Salah satu caranya adalah penggunaan botol bekas air minum sebagai pot tanaman kecil. Atau penggunaan kaleng biskuit hingga snack sebagai kotak penyimpanan di rumah.

Langkah lain dari reuse adalah menggunakan botol sabun mandi atau shampoo dan mengisinya dengan membeli produk isi ulang. Dengan metode reuse, tentu penyebaran sampah plastik yang sudah dibeli dapat dikurangi dan dimanfaatkan kembali seperti sedia kala.

 

2. Pengelolaan Sampah dengan 3R

Metode 3R atau reuse, reduce, dan recycle merupakan salah satu cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah plastik dengan berbagai jenisnya. Penerapan sistem ini juga sangat baik untuk mengelola sampah dari berbagai jenis plastik dari yang aman hingga beracun.

Pengelolaan sampah dengan sistem 3R mampu dilakukan oleh hampir semua orang, bahkan tidak jarang hal-hal yang diproduksi mampu menghasilkan nilai ekonomis. Bahkan penerapan sistem 3R menjadi salah satu solusi pengelolaan sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (PLTSa; Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).

 

3. Contoh Kegiatan Reuse

Setelah mengetahui pengertian dari reuse maupun 3R, maka kalian bisa melakukan kegiatan reuse sendiri loh di rumah. Dan berikut ini ada beberapa contoh atau tahapan kegiatan dalam melakukan reuse:

1. Untuk cara kegiatan yang pertama yaitu dengan melakukan pilihan wadah. Kalian bisa memilih wadah seperti, kantong atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang.

2. Nah, misalnya saja kalian bisa menggunakan serbet dari kain dari pada menggunakan tissu, menggunakan baterai yang dapat dicharge kembali, menggunakan sedotan air minum yang stenlis dibanding yang plastik, dan masih banyak lagi.

3. Kalian juga bisa menggunakan kembali wadah atau kemasan yang telah kosong untuk fungsi yang sama atau fungsi lainnya. Misalnya botol bekas minuman digunakan kembali menjadi tempat minyak goreng.

4. Kemudian gunakan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.

5. Gunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.

6. Atau kalian bisa menggunakan email (surat elektronik) untuk berkirim surat, dibanding dengan kertas. Hal ini untuk menghemat penggunaan kertas secara berlebihan.

7. Jual atau berikan sampah yang terpilah kepada pihak yang memerlukan.

 

4. Contoh Kegiatan Reduce

Selanjutnya yaitu ada contoh kegiatan reduce yang bisa kalian lakukan sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa contoh kegiatan reduce tersebut:

1. Pertama, pilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang.

2. Kemudian hindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar.

3. Gunakan produk yang dapat diisi ulang (refill). Misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang kembali).

4. Maksimumkan penggunaan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.

5. Kurangi penggunaan bahan sekali pakai.

6. Gunakan kedua sisi kertas untuk penulisan dan fotokopi.

7. Hindari membeli dan memakai barang-barang yang kurang perlu.

 

5. Contoh Kegiatan Recycle

Dan yang terakhir yaitu, contoh untuk kegiatan recycle. Kalian bisa melakukan kegiatan recycle mulai sekarang dalam kehidupan sehari-hari kalian. Berikut ini beberapa kegiatan recycle tersebut:

1. Mendaur ulang kertas yang sudah tidak bisa digunakan.

2. Mendaur ulang plastik menjadi kerajinan tangan.

3. Mendaur ulang botol plastik jadi pot bunga, tempat pensil, tempat peralatan dapur, dan lain sebagainya.

4. Mendaur ulang bohlam lampu menjadi pot gantung.

5. Menggunakan kembali CD/DVD untuk tatakan gelas.

6. Menggunakan klip kertas besar untuk merapikan kabel.

7. Menggunakan botol bedak untuk wadah hape ketika sedang isi daya.

 

6. Tujuan Dalam Melakukan 3R

Tentu semua hal di atas memiliki tujuan yang baik untuk kehidupan kita. Bukan hanya kehidupan saat ini, namun juga untuk kehidupan mendatang. Karena bumi tak bisa kita ciptakan, namun hanya bisa kita jaga dan rawat dengan baik isinya.

Untuk menjaga bumi agar tetap asri, tentu perlu melakukan 3R ini. Bahkan ada banyak tujuan lainnya yang bisa kita dapat bila melakukan 3R. Dan berikut ini beberapa tujuan yang bisa kita hasilkan bila melakukan 3R:

1. Tujuan yang pertama yaitu, kita bisa melestarikan sumber daya alam, karena penggunaan sumber daya bisa ditekan lebih drastis.

2. Tentu dengan melakukan 3R kita akan menghemat energi. Hal ini karena, dalam pembuatan barang-barang seperti plastik dan lain-lain, tetaplah memerlukan banyak energi dari alam.

3. Meminimalkan emisi gas rumah kaca karena ada pembakaran bahan bakar fosil ketika dilakukan penambangan, pemurnian, dan manufactur.

4. Mampu mengurangi polusi udara, air, dan tanah karena penggunaan barang yang berlebihan pada akhirnya hanya akan menjadi sampah.

5. Menciptakan lapangan pekerjaan baru karena proses daur ulang membutuhkan jasa yang mampu memproduksi barang.

6. Merangsang diciptakannya teknologi baru untuk menyelamatkan lingkungan dan planet dari kehancuran.

7. Mampu menciptakan masa dengan berkelanjutan yang tetap asri demi anak cucu.

Itulah pengertian dari 3R beserta pengertian dari reuse yang dapat kalian pahami. Ya, reuse adalah sebuah proses daur ulang yang dapat kalian lakukan sendiri. Karena menyelamatkan bumi bisa dimulai dari diri kita sendiri.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI