Survei Membuktikan, Netizen Indonesia Dinobatkan Paling Tak Sopan se-Asia Tenggara

Kamis, 25 Februari 2021 21:04
Survei Membuktikan, Netizen Indonesia Dinobatkan Paling Tak Sopan se-Asia Tenggara
Ilustrasi netizen © Shutterstock.com


Kapanlagi Plus - Media sosial memang memberikan kebebasan untuk penggunanya berpendapat. Tentunya media sosial juga tak terlepas dari penggunanya yang asal Indonesia.

Microsoft baru-baru ini mengeluarkan laporan tahunan terbaru dengan mengukur tingkat kesopanan netizen atau pengguna internet dengan tajuk 2020 Digital Civility Index (DCI). Ternyata netizen Indonesia menempati peringkat paling bawah soal kesopanan dalam bermain media sosial.

1. Singapura Paling Sopan

Belanda mendapat urutan pertama sebagai netizen paling sopan secara global. Sedangkan untuk Asia baik Asia Tenggara, Singapura mendapat posisi pertama dan keempat secara global. Sedangkan Indonesia menempati urutan ke-29 dari 32 negara yang menduduki posisi terbawah di Asia Tenggara.

"Studi tahunan kesopanan digital ini penting untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong interaksi positif secara online," sebut Liz Thomas selaku Regional Digital Safety Lead, Asia-Pacific, Microsoft yang dikutip dari Mashable.

2. Hasil Survei Indonesia

Survei yang diadakan Microsoft ini dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2020 yang melibatkan 16 ribu responden dari kaum muda dan dewasa. Adapun Indonesia dianggap memiliki sikap tidak sopan lantaran memiliki kenaikan pada skor DCI yang meliputi hoax dan penipuan 13% dan ujaran kebencian naik 5%. Sedangkan diskriminasi turun 2% lantaran selama pandemi responden memiliki kesopanan lebih baik.

(kpl/lmp)



MORE STORIES




REKOMENDASI