Tata Cara Salat Tahajud Beserta Niat, dan Manfaat untuk Kesehatan Jiwa

Jum'at, 27 Maret 2020 15:44 Penulis: Nurul Wahida
Tata Cara Salat Tahajud Beserta Niat, dan Manfaat untuk Kesehatan Jiwa
Ilustrasi Salat Tahajud (credit : freepik.com)


Kapanlagi Plus - Salat tahajud merupakan salat sunah yang dikerjakan di waktu sepertiga malam atau setelah tidur. Sudah bukan rahasia lagi jika salat tahajud memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jiwa dan tubuh pelaksananya. Lalu bagaimana tata cara salat tahajud?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswi bernama Siti Chodijah mengenai konsep salat tahajud terhadap psikologi kesehatan jiwa seseorang menghasilkan data yang menarik. Penelitian tersebut mengungkapkan betapa istimewanya salat tahajud tersebut.

Berikut adalah tata cara salat tahajud beserta niat dan manfaatnya.

1. Niat Salat Tahajud

Sebelum melaksanakan ibadah salat, kita dianjurkan untuk membaca niat salat terlebih dahulu. Niat menjadi bagian dari rukun sholat yang harus dilaksanakan. Untuk bacaan niat salat tahajud sebagai berikut:

"Ushalli sunnatat-tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala"

Artinya : "Saya niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Ta'ala"

2. Tata Cara Salat Tahajud

Tata cara salat tahajud sangat mudah dilakukan. Salat tahajud dapat dikerjakan dalam jumlah 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat, 12 rakaat dan seterusnya. Waktu yang paling dianjurkan untuk pelaksanaan salat tahajud adalah sepertiga malam atau sekitar pukul 01.00 dini hari hingga menjelang subuh.

Berikut tata cara shalat tahajud yang bisa kalian aplikasikan:

3. Doa Salat Tahajud

Setelah melakukan salat tahajud dan melakukan salam, disunahkan untuk membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, salawat, istighfar kemudian membaca doa salat tahajud. Bacaan doa salat tahajud adalah sebagai berikut:

"Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu'alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu'akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya :

"Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada).

Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang ku rahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

4. Mendatangkan Ketenangan

Banyak manfaat yang dirasakan setelah salat tahajud. Berikut adalah manfaat dari salat tahajud yang dirangkum dari berbagai sumber.

Ketenangan sangat erat hubungannya dengan kondisi psikologis seseorang. Secara kesehatan jiwa, ketenangan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Waktu salat tahajud yang dilaksanakan pada sepertiga malam ini bisa mendatangkan ketenangan jiwa pelaksananya. Salat ini bisa mendatangkan manfaat dari segi psikis berupa perasaan tenang, tentram, dan menghindari stres serta depresi seseorang.

5. Pereda Stres

Salat tahajud yang dilaksanakan pada malam dengan penuh kesunyian mengandung aspek meditasi dan relaksasi. Hal ini bermanfaat sebagai pereda stres yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

6. Tahan Menghadapi Kehidupan

Kehidupan manusia tidak sepenuhnya berjalan mulus, begitu pula sebaliknya jika kehidupan juga tidak selalu buruk. Dalam hal ini seseorang yang melaksanakan salat tahajud akan memiliki ketahanan jiwa dalam menghadapi kehidupan.

Kehidupan yang bahagia tidak akan membuat pelaksananya lalai. Sementara kehidupan yang penuh dengan kesedihan bahkan menyakitkan tidak membuat dirinya gelisah.

7. Hati Menjadi Bersih

Jika salat tahajud dikerjakan dengan ikhlas dapat mendatangkan manfaat yakni menghapus noda hitam dalam hati seseorang. Noda hitam ini membuat seseorang selalu berpikiran buruk terhadap sesuatu. Sehingga berdampak pada kehidupan spiritual dan sehari-hari seseorang.

Melaksanakan sholat tahajud menjadi kunci untuk memperbaiki pola hidup seseorang. sehingga bisa melunakkan, menyucikan, membersihkan dan menyehatkan hati.

8. Mencegah Datangnya Penyakit

Waktu pelaksanaan salat tahajud di sepertiga malam bisa menjadi cara mencegah datangnya penyakit seperti pada sistem pernapasan. Pada waktu tersebut umumnya digunakan untuk tidur, sehingga waktu yang digunakan untuk melaksanakan salat tahajud bisa mengurangi jam tidur yang terlalu lama.

Jam tidur yang terlalu lama dapat berdampak pada kesehatan fisik seseorang. Salah satu akibat dari tidur terlalu lama adalah gangguan sistem pernapasan. Di mana saluran paru-paru akan lama tertindih dan tersumbat.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI