Rekomendasi Kuliner yang Bisa Kamu Coba Saat Liburan ke Semarang, Mulai dari Babat Gongso Hingga Pisang Plenet

Jum'at, 21 Januari 2022 18:02
Rekomendasi Kuliner yang Bisa Kamu Coba Saat Liburan ke Semarang, Mulai dari Babat Gongso Hingga Pisang Plenet
Ilustrasi lumpia (credit: Liputan6.com/IG/dapurfoody)


Kapanlagi Plus - Satu hal yang nggak boleh ketinggalan saat liburan adalah menikmati kuliner khas di daerah yang kita tuju. Kali ini kita akan kulik sederet makanan lezat yang bisa KLovers coba saat berkunjung ke Semarang. Kira-kira ada apa aja ya?

Ada berbagai kuliner legendaris yang sudah terkenal kelezatannya bisa KLovers cicipi ketika liburan ke Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini. Salah satu menu yang pasti kamu tahu adalah Lumpia.

Makanan khas Semarang terdiri dari berbagai macam olahan makanan berat maupun camilan yang unik. Selain lumpia, makanan dengan cita rasa yang khas dapat dengan mudah kamu temui di setiap sudut kota Semarang sebagai wisata kuliner. Berikut ini Kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Soto Bangkong

Semarang punya soto yang sudah cukup terkenal yaitu Soto Bangkong. Sebutan Bangkong diambil dari lokasi rumah makan soto tersebut yang berada di Jalan Bangkong sebelum akhirnya berubah menjadi Jalan Brigjen Katamso.

Soto yang satu ini terkenal dengan kuahnya yang berwarna cenderung cokelat. Isiannya terdapat ayam dan bihun serta sedikit sayuran seperti tomat dan taoge.

2. Babat Gongso

Babat Gongso menjadi makanan khas Semarang yang juga harus kamu coba. Babat gongso merupakan masakan dari bahan babat yang ditumis menggunakan jeroan lain seperti hati, paru, atau limpa. Seluruh jeroan tersebut lalu diolah dengan campuran dari bumbu kecap dan cabai rawit.

3. Leker Paimo

Nggak cuma makanan berat, ada juga camilan yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Semarang yaitu Leker Paimo. Makanan yang satu ini mungkin terdengar seperti leker biasa yang kering dan manis. Namun jangan salah, pilihan leker di sini cukup beragam. Salah satunya leker basah dengan pilihan sosis atau tuna.

4. Tahu Gimbal

KLovers sudah pernah mendengar tentang tahu gimbal? Kuliner yang satu ini menjadi salah satu daya tarik Kota Semarang lho. Gimbal merupakan Bahasa Semarang yang berarti udang. Makanan khas yang satu ini berbahan dasar tahu yang digoreng, lalu di beri campuran bakwan goreng yang terdapat udang di dalamnya. Gimbal merupakan Bahasa Semarang yang berarti udang. Itulah mengapa makanan khas Semarang ini terdapat udang didalamnya. 

5. Pisang Plenet

Ada lagi nih rekomendasi makanan lezat sekaligus unik yang bisa kamu cicipi di Semarang. Namanya Pisang Plenet! Dalam Bahasa Jawa, plenet memiliki arti pipih. Pisang yang dijual dibuat menjadi berbentuk pilih.

Pisang yang sudah dibakar kemudian ditekan menggunakan talenan hingga rata. Pisang diberi olesan margarin dan ditaburi toping seperti meses atau selai buah aneka rasa. Namun jika ingin rasa yang otentik, kamu bisa memilih toping berupa gula atau kacang tanah.

6. Es Puter Cong Lik

Ingin makan yang dingin-dingin? Tenang, ada yang namanya Es Puter Cong Lik. Konon, awal mula nama es puter Cong Lik merupakan singkatan dari Kacung Cilik atau pembantu kecil. Biasanya es puter ini juga disebut dengan es dung dung, yang juga dibuat dengan bahan santan sebagai pengganti susu.

Semakin ngiler pengen cobain kuliner-kuliner khas Semarang nggak nih? Buat yang masih belum bisa berkunjung langsung ke sana, kamu bisa berburu sederet makanan khas melalui platform ManisdanSedap.com. Tanpa perlu jauh-jauh ke Semarang, kamu dapat mencicipi kulinernya dengan memesan secara pre-order. Tunggu apalagi, yuk pesan sekarang!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kpl/lou)



MORE STORIES




REKOMENDASI