Separator Dicat Warna Warni Tuai Kontroversi, Anies Baswedan Kembalikan Hitam Putih

Rabu, 01 Agustus 2018 16:35 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Separator Dicat Warna Warni Tuai Kontroversi, Anies Baswedan Kembalikan Hitam Putih
Separator Dicat Warna Warni (credit: liputan6)

Kapanlagi Plus - Persiapan terus dilakukan menjelang Asian Games 2018. Salah satunya dengan mempercantik jalanan kota Jakarta. Bahkan karena ingin lebih cantik, separator dan pembatas jalan pun juga dicat warna-warni.

Banyak yang mempertanyakan maksud Pemprov ini. Namun setelah menjadi kontroversi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung mengembalikan warna pembatas jalan menjadi warna hitam putih. Hal ini dikarenakan adanya peraturan marka jalan.

Separator dicat warna warni ternyata melanggar peraturan (credit: liputan6)Separator dicat warna warni ternyata melanggar peraturan (credit: liputan6)

Seperti pada pembatas jalan di kawasan Pasar Rebo yang terlihat sudah seperti warna semula. Namun rupanya mengembalian warna tersebut belum sepenuhnya dilakukan. Seperti saparator di depan Kedubes Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan yang masih berwarna-warni.

"Ada ketentuan-ketentuan mengenai marka jalan dan asisten pembangunan kemarin menjelaskan bahwa ketentuan tentang marka jalan penting untuk ditaati," kata Anies di kawasan Monas, Selasa (31/7/2018).

Peraturan marka jalan tersebut merujuk pada keselamatan lalu lintas. Maka dari itu pembatas jalan maupun separator tidak boleh sembarangan dicat, meskipun dicat warna warni ini lebih terlihat estetik dan meriah.

"Karena memiliki fungsi tidak hanya untuk estetika, tapi juga untuk safety," tandas Anies.

Sumber: liputan6.com

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI