Rayakan Idul Adha, Menteri Susi Shalat Ied Bareng Pengungsi di Lombok

Kamis, 23 Agustus 2018 18:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Rayakan Idul Adha, Menteri Susi Shalat Ied Bareng Pengungsi di Lombok
Menteri Susi © Twitter @bkipmmataram


Kapanlagi Plus - Hari Rabu (22/8) kemarin, seluruh umat muslim tanah air merayakan hari raya Idul Adha. Tak hanya melaksanakan shalat Ied, memotong hewan kurban pun dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada orang-orang yang kurang mampu.

Namun yang dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ini malah bikin kagum. Dirinya lebih memilih untuk menghabiskan momen Idul Adha di Lombok Utara bersama para pengungsi korban gempa.

Tak hanya melaksanakan shalat Ied bersama dengan para pengungsi, menteri Susi juga menyerahkan beberapa ekor hewan kurban dan barang-barang bantuan. Dirinya juga menyempatkan diri untuk mengunjungi lokasi korban gempa.

1. Menteri Susi Serahkan 1 Sapi & 7 Kambing

Menteri Susi diketahui sudah berada di Lombok semenjak Selasa (21/8). Dirinya pun melaksanakan Salat Id di Kampung Nelayan Sorong Jukung, Tanjung, Kec. Tanjung, Lombok Utara.

Kunjungan menteri Susi kali ini merupakan rangkaian program "Dari KKP untuk Lombok." Dalam kunjungannya tersebut, menteri Susi juga ditemani oleh kepala BKIPM, Rina Janwar.

Setelah melaksanakan Shalat Ied, Menteri Susi menyerahkan seekor sapi dan 7 ekor kambing kepada masyarakat Dusun Sorong Jukung. Dirinya juga berharap masyarakat Lombok diberi kekuatan menghadapi cobaan gempa yang hingga kini masih berpotensi terjadi.

2. Presiden Jokowi Imami Shalat di Mushala Darurat

Presiden Jokowi berkunjung ke Lombok untuk memantau para pengungsi korban dari bencana gempa yang terus melanda Lombok. Diketahui jika akibat bencana ini, sedikitnya 436 korban jiwa meninggal dan korban luka sekitar 1300 orang.

Sesampainya di Lombok, beliau langsung mengunjungi tempat pengungsian korban gempa di Lombok Utara. Dusun Karangkates menjadi salah satu yang dikunjungi Jokowi, karena merupakan salah satu kawasan yang mengalami dampak gempa terparah.

Presiden Jokowi tiba di lokasi jelang waktu salat Magrib. Sempat mengobrol dengan pengungsi dan menghibur anak-anak, dirinya lalu memimpin shalat Maghrib berjamaah di mushala darurat.

3. Presiden Jokowi Beri Bantuan Korban

"Sudah hampir petang kemarin, ketika saya tiba di Dusun Karangkates, Kecamatan Gangga di Lombok Utara. Saya sempat mengobrol dengan warga dan menghibur anak-anak di tenda pengungsian. Salat Magrib bersama warga digelar di musala darurat berupa tenda beratap terpal dan berdinding plastik," tulis Jokowi dikutip dari akun Facebook Presiden Joko Widodo Selasa (14/8).

Presiden Jokowi mengatakan jika pemerintah akan memberikan bantuan uang untuk merenovasi rumah yang terkena dampak gempa. Terdapat 2 kategori kerusakan yang akan mendapatkan bantuan.

Kategori pertama yaitu kerusakan berat yang akan mendapatkan bantuan sebesar 50 juta. Yang kedua yaitu kategori sedang yang akan mendapatkan bantuan sebesar 25 juta.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI