Ramai Dipakai di Sosmed, Ini Lho Arti Kata Julid Sebenarnya

Jum'at, 07 Juli 2017 14:18 Penulis: Agista Rully
Ramai Dipakai di Sosmed, Ini Lho Arti Kata Julid Sebenarnya
© KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi Plus - Sosial media kini tak hanya digunakan sebagai tempat curhat saja. Kini bermodalkan twitter, facebook, atau instagram semua informasi didapatkan dengan mudah. Efek penggunaan sosial media ini juga memunculkan sejumlah kosakata baru.

Selama beberapa tahun terakhir, para pengguna Instagram sangat familiar dengan akun gosip seperti Lambe Turah, Mak Nyinyir, Mak Lame, Lambe Lamis dan lain sebagainya. Dari sederet akun gosip ini juga, bermacam kosakata seperti julid, seseartis, minceu jadi dikenal oleh warganet. Tapi apa sih sebetulnya arti kata julid itu? Dan darimana asalnya?

Well, istilah ini konon dipopulerkan oleh ratu jargon Syahrini. Sebelum sering digunakan oleh akun gosip, pelantun Sesuatu ini telah lebih dulu mempopulerkan istilah julid yang berasal dari kata binjulid, bahasa Sunda. Arti binjulid menurut KBBI sendiri adalah iri hati atau dengki.

Asal kata julid adalah iri hati/dengki dalam bahasa Sunda atau julita yang artinya kekanak-kanakan © istimewaAsal kata julid adalah iri hati/dengki dalam bahasa Sunda atau julita yang artinya kekanak-kanakan © istimewa

Ada pula yang menambahkan bahwa kata julid berasal dari kata julita yang berarti anak-anak. Berdasarkan dua arti kata binjulid dan julita, kini istilah julid dapat digunakan untuk menyebut seseorang yang nyinyir atau terlalu pedas dalam mengomentari orang lain.

Sementara itu, menurut artikata, istilah Julit digunakan untuk seseorang yang bersifat kekanak-kanakan karena suka cari perhatian atau karena suka bersikap menyebalkan. Dengan demikian, warganet menggunakan kata ini pada artis yang mereka anggap menyebalkan dalam berperilaku.

Nah, sekarang KLovers sudah paham dengan arti kata julid bukan? Seperti yang kita tahu, makna kata julid adalah negatif. Jadi, alangkah lebih baik bagi kita untuk menghindari perilaku julid ini ya KLovers. Yuk, jadikan bulan Juli no Julid ;)

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI