Saat Anies Baswedan Bicara Pendidikan Sebagai Eskalator Ekonomi

Selasa, 17 Januari 2017 05:07 Penulis: Iwan Tantomi
Saat Anies Baswedan Bicara Pendidikan Sebagai Eskalator Ekonomi
© merdeka.com/ Imam Buhori

Kapanlagi Plus - Selama Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang ke-27, kamu mungkin sering mendengarkannya berulang kali berujar perihal pendidikan sebagai eskalator ekonomi.

Pemikiran tersebut sebenarnya sudah lama Anies cetuskan semenjak ia berkecimpung sebagai seorang akademisi. Namun begitu, bisa jadi belum banyak orang yang tahu apa sebenarnya maksud dari pendidikan sebagai eskalator ekonomi ini.

Lagi-lagi pemikiran tersebut merupakan konsep yang lebih spesifik tentang Janji Kemerdekaan untuk mencerdaskan warga negara. Menurut Anies, selama empat atau lima dekade terakhir, pendidikan menjadi eskalator sosial ekonomi masyarakat Indonesia.

Anies lantas mencontohkan, kelas menengah atas Indonesia saat ini, dulunya merupakan kelas menengah ke bawah. Pendidikan tinggilah yang mampu mengubah status sosial ekonomi hingga bisa naik seperti demikian.

Akan tetapi, di masa kini eskalator tersebut tak lagi bisa dinaiki semua orang karena tingginya biaya pendidikan, di samping akses pendidikan yang juga terbatas. Maka dari itu, Anies lantas menelurkan solusi berupa inisiatif pendidikan guna menciptakan perubahan positif di masyarakat, seperti hadirnya program Indonesia Mengajar.

(kpl/tmi)

Editor:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI