Sempurnanya Liburan Natal dan Tahun Baru Bisa Terhadang Arus Balik, Rela Macet-Macetan?

Minggu, 05 Januari 2020 12:00 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Sempurnanya Liburan Natal dan Tahun Baru Bisa Terhadang Arus Balik, Rela Macet-Macetan?
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Betapa serunya menikmati liburan Natal dan Tahun Baru bersama orang-orang tersayang. Hanya berselang seminggu, kebanyakan orang memilih untuk meneruskan liburan Natal dengan mengambil cuti hingga memasuki hari-hari pertama di bulan Januari 2020.

Life must go on. Walau berat mengakhiri liburan, kamu harus kembali ke rutinitas di kota asal. Sayangnya, untuk melakukannya nggak jarang perjalananmu terhalang arus balik yang identik dengan lalu lintas padat. Rugi banget kan kalau liburan yang sempurna jadi terganggu gara-gara kamu terpaksa menghadapi kemacetan lalu lintas.

Nah, biar nggak terjebak macet dalam perjalanan pulang, ada beberapa strategi jitu yang bisa dicoba, lho.

Cari tanggal yang pas

Langkah pertama yang wajib dilakukan untuk menghindari kepadatan arus balik adalah memilih waktu yang tepat. Kamu bisa menetapkan jadwal kepulangan lebih cepat dari puncak arus balik atau sebaliknya menambah cuti dengan harapan bisa lolos dari padatnya lalu lintas usai liburan akhir tahun. Sebelum membuat keputusan, pertimbangkan beberapa hal seperti jatah cuti atau izin dari tempat kerja, jadwal sekolah anak-anak hingga sisa bujet yang dimiliki.

Pasang fitur GPS

Sayangnya, terkadang kamu tak punya pilihan dan terpaksa pulang di waktu yang bersamaan dengan puncak arus balik liburan Natal dan Tahun Baru. Pertimbangkan untuk menambahkan fitur GPS di mobil atau pasang aplikasi yang sama di ponsel untuk mencari alternatif jalan lain yang relatif lebih sepi. Cara ini cukup efektif untuk memangkas waktu perjalanan darat dan bonusnya, kamu membawa pulang pengalaman unik yang memperkaya liburanmu kali ini.

Memantau media sosial

Media sosial bisa jadi sumber informasi yang cepat dan akurat, termasuk arus balik liburan Natal dan Tahun Baru. Nggak ada salahnya untuk mencari info ter-update soal titik-titik kemacetan yang sebaiknya dihindari, hingga faktor lain yang bisa bikin perjalananmu terganggu. Mulai dari longsor, perbaikan jalan atau jembatan, hingga pengalihan arus lalu lintas.

Siapkan fisik dan kendaraan

Segala persiapan sudah dilakukan, tapi terkadang sulit untuk menghindari kemacetan terutama di tengah arus balik liburan panjang. Bisa memicu stres, ada baiknya bersiap untuk menghadapi kemungkinan terburuk itu dengan menjaga kondisi fisik. Selain cukup istirahat, jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman yang membantu mempertahankan staminamu.

Bukan hanya stamina saja yang wajib dijaga, kondisi kendaraan pun wajib prima. Kebayang kan stres yang dialami saat terjebak macet dan terpaksa berhadapan dengan gangguan mesin mobil yang bikin kepulanganmu jadi makin tertunda.

Cari alternatif moda transportasi

Membayangkan lalu lintas yang padat dan kemacetan yang mengular bisa bikin liburan jadi nggak tenang. Menggunakan transportasi publik seperti kereta api bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang enggan menghadapi kemacetan arus balik usai liburan panjang.

Ketimbang susah payah mencari rute pulang yang bebas macet atau capek menyetir kendaraan pribadi, perjalanan nyaman bisa Anda dapatkan di sini. Cukup bermodalkan Traveloka App di smartphone, kamu bisa mendapatkan tiket online kereta api dengan mudah.

Biar dapat spot ternyaman, nggak ada salahnya pesan tiket kereta api jauh-jauh hari. Di Traveloka, kamu sudah bisa memesannya sejak 30 hari sebelum tanggal keberangkatan. Serunya lagi, ada fitur Notifikasi Kursi Kereta Api pada aplikasi Traveloka, yang akan memberikan pemberitahuan jika tiket yang diinginkan sudah tersedia.

Khawatir dana liburan semakin menipis kalau menggunakan kereta api? Tenang, Traveloka yang merupakan partner resmi PT KAI ini sering memberi promo spesial yang dapat menghemat bujetmu. Lebih terjangkau, kamu pun bisa memilih tempat duduk sesuai keinginan untuk perjalanan yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Cara pemesanannya gampang banget dan tentunya terpercaya karena sistem yang terhubung langsung dengan PT KAI. Begitu mendapatkan tiket kereta api yang diinginkan, lanjutkan dengan proses pembayaran yang aman dan lancar dengan berbagai pilihan pembayaran, mulai dari transfer ATM, kartu kredit hingga internet banking.

Begitu tiket dikonfirmasi, kamu tinggal check in dengan melakukan scan barcode pada e-tiket dan mendapatkan boarding pass resmi. Nah, kalau mengalami kendala dalam pemesanan atau e-tiket yang belum diterima dalam waktu maksimal 1 jam, segera hubungi Customer Service yang selalu siap 24 jam untuk membantumu mendapatkan perjalanan yang nyaman dan menyenangkan.

Siap kembali beraktivitas tanpa harus menghadapi kemacetan arus balik? Yuk, book tiket kereta online via website atau Traveloka App sekarang juga dan buktikan kemudahannya!

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI