Siapa Sangka Anies Baswedan Dulunya Adalah Jurnalis Televisi?

Minggu, 22 Januari 2017 02:18 Penulis: Iwan Tantomi
Siapa Sangka Anies Baswedan Dulunya Adalah Jurnalis Televisi?
© KapanLagi.com/ Hendra Gunawan

Kapanlagi Plus - Mengenal Anies Baswedan sebagai seorang akademisi memang sudah tak bisa dipungkiri lagi. Berkat kerja kerasnya dalam memperbaiki ketimpangan pendidikan di pedalaman, Anies pun dikenal dengan program inisiasinya yang terkenal. Apalagi kalau bukan Indonesia Mengajar.

Program yang menempatkan lulusan terbaik di Indonesia untuk membantu mengajar anak sekolah dasar di berbagai daerah di Indonesia tersebut, memang terbilang sukses.

Namun, siapa sangka bila di masa lalu, selain aktif sebagai aktivis, Anies ternyata pernah melakoni profesi jurnalis seperti mendiang kakeknya, Abdurrahman Baswedan.

Sebelumnya, Anies sempat menjalani program pertukaran pelajar AFS selama setahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat. Sekembalinya ke SMA Negeri 2 Yogyakarta, Anies berkesempatan berperan di bidang jurnalistik.

Ia bergabung dengan program Tanah Merdeka di Televisi Republik Indonesia cabang Yogyakarta. Adapun perannya sebagai pewawancara tetap tokoh-tokoh nasional.

Sementara acara Tanah Merdeka sendiri merupakan besutan Ishadi SK, yang belakangan menjadi salah satu komisaris di Trans TV. Dalam sebuah kesempatan di Universitas Paramadina, Ishadi begitu terkesan dengan semangat, bakat dan pengetahuan Anies muda.

(kpl/tmi)

Editor:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI