Sholat Syuruq: Bacaan Niat, Tata Cara, Waktu Pelaksanaan Beserta Keutamaannya

Rabu, 21 April 2021 15:11 Penulis: Nurul Wahida
Sholat Syuruq: Bacaan Niat, Tata Cara, Waktu Pelaksanaan Beserta Keutamaannya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Sholat syuruq adalah salah satu sholat sunnah yang dapat dikerjakan umat muslim di waktu matahari terbit. Sholat sunnah ini memiliki banyak keistimewaan atau keutamaan luar biasa yang bisa diraih bagi umat muslim yang mengerjakannya. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang sholat syuruq mulai dari bacaan niat beserta tata caranya.

Selain menunaikan ibadah sholat wajib, setiap umat muslim juga bisa melaksanakan sholat sunnah sebagai ibadah tambahan salah satunya sholat syuruq. Sholat sunnah ini juga dikenal dengan sholat isyraq yang memiliki arti terbit.

Banyak orang menyebut sholat sunnah ini serupa dengan sholat dhuha yang sama-sama dikerjakan ketika matahari terbit. Selain itu, sejumlah ulama memiliki pendapat masing-masing terkait sholat syuruq dan sholat dhuha di mana ada yang menyebutnya sama serta berbeda.

Untuk itulah ada bacaan niat sholat syuruq yang berbeda dari sholat dhuha. Sedangkan terkait tata cara sholat syuruq pada dasarnya ibadah sunnah ini dikerjakan serupa seperti ibadah sholat pada umumnya hanya saja terdiri dari dua rakaat.

Adapun secara rinci dan lengkapnya mengenai sholat syuruq beserta bacaan niat, tata cara dan waktu pelaksanaan dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Penjelasan Mengenai Sholat Syuruq dan Sholat Dhuha

Sholat syuruq atau sholat isyraq bagi sebagian umat muslim tentunya masih tak sepopuler sholat dhuha meskipun dikerjakan di waktu hampir sama. Hal inilah yang memicu pertanyaan apakah sholat syuruq sama dengan sholat dhuha?

Mengenai hal tersebut, sejumlah ulama memiliki pendapatnya masing-masing terkait sama tidaknya sholat syuruq dengan sholat dhuha. Melansir dari NU Online, menurut Al-Ghazali, sholat syuruq atau isyraq berbeda dengan sholat dhuha termasuk dengan kesunnahannya.

Sedangkan Imam Hakim dalam kitab Al-Mustadrak berpendapat sholat syuruq sama dengan sholat dhuha berdasarkan pada sebutan lain dari sholat syuruq yang juga merupakan nama lain dari sholat dhuha. Namun perbedaan keduanya dapat dilihat pada waktu pengerjaan yang mana sholat syuruq dapat dikerjakan saat matahari terbit sedangkan sholat dhuha dapat dikerjakan setelah matahari terbit hingga menjelang waktu dzuhur.

 

2. Waktu Pelaksanaan Sholat Syuruq

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, untuk sholat syuruq dapat dikerjakan pada waktu matahari terbit dengan ketinggian satu tombak. Atau secara singkatnya dapat dilaksanakan di awal masuknya sholat dhuha hingga berakhir saat matahari mulai menjulang tinggi. Ini sesuai dengan hadis Nabi SAW yang berbunyi,

"Rasulullah SAW berdiri untuk shalat dua rakaat ketika matahari terbit dan ketika matahari mulai menjulang tinggi dari arah timur, yaitu saat seperempat siang, Rasulullah SAW kembali melakukan shalat empat rakaat." (HR. Turmudzi).

 

3. Bacaan Niat Sholat Syuruq

Adapun bacaan niat sholat syuruq di bawah ini bisa kalian jadikan referensi untuk melaksanakan sholat sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa. Berikut ini lafal bacaan niat sholat syuruq atau isyraq yang dapat kalian amalkan.

"Ushalli sunnatal isyraqi rak'ataini lillahi ta'ala."

Artinya: "Aku berniat melaksanakan sholat Sunnah Isyraq sebanyak dua rakaat karena Allah Ta'ala."

 

4. Tata Cara Sholat Syuruq

Setelah mengetahui bacaan niat sholat syuruq, penting juga memahami bagaimana tata cara sholat syuruq sesuai dengan urutannya. Namun pada dasarnya pelaksanaan sholat syuruq sama seperti ibadah sholat wajib ataupun sunnah lainnya hanya saja perbedaan ada pada niat serta jumlah rakaat.

Dimana untuk jumlah rakaat sholat syuruq hanya terdiri dari dua rakaat. Melansir dari Nu Online, ini berdasarkan dengan hadis riwayat Imam Turmudzi yang menyebutkan bahwa rakaat sholat syuruq atau isyraq terbatas dua rakaat. Adapun tata cara sholat syuruq dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

- Membaca niat sholat syuruq.

- Takbiratul ihram.

- Membaca doa iftitah.

- Membaca Al-Fatihah dan surat pendek (disunnahkan membaca surat Ad-dhuha)

- Rukuk dengan tuma'ninah.

- I'tidal dengan tuma'ninah.

- Sujud dengan tuma'ninah.

- Duduk di antara dua sujud.

- Sujud kedua.

- Lalu berdiri untuk menjalankan rakaat kedua.

- Membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek (disunnahkan surat Al-Insyirah).

- Rukuk dengan tuma'ninah.

- I'tidal dengan tuma'ninah.

- Sujud.

- Duduk di antara dua sujud.

- Sujud kedua.

- Tasyahud akhir.

- Salam.

 

5. Keutamaan Sholat Syuruq

Setelah mengetahui tentang sholat syuruq, bacaan niat, waktu pelaksanaan dan tata caranya, maka ada sejumlah keutamaan sholat syuruq yang perlu diketahui umat muslim. Adapun keutamaan sholat syuruq yang dapat di raih umat muslim dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW yang berbunyi,

"Barangsiapa yang melaksanakan sholat subuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan sholat dua raka'at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umrah." Beliau pun bersabda, " Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna." (HR. Tirmidzi no. 586, Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan).

Untuk itulah keutamaan sholat syuruq ini bisa menjadi referensi buat kalian menjalankan ibadah sunnah yang memiliki keistimewaan mulia dan luar biasa.

Itulah tentang sholat syuruq beserta bacaan niat, tata cara, waktu pelaksanaan beserta keutamaannya. Semoga ulasan di atas dapat membantu kalian dalam menjalankan amalan sunnah yang dicontohkan nabi muhammad saw.

Sumber: dream.co.id, islam.nu.or.id

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI