Tata Cara Sholat Nifsu Syaban Lengkap Beserta Niat dan Doanya Sesuai Sunnah

Penulis: Nurul Wahida

Diperbarui: Diterbitkan:

Tata Cara Sholat Nifsu Syaban Lengkap Beserta Niat dan Doanya Sesuai Sunnah
Tata cara sholat nifsu syaban (credit: pixabay.com)

Kapanlagi.com - Tata cara sholat nifsu syaban cukup mudah dipraktikkan setiap umat muslim pada malam nifsu syaban. Sebab, pada saat itu ada beragam keutamaan yang dapat diperoleh umat muslim salah satunya pengampunan dosa.

Bulan syaban menjadi salah satu diantara bulan spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Sebab, pada bulan ini ada sejumlah amalan sunnah yang bisa dikerjakan umat muslim dengan beragam keistimewaannya.

Berdasarkan kalender hijriyah, bulan syaban merupakan bulan ke delapan yang tahun ini jatuh pada tanggal 28 dan 29 Maret 2021. Ada peristiwa besar yang dikenal umat muslim pada bulan ini diantaranya penyerahan catatan amal manusia serta pemindahan arah kiblat dari Baitul Maqdis menuju Ka'bah atau Baitullah.

Untuk itulah pada saat malam nifsu syaban setiap umat muslim disunnahkan melakukan berbagai amalan seperti perbanyak istighfar, puasa, doa, dan sholat. Dalam hal ini salah satu amalan yang tidak bisa dilewatkan adalah sholat nifsu syaban. Tata cara sholat nifsu syaban bisa dipraktikkan dengan mudah termasuk bagi pemula.

Adapun tata cara sholat nifsu syaban di bawah ini bisa menjadi referensi buat kalian mengamalkan amalan sunnah pada malam nifsu syaban. Berikut tata cara sholat nifsu syaban lengkap beserta niat dan doanya sesuai sunnah telah dirangkum Kapanlagi.com dari merdeka.com.

 

 

1. Bacaan Niat Sholat Nifsu Syaban

Tata cara sholat nifsu syaban bisa dilaksanakan seluruh umat muslim pada malam nifsu syaban. Di mana amalan sholat sunnah ini diawali dengan membaca niat sholat nifsu syaban yang termasuk rangkaian pertama dari tata cara sholat nifsu syaban. Adapun bacaan niat sholat nifsu syaban dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini.

"Usholli sunnatan nisfu sya'baana rak'ataini lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya niat sholat sunnat Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Bacaan niat sholat nifsu syaban jika dikerjakan pada malam hari:

"Usholli sunnata lailati nisfu sya'baana rok'ataini lillahi ta'alaa"

Artinya: "Saya shalat sunnat malam Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala"Takbiratul Ikhram, mengangkat kedua tangan ke atas sejajar telinga dengan membaca bacaan Allahu akbar."

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tata Cara Sholat Nifsu Syaban

Setelah mengetahui bacaan niat sholat nifsu syaban, tata cara sholat nifsu syaban perlu kalian pahami sebelum mengerjakannya. Terutama memahami apa saja urutan sholat nifsu syaban yang pertama bisa diawali dengan bacaan niat. Adapun tata cara sholat nifsu syaban sebagai berikut.

1. Membaca niat sholat nifsu syaban.

2. Membaca doa iftitah.

3. Membaca al-fathihah.

4. Membacaan surat pendek (diutamakan surah Al-Kafirun).

5. Rukuk dengan membaca doa rukuk.

6. I'tidal dengan membaca doa i'tidal.

7. Sujud, dengan membaca doa sujud.

8. Duduk di antara dua sujud, dengan membaca doa duduk diantara dua sujud.

9. Sujud kedua.

10. Berdiri menunaikan rakaat kedua.

11. Membaca Al-Fathihah.

12. Lalu membaca surat pendek (diutamakan surah Al-Ikhlas).

13. Duduk tahiyat akhir.

14. Mengucap salam.

 

 

3. Doa Setelah Mengerjakan Sholat Nifsu Syaban

Setelah mengerjakan sholat nifsu syaban berdasarkan tata cara sholat dan urutannya, setiap umat muslim dapat membaca sejumlah amalan doa. Diantara doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah mengerjakan sholat nifsu syaban adalah surah Yasin.

Surah Yasin dianjurkan dibaca sebanyak tiga kali disertai dengan niat mengharap ridho Allah SWT yakni memohon umur panjang, kelapangan rezeki, serta keteguhan iman. Adapun urutan yang bisa dikerjakan saat membaca surah Yasin sebagai berikut.

- Bacaan surah Yasin yang pertama diniatkan untuk memohon umur panjang semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

- Bacaan surah Yasin kedua, diniatkan untuk memohon kelapangan rezeki yang halal sebagai bekal beribadah kepada Allah SWT.

- Bacaan surah Yasin ketiga, diniatkan untuk memohon keteguhan iman dari Allah SWT.

 

 

4. Doa Malam Nifsu Syaban

Doa pada malam nifsu syaban perlu kalian pahami agar menyempurnakan amalan pada malam nifsu syaban. Adapun bacaan doa malam nifsu syaban dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

Bacaan doa malam nifsu syaban:

"Allaahumma yaa dzal manni walaa yumannu alaika ya dzal jalaali wal ikraam, Yaa dzath thauli wal in aam laa ilaaha illaa anta, dhahrul laajiin, Wa jaarul Mustajiiriin, Wa amaanul khaa ifiin.

Allahumma in kunta katabta nii indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan aw mahruuman aw mathruudan aw muqtarran alayya fir rizqi famhu.

Allaahumma bi fadllika syaqaawatii wa hirmaanii wa thardii waq titaari rizqii wa ats-bitnii indaka fii ummil kitaabi sa 'iidan marzuuqan muwaf faqal lil khairaat. Fa innaka qulta wa qaulta wa qaulukal haqqu fii kitaabikal munazzali 'alaa nabiyyikal mursali, yamhul laahumaa yasyaa u wa yutsbitu wa indahuu ummul kitaabi.

Ilaahii bittajallil Aadhami fii lailatin nishfi min syahri syabaanil mukarramil latii yufraqu fiihaa kullu amrin hakiim wa yubram ishrif annii minal balaa i maa alamu wa maa laa alam wa anta allaamul ghuyuubi birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Wa sallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadiw wa 'alaa aalihii wa sahbihi wa sallama."

Artinya:

"Ya Allah Tuhanku, wahai Yang memiliki anugerah dan tiada yang memberi anugerah kepada-Mu, wahai Yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, wahai yang mempunyai kekuasaan dan yang memberi nikmat, tiada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Engkau, tempat bernaung bagi orang-orang yang mengungsi, tempat berlindung bagi orang-orang yang memohon perlindungan dan tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan. Ya Allah Tuhanku, jika Engkau telah menetapkan diriku di dalam Ummul Kitab (Lauh Mahfuz) yang berada di sisi-Mu sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir atau disempitkan rezekinya sudilah kiranya Engkau menghapuskan.

Ya Allah Tuhanku, berkat karunia-Mu apa yang ada dalam Ummul Kitab yaitu perihal diriku sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir dan sempit rezeki. Dan sudilah kiranya Engkau menetapkan di dalam Ummul Kitab yang ada di sisi-Mu agar aku menjadi orang yang berbahagia, mendapat rezeki yang banyak lagi beroleh kesuksesan dalam segala kebaikan. Karena sesungguhnya Engkau telah berfirman di dalam kitab-Mu dan firman-Mu adalah benar yang diturunkan melalui lisan Nabi yang Engkau utus, Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan, dan di sisi-Nya ada Ummul Kitab.

Ya Tuhanku, Berkat penampilan yang maha besar (dari rahmat-Mu) pada malam pertengahan bulan sya'ban yang mulia ini diperincikanlah segala urusan yang ditetapkan dengan penuh kebijaksanaan. Sudilah kiranya Engkau menghindarkan diriku dari segala bencana yang aku ketahui dan yang tidak ku ketahui serta yang lebih Kau ketahui (dari diriku), dan Engkau Maha Mengetahui segala yang gaib, berkat rahmat-Mu wahai yang maha penyayang diantara para penyayang.

Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, semoga Dia melimpahkan salam sejahtera (kepada mereka)."

Nah itulah tata cara sholat nifsu syaban lengkap beserta niat dan doanya sesuai sunnah. Tata cara sholat nifsu syaban beserta doanya tersebut bisa kalian amalkan pada malam nifsu syaban dengan mengharap ridho Allah SWT.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending