Rahasia Jitu Kumpulkan Dana untuk Merintis Startup, Aplikasikan Yuk!

Jum'at, 31 Agustus 2018 07:42 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Rahasia Jitu Kumpulkan Dana untuk Merintis Startup, Aplikasikan Yuk!
(c) pexels

Kapanlagi Plus - Memiliki sebuah startup yang maju dan membawa impact social bagi masyarakat luas tentu menjadi impian para developer di tanah air. Namun, tentu saja itu bukan hal yang mudah untuk diwujudkan. Ada banyak sekali rintangan yang mesti dihadapi, seperti salah satunya adalah soal pendanaan. Buat kamu yang sedang menghadapinya, tak perlu khawatir. Coba terapkan beberapa trik berikut, yuk!

Diskusi dengan Founder Berpengalaman

Bingung bagaimana memulainya dari awal? Fokuskan mencari ilmu dari founder yang telah berpengalaman dalam membangun startup dan menggalang dana. Terlebih lagi jika ia punya visi, misi, maupun tujuan yang hampir sama. Jangan takut untuk bertanya karena biasanya para founder suka berbagi pengalaman karena pernah merasakan posisi yang sama saat mulai merintis startup.

Tanyakan pada Orang Terdekat

Siapa yang mengenalmu lebih baik kalau bukan teman atau keluarga? Tanyakan pada orang-orang terdekat terlebih dahulu ide apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan investasi dana. Meskipun tak selalu seketika menemukan solusi, paling tidak saran yang diterima bakal jadi pertimbangan penting.

Temukan Investor yang Tepat

Pada dasarnya ada tiga tipe investor. Angel Investor yang menginvestasikan uang pribadi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Kedua ada Super Angel akan memberikan dana dan menuntut kontribusi yang lebih besar. Dan yang ketiga, Modal Ventura dengan investasi terbanyak dibanding dua investor lainnya namun cukup sulit untuk mendapatkannya. Biasanya, founder startup diharuskan melakukan pitching dan berharap dapat menarik minat para investor untuk menyuntikkan modal.

Crowdfunding

Salah satu cara paling keren untuk mengumpulkan dana di dunia startup adalah melalui crowdfunding. Situs-situs seperti Kickstarter atau KitaBisa merupakan contoh startup yang mengumpulkan dana dari warga untuk mendanai proyek-proyek yang dimiliki. Pada dasarnya, ini merupakan cara brilian untuk mengumpulkan dana dari investor individu dengan imbalan yang sudah disepakati.

Mitra Bisnis

Ini merupakan solusi yang cukup jitu bagi yang memiliki ide tapi tidak punya dana untuk mewujudkannya. Namun sebelum memilih mitra untuk berbisnis, pastikan ada keselarasan tujuan antara dua belah pihak karena jika terjadi perbedaan pendapat, kerja sama yang terbangun bisa runtuh. Jadi, usahakan semua orang terkait telah menyetujui arah bisnis dengan memiliki klausul pembelian dan kontrak untuk menjamin masa depan startup.

Dana bisa jadi salah satu faktor penting dalam perkembangan startup. Tapi jangan biarkan hal ini menghalangi mimpimu. Rintis startup, bahkan yang masih sebatas konsep maupun gagasan, bersama The NextDev 2018 yang akan digelar di Batam (Juli), Samarinda (Agustus), Yogyakarta (September), dan Jakarta (Oktober). Bukan hanya suntikan dana, platform early stage startup terbaik ini pun siap menghadirkan padamu aneka ilmu bermanfaat dari orang-orang yang concern di bidang startup.

Yuk, matangkan ide startup yang menghadirkan social impact, dan ikuti The NextDev 2018 dengan cara submit di www.thenextdev.id! Di sana kamu juga bakal memperoleh banyak sekali informasi terkait dunia startup. Cek sekarang juga, yuk!

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI