Secara Etimologi Motivasi Dapat Diartikan Sebagai Dorongan dari dalam Diri, Ketahui Fungsinya di Kehidupan Sehari-hari

Senin, 23 Januari 2023 16:44
Secara Etimologi Motivasi Dapat Diartikan Sebagai Dorongan dari dalam Diri, Ketahui Fungsinya di Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Motivasi sering kali dianggap sebagai suatu hal yang sangat penting dan harus dimiliki setiap orang. Maka dari itu, setiap orang perlu tahu arti dari motivasi. Secara etimologi motivasi dapat diartikan sebagai dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang. Artinya, motivasi dalam diri seseorang hanya bisa dibangkitkan oleh dirinya sendiri

Oleh sebab itulah, penting untuk memahami arti dari motivasi baik secara etimologis, secara teori, dan secara praktis. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap motivasi sebagai hal remeh temeh. Terbukti, masih banyak yang belum memahami bahwa secara etimologi motivasi dapat diartikan sebagai dorongan semangat pribadi.

Untuk lebih memahami apa arti motivasi, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Arti Motivasi Secara Etimologi dan Menurut Kamus

Motivasi mungkin jadi kata yang sudah cukup sering kita perdengarkan. Namun nyatanya masih tak banyak orang yang tahu arti motivasi secara etimologi atau berdasarkan asal mula kata. Secara etimologi motivasi dapat diartikan sebagai dorongan dari dalam diri seseorang.

Pengertian motivasi sebagai dorongan tersebut diperoleh dari kata motivasi yang disinyalir berasal dari bahasa Latin 'movore'. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, movore berarti gerak atau 'dorongan untuk bergerak'.

Kata movore dan konsep artinya kemudian diserap ke berbagai bahasa di dunia. Misalkan saja dalam bahasa Inggris, kata movore berubah jadi 'motive' yang artinya adalah 'daya gerak atau alasan'.

Sementara itu, kata movore dan motive kemudian juga diserap ke dalam bahasa Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), motivasi diartikan sebagai sebuah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

 

2. Arti Motivasi Berdasarkan Pandangan Ahli

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, secara etimologi motivasi dapat diartikan sebagai dorongan dari dalam diri seseorang. Berdasarkan pengertian itu, arti motivasi tak bisa dilepaskan dari ilmu psikologi. Dalam psikologi, motivasi diartikan sebagai usaha yang mendorong seseorang atau kelompok tergerak melakukan sesuatu demi mencapai tujuan atau mendapat kepuasan.

Selain itu, banyak ahli yang juga merumuskan definisi atau pengertian dari arti motivasi. Beberapa ahli juga membuat definisi khusus terkait arti motivasi diri atau motivasi hidup. Berikut beberapa di antaranya

1. Henry Simamora

Menurut Henry Simamora, arti motivasi hidup adalah sebuah fungsi dari pengharapan individu bahwa upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan membuahkan imbalan atau mencapai tujuan yang diharapkan.

2. Tabrani Rusyan

Pengertian motivasi menurut Tabrani Rusyan adalah kekuatan yang mampu mendorong seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuannya.

3. Abraham Maslow

Abraham Maslow mendefinisikan motivasi sebagai suatu hal yang bersifat konstan (tetap). Artinya, motivasi pernah berakhir, berfluktuasi dan bersifat kompleks. Selain itu, motivasi juga menjadi karakteristik universal pada setiap kegiatan organisme.

4. A.W Bernard

A.W Bernard menyebut arti motivasi hidup sebagai fenomena yang mengarahkan tindakan ke arah tujuan tertentu. A.W Bernard juga berpendapat motivasi juga merupakan usaha memperbesar atau mengadakan gerakan untuk mencapai tujuan tertentu.

5. Thomas M. Risk

Thomas M. Risk mengartikan motivasi sebagai usaha yang disadari oleh pihak guru. Motivasi dilakukan untuk menimbulkan motif-motif pada diri siswa yang menunjang ke arah tujuan-tujuan belajar.

 

3. Jenis-jenis Motivasi

Selain kelima ahli di atas, ada pula Woodworth dan Marquis yang menyoroti pentingnya belajar arti motivasi. Tak saja membuat definisi, Woodworth dan Marquis juga menggolongkan motivasi dalam beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya. Berikut beberapa jenis motivasi menurut Woodworth dan Marquis.

1. Motivasi akan Kebutuhan-kebutuhan Organis

Jenis motivasi yang pertama ini berkaitan erat dengan kebutuhan mendasar manusia hidup. Di dalamnya termasuk aktivitas yang wajib dilakukan untuk tetap hidup, seperti: makan, minum, bergerak dan istirahat tidur, dan lain sebagainya.

2. Motivasi Darurat

Kedua, ada juga jenis motivasi yang disebut motivasi dasar. Motivasi ini meliputi dorongan untuk menyelamatkan diri, membalas, melakukan usaha terbaik, keinginan mengejar ketertinggalan. Motivasi ini bisa muncul dalam situasi tertentu. Proses kemunculannya pun bisa berlangsung cepat dan kuat. Tak saja dari diri sendiri, motivasi ini juga bisa muncul dari faktor eksternal.

3. Motivasi Objektif

Motivasi objektif adalam motivasi yang muncul karena tujuan suatu objek. Motivasi ini mencakup kebutuhan eksplorasi, manipulasi dan menaruh minat. Motivasi ini umumnya muncul setelah timbul dorongan untuk menghadapi dunia secara efisien dan efektif.

 

4. Fungsi Motivasi di Kehidupan Sehari-hari

Secara etimologi motivasi dapat diartikan sebagai dorongan dari dalam diri seseorang. Dari pengertian itu saja sudah bisa dipastikan bahwa salah satu fungsi utama dari motivasi adalah membuat seseorang lebih terdorong dalam melakukan sesuatu. Namun selain itu, ternyata motivasi mempunyai fungsi lain di keseharian. Berikut beberapa fungsi motivasi di kehidupan sehari-hari.

1. Motivasi Berguna untuk Membangkitkan Semangat dalam Diri

Dengan motivasi diri, seseorang bisa lebih semangat, pantang putus asa, dan semakin kuat dalam menghadapi berbagai permasalahan.

2. Motivasi Mengarahkan Evaluasi dan Meningkatkan Kemampuan

Motivasi juga dapat mengarahkan seseorang untuk evaluasi diri, menemukan kekurangan, motivasi diri juga akan menggerakkan seseorang untuk meningkatkan kemampuan dan menjadi lebih baik lagi.

3. Motivasi Membuat Lebih Bersyukur

Dengan motivasi, seseorang juga akan lebih memahami situasi yang sedang dialami. Motivasi diri akan membuat kita lebih bersyukur dengan kondisi yang ada.

4. Motivasi Membuat Hidup Lebih Tenang

Motivasi juga akan membuat seseorang lebih optimis menjalani kehidupan. Sesulit apapun permasalahan yang dihadapi, kita tetap akan yakin dan optimis bahwa semuanya bisa dilalui. Dengan begitu, hidup akan terasa lebih tenang dan bahagia.

Itulah di antaranya penjelasan dari pengertian secara etimologi motivasi dapat diartikan sebagai dorongan dari dalam diri seseorang. Semoga bermanfaat dan bisa bikin kalian lebih termotivasi!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI