7 Rekomendasi Buku Sejarah Islam Terbaik Tentang Masa Peradaban Kaum Muslim, Sayang Dilewatkan

Selasa, 01 November 2022 12:55
7 Rekomendasi Buku Sejarah Islam Terbaik Tentang Masa Peradaban Kaum Muslim, Sayang Dilewatkan
Rekomendasi Buku Sejarah Islam (credit: gramedia.com)


Kapanlagi Plus - Buku sejarah Islam menghadirkan kisah sejarah persebaran agama Islam di masa Kenabian hingga masa setelahnya. Apalagi, ada sejumlah rekomendasi buku sejarah Islam terbaik yang sayang buat dilewatkan.

Rekomendasi buku sejarah Islam terbaik membahas mengenai peran tokoh besar Islam dalam mendakwahkan agama dengan sejumlah tantangannya. Mulai dari kisah Rasulullah, sahabat Nabi hingga persebaran Islam di Nusantara, semua terangkum lengkap dalam rekomendasi buku sejarah Islam di bawah ini.

Sehingga wajib banget kalian baca buat tahu rekomendasi buku sejarah Islam terbaik di masa sebelum kedatangan Islam hingga masa setelahnya dalam ulasan di bawah ini. Cek rekomendasi buku sejarah Islam sebagai berikut.

 

 

1. Serial Bangkit dan Runtuhnya Daulah Islamiyah

Rekomendasi buku sejarah Islam terbaik salah satunya adalah Serial Bangkit dan Runtuhnya Daulah Islamiyah. Buku ini mengandung kisah tentang sejarah Islam yang lengkap ditulis sejumlah ahli sejarah Islam misalnya saja Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi, Syaikh Muhammad Al-Khudari dan lain sebagainya.

Sementara itu buku Serial Bangkit dan Runtuhnya Daulah Islamiyah menghadirkan kisah sejarah Islam dari masa Khilafah Bani Umayyah hingga masa dinasti Mamluk. Buat yang ingin mendalami sejarah Islam dan peradabannya, buku Serial Bangkit dan Runtuhnya Daulah Islamiyah sangat wajib kalian baca. Serial Serial Bangkit dan Runtuhnya Daulah Islamiyah memiliki 10 buku yang masing-masing membahas tentang masa peradaban Islam.

 

 

2. Quraisy: Dari Kabilah Makkah Ke Peradaban Dunia

Rekomendasi buku sejarah Islam berikutnya adalah Quraisy: Dari Kabilah Makkah Ke Peradaban Dunia. Buku sejarah ini cocok kalian baca apabila ingin tahu sejarah mendalam tentang suku kecil di Mekkah yakni kabilah Quraisy pada masa jahiliyah (disebut zaman kebodohan) hingga masa kenabian dan masa setelahnya.

Di buku ini akan membicarakan mengenai kabilah Quraisy dengan berbagai sejarahnya sejak kedatangan Islam dan bagaimana agama Islam berkembang pesat di masa itu. Ditulis oleh Prof. Dr. Husain Mu'nis, buku Quraisy: Dari Kabilah Makkah Ke Peradaban Dunia ini sangat recommended buat dibaca.

 

 

3. Sejarah Islam di Jawa

Buat yang pengen belajar sejarah Islam di Nusantara terutama pulau Jawa, buku berjudul Sejarah Islam di Jawa wajib masuk wishlist. Karena buku ini berisi tentang sejarah persebaran Islam di Jawa yang ditulis oleh Kamil Hamid Baidawi. Di buku Sejarah Islam di Jawa akan mengupas tuntas bagaimana agama Islam pertama kali datang di Jawa hingga berkembang pesat dengan sejumlah strategi.

Tidak hanya membahas mengenai sejarah Islam di Jawa saja karena buku Sejarah Islam di Jawa juga menghadirkan mengenai bagaimana keadaan masyarakat jawa pada saat itu sebelum kedatangan Islam. Sehingga akan menambah wawasan buat tahu perkembangan dakwah Islam pertama kali di Jawa sampai menjadi agama terbesar di Indonesia.

 

 

4. Kisah Agung Sahabat-Sahabat Mulia Nabi

Rekomendasi buku sejarah Islam berikutnya adalah Kisah Agung Sahabat-Sahabat Mulia Nabi. Buku ini ditulis oleh Dr. Abdurraman Ra'Fat Al-Basya yang mana membahas mengenai kisah-kisah inspiratif sahabat Rasulullah SAW.

Misalnya saja kisah Abu Ayub al-Anshari, Said bin Amir al-Jumahi, Umair bin Wahab, Amr bin Ash dan masih banyak lagi. Masing-masing para sahabat Rasulullah ini memiliki sikap tawaduk, teguh, dan tulus terhadap Nabi Muhammad SAW dan agama Islam. Tentunya wajib banget dibaca buat tahu bagaimana kisah-kisah para sahabat Nabi sebelum memeluk Islam hingga jadi agama terbaik bagi para sahabat Nabi.

 

 

5. Sirah Nabawiyah

Rekomendasi buku sejarah Islam terbaik berikutnya adalah Sirah Nabawiyah. Buku ini masuk dalam buku best seller yang wajib banget dibaca. Salah satu penulisnya adalah Syekh Shafiyurrahman Al Mubarakfuri dan Shafiyurrahman al-Mubarakfuri yang membahas mengenai kisah Rasulullah SAW baik kehidupan ataupun perjalanan dakwah Islam Nabi Muhammad.

Dari masa pra Islam hingga kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad SAW akan dikupas tuntas dalam buku Sirah Nabawiyah tersebut. Selain itu, buku ini juga membahas mengenai peristiwa bersejarah persebaran Islam berupa sejumlah peperangan yang terjadi serta keunggulan sikap dan sifat Rasulullah SAW.

 

 

6. Muhammad Al Fatih Penakluk Konstantinopel

Rekomendasi buku sejarah Islam berikutnya adalah Muhammad Al Fatih Penakluk Konstantinopel. Buku ini ditulis oleh Syaikh Ramzi Al-Munyawi yang membahas mengenai biografi tentang Muhammad Al-Fatih. Di usianya yang masih muda yakni 20-an tahun, Muhammad Al-Fatih berhasil menaklukkan Konstantinopel dari kekaisan Romawi Timur. Saking berjasanya, nama Muhammad Al-Fatih juga digunakan untuk nama masjid, distrik dan lainnya.

Muhammad Al-Fatih juga dikenal dengan nama Mehmed II yang sudah menjadi Sultan di usia remaja. Kisah sejarah tentang Muhammad Al Fatih Penakluk Konstantinopel juga nggak kalah seru buat dibaca untuk tahu bagaimana tokoh besar Islam yang berhasil membawa peradaban besar kala itu.

 

 

7. Ensiklopedi Sejarah Islam

Ensiklopedi Sejarah Islam juga termasuk rekomendasi buku sejarah Islam terbaik yang wajib di baca. Buku ini ditulis oleh Dr Raghib As-Sirjani yang membahas mengenai sejarah Islam di masa Rasulullah SAW hingga era berikutnya yakni Dinasti Mamluk.

Sehingga membantumu tahu bagaimana sejarah Islam dari masa ke masa yang mana sangat sayang buat dilewatkan. Dengan cerita yang rinci dan mudah dipahami tentunya buku Ensiklopedi Sejarah Islam wajib masuk wishlist kalian.

Itulah rekomendasi buku sejarah Islam terbaik yang wajib kalian baca. Sehingga bisa menambah wawasan.

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI