Rayakan Bulan Kemerdekaan, Yuk Ikutan Kompetisi Video Berhadiah Total 1 M!

Sabtu, 01 Agustus 2020 23:00 Penulis: Dwi Ariyani
Rayakan Bulan Kemerdekaan, Yuk Ikutan Kompetisi Video Berhadiah Total 1 M!
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Gegap gempita perayaan Hari Kemerdekaan RI jadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Berbagai persiapan biasanya sudah dilakukan sejak beberapa minggu sebelum tanggal 17 Agustus tiba. Di setiap sudut kampung dan pelosok negeri, kerja bakti membersihkan lingkungan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Belum lagi kegiatan menghias kampung dan membuat gapura merah putih yang menandai dirgahayu negeri.

Beragam lomba dan festival juga digelar sebagai bagian dari puncak kemeriahan perayaan Hari Kemerdekaan RI setiap tahunnya. Anak-anak hingga orang dewasa selalu semangat buat berpartisipasi merayakan hari bersejarah buat bangsa Indonesia tersebut. Tapi, tahun ini terasa berbeda karena 17 Agustus hadir bertepatan di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung sejak beberapa bulan belakangan ini.

Pandemi memang membuat masyarakat harus melakukan physical distancing dan membatasi diri melakukan kegiatan di luar rumah. Kali ini nggak ada perayaan Kemerdekaan RI yang terasa meriah, tapi setiap kegiatan yang dilakukan tetap menjadi upaya memaknai hari bersejarah tersebut.

Banyak kegiatan yang akan dilakukan secara virtual, salah satunya kamu bisa ikut berpartisipasi dalam lomba bertema Lingkungan Bersih Indah Sehat Kreatif untuk Indonesia Kuat. Ada total hadiah sebesar Rp 1 miliar yang bisa kamu bawa pulang, lho!

Memaknai Kemerdekaan dengan Kreativitas

ŠShutterstockŠShutterstock

Situasi pandemi membuat banyak kegiatan harus dilakukan secara virtual, termasuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini. Yuk, saatnya kamu ikutan berkreativitas mengabadikan momen kemerdekaan lewat kompetisi video Lingkungan Bersih Indah Sehat Kreatif untuk Indonesia Kuat yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf.

Lewat lomba ini, Kemenparekraf mengajak semua masyarakat dan generasi kekinian buat merayakan HUT ke-75 Tahun Kemerdekaan RI dengan kreativitas mempercantik lingkungan dan tetap menjaga protokol kesehatan. Selain itu, dalam video tersebut juga wajib menunjukkan rasa cinta Indonesia dengan berdiri tegap sikap sempurna saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya secara serentak pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB.

Mau Bikin Videonya? Baca Dulu Syarat Berikut Ini

ŠShutterstockŠShutterstock

Siap menunjukkan kreativitasmu dalam bentuk video untuk memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini? Yuk, saatnya buat video dengan tema Cinta Indonesia berdurasi 3 menit dalam format MPEG4. Karya video yang dibuat harus menyertakan logo HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang bisa diunduh langsung di situs www.setneg.go.id.

Sesuai dengan temanya, karya yang dibuat harus memiliki unsur Cinta Indonesia. Konsep ini terdiri dari Bendera Merah Putih dan Berdiri Tegap Sikap Sempurna saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan serentak pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB. Selain itu, tampilkan juga aktivitas merawat dan mempercantik lingkungan yang dilakukan di sekitar kamu. Rekam semuanya dalam video berdurasi 3 menit, ya!

Setiap proses produksi yang dibuat harus tetap memperhatikan protokol kesehatan serta ketentuan pada UU Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan. Video yang kamu buat harus original karya sendiri, jika terjadi pelanggaran hak cipta menjadi tanggung jawab peserta sepenuhnya. Perlu diingat juga jika keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Segera Daftarkan Diri dan Upload Video Kamu

ŠShutterstockŠShutterstock

Sekarang waktunya kamu berpartisipasi memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75 dengan kreativitas yang dituangkan dalam sebuah video. Segera daftarkan diri yang dibuka mulai tanggal 1-24 Agustus 2020. Kirim video ke situs hutri75.kemenparekraf.go.id, isi data diri, unggah video dan langsung kirim.

Upload juga video kamu di media sosial seperti Youtube, Facebook, dan Instagram dengan menyertakan hashtag #BangkitUntukIndonesiaMaju. Periode upload videonya hanya bisa dilakukan pada 17-24 Agustus 2020 saja. Catat baik-baik tanggal-tanggal penting ini, ya! Total hadiah senilai Rp 1 miliar menanti, jadi jangan sampai lewatkan kemeriahan kompetisi yang satu ini!

Ternyata, ada banyak cara buat memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 meskipun di tengah situasi pandemi. Segera daftarkan video kamu, siapa tahu kamu yang beruntung mendapatkan hadiahnya! Info selengkapnya klik di sini.

 

(kpl/wri)

Reporter:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI