Resep dan Cara Membuat Baso Aci yang Kenyal dan Gurih, Cocok Jadi Camilan di Rumah

Kamis, 20 Januari 2022 20:01
Resep dan Cara Membuat Baso Aci yang Kenyal dan Gurih, Cocok Jadi Camilan di Rumah
Ilustrasi baso aci (credit: Instagram/@cookin.id ©2021 Merdeka.com)


Kapanlagi Plus - Di saat cuaca sedang dingin, salah satu camilan yang pas untuk dinikmati adalah yang berkuah seperti baso aci. Kuliner satu ini memang sedang jadi camilan yang populer. Rasanya yang gurih dan pedas begitu menyatu dengan lidah orang Indonesia.

Cara membuat baso aci yang terbilang mudah, sehingga wajar kalau kuliner ini dijajakan oleh pedagang kaki lima hingga dijual secara online dalam bentuk makanan frozen.

KLovers juga bisa berkreasi dan memasak sendiri baso aci yang kenyal dan gurih di rumah lho. Tentu saja dengan resep yang sederhana sehingga bisa dipraktekkan dengan mudah. Berikut ini bahan dan cara membuat baso aci sendiri di rumah.

1. Bahan-bahan

Dilansir dari Merdeka.com, ini dia bahan-bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat 1 porsi baso aci.

4 sendok makan tepung tapioka
2 sendok makan tepung terigu serbaguna
2 buah tahu belah 2
4 siung bawang putih,haluskan
1 sendok teh kaldu bubuk (opsional)
100 ml air

Bumbu halus kuah:
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
garam secukupnya
gula secukupnya

Pelengkap:
1 buah jeruk limau
1 batang daun bawang, iris halus
pilus cikur (opsional)

2. Cara Membuat

1. Panaskan air, kemudian bumbui dengan bawang putih halus, garam, dan kaldu bubuk sampai mendidih.

2. Campur tepung tapioka dan tepung terigu. Tuangi air rabusan bawang putih yang sudah dibuat tadi sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk dengan tangan. Bentuk menjadi bulatan atau bakso lonjong. Ambil tahu dan keruk bagian tengahnya, lalu isi dengan sisa adonan aci.

3. Siapkan minyak goreng dalam jumlah banyak. Masukkan sebagian adonan yang telah dibentuk ke dalam minyak dingin, lalu nyalakan api besar. Goreng hingga matang, lalu angkat dan sisihkan.

4. Proses bahan-bahan bumbu halus, kemudian panaskan air secukupnya untuk membuat kuah. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum, kemudian masukkan ke dalam rebusan kuah.

5. Masukan sisa adonan bakso aci yang belum digoreng dan bakso tahu ke dalam kuah. Masak sampai mengambang, kemudian angkat dan sajikan.

3. Banyak Pilihan

Jadi gimana, cukup sederhana bukan resep dan cara membuat baso aci di rumah? Kalau KLovers nggak mau repot bikin sendiri, ada sejumlah pilihan baso aci yang bisa kamu pesan secara pre-order di ManisdanSedap.com.

Platform yang satu ini hadir untuk memberikan dukungan bagi UMKM, dengan memajang produk kuliner yang mereka jual. Sebagai 'etalase', seller maupun penggemar kuliner bisa lebih mudah berinteraksi sekaligus bertransaksi dengan fitur yang menghubungkan langsung ke nomor WhatsApp seller. Platform ini bakal jadi partner terbaik untuk mempromosikan menu pre-order di Indonesia.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kpl/lou)



MORE STORIES




REKOMENDASI