Terlibat dalam Bakti Sosial, para Finalis Abang None Jakarta Pusat Beri Edukasi pada 60 Anak SD

Senin, 18 Juli 2022 14:05 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati
Terlibat dalam Bakti Sosial, para Finalis Abang None Jakarta Pusat Beri Edukasi pada 60 Anak SD
Finalis Abang None Jakarta Pusat Beri Edukasi pada 60 Anak SD (Credit: Istimewa)


Kapanlagi Plus - Kepedulian sosial masih terus dipupuk meski pandemi Covid-19 sudah mulai menurun. Hal itu lah yang menjadi kesadaran para Finalis Abang None (Abnon) Jakarta Pusat Tahun 2022. Mereka terlibat dalam kegiatan bakti sosial yang digelar oleh Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut digelar di Museum Husni Thamrin, Jalan Kenari, RW 04, Kecamatan Senen Jakarta Pusat, Minggu (17/7). Setidaknya, ada 15 pasang finalis Abnon di sana. Mereka memberikan edukasi kepada 60 anak yang berasal dari Sekolah Dasar Swasta (SDS) Rumah Kita Kenari.

Para siswa diedukasi mengenai apa itu Abang None dengan cara yang menarik dan menghibur, serta diajak berkeliling mengunjungi museum dan nonton bareng film bersejarah MH Thamrin.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma yang turut hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi bakti sosial ini. Menurutnya dengan mengajak anak-anak mengunjungi museum diharapkan dapat membuat para anak-anak ini sejak dini mencintai museum dan sejarah perjalanan bangsa.

1. Tumbuhkan Semangat

"Ini salah satu upaya kita menumbuhkan semangat pada anak-anak untuk mencintai seni, sejarah dan berkreativitas," katanya didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting dan Camat Senen Ronny Jarpiko.

Dhany menuturkan Museum MH Thamrin merupakan salah satu museum ditujukan untuk mengenang Pahlawan Jakarta atau Betawi yang kiprahnya sangat memberikan warna bagi perkembangan Kota Jakarta. Sehingga perlu diperkenalkan kepada masyarakat terlebih museum ini berada dilingkungan masyarakat.

2. Dikemas dengan Sederhana

"Kita ingin lebih menghidupkan museum yang ada di Kenari ini dan tadi dikemas dengan acara yang sederhana namun cukup meriah, elegan, dan substansi atau pesan yang ditangkap ialah bagaimana kita menumbuhkan kepada anak-anak cinta museum, cinta sejarah, dan menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Pemasaran dan Atraksi Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat Eva Ester Juliana mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2022 mendatang.

3. Kolaborasi dengan Banyak Pihak

"Dalam kegiatan ini Kita berkolaborasi bersama Association Experience Learning Indonesia (AELI), Penerbit Erlangga, dan Komunitas Bike to Work (B2W) Indonesia. Selain diedukasi mengenai abang none serta diajak mengunjungi museum serta menonton film, para siswa juga mendapat goodie bag dari penerbit erlangga serta diajarkan salam abang none dan menari Nandak," ungkapnya.

Dalam Kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan secara simbolis paket buku bacaan dari Penerbit erlangga kepada RPTRA MH Thamrin dan taman bacaan di wilayah Kenari serta pemberian tempat sampah dari Komunitas Bike To Work kepada Museum MH Thamrin.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI