Uniknya Cafe Style yang Bikin Milenial Nggak Takut Kuno

Sabtu, 30 Maret 2019 12:32 Penulis: Wuri Anggarini
Uniknya Cafe Style yang Bikin Milenial Nggak Takut Kuno
(c) Kawasaki

Kapanlagi Plus - Milenial identik dengan gaya hidup kekinian. Tongkrongan di spot paling update, traveling ke tempat yang lagi banyak diposting di media sosial, dan segala hal yang lagi hype di masa kini. Nggak terkecuali soal tunggangan yang menemani aktivitas sehari-hari. Belakangan, tren motor berkonsep retro seolah bangkit lagi dan populer di kalangan anak muda masa kini. Terlebih setelah film DILAN 1990 booming di kalangan anak muda, popularitas motor lawas kian dicintai generasi masa kini.

Dari berbagai modifikasi aliran motor retro yang banyak digemari, cafe racer jadi salah satu yang banyak mencuri hati. Motor yang bisa dikenali lewat penggunaan setang clip on serta model tangki yang sejajar dengan bagian ekor motor ini ternyata punya sejarah panjang yang menambah nilai keunikan dan estetikanya di kalangan penggeber jalanan. Kamu juga tertarik tampil keren dengan tren motor cafe racer? Pastiin ketahui beberapa hal unik berikut biar nggak kudet dengan tungganganmu sendiri, KLovers!

Berawal dari Rock n Roll, Lahirlah Cafe Racer

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Tahu nggak sih, ternyata cafe racer mulai terbentuk oleh anak muda di Inggris sekitar tahun 50an? Yup, tren ini berkembang lewat geliat kumpulan pecinta musik rock n roll, hobi nongkrong di kafe, dan ingin tampil beda dengan motor mereka. Kelompok ini suka banget hangout di sebuah kafe bernama Ace di London dengan membawa tunggangan andalannya. Kebiasaan inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya istilah cafe racer.

Tren ini ternyata nggak hanya sebatas melahirkan modifikasi motor saja. Di masa itu, anak muda Inggris banyak terpengaruh oleh musik rock n roll asal Amerika yang tengah booming lewat beberapa musisi seperti Elvis Presley, Gene Vincent, dan Chuck Berry. Akhirnya, lahirlah identitas fashion kelompok rocker ini lewat tampilan mereka dengan jaket kulit dan gaya rambut yang dibuat sleek dengan model pompadour. Motor retro dengan aliran cafe racer menjadi penyempurna gaya yang paripurna buat hangout style mereka.

Need for Speed 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Seiring dengan berjalannya waktu, cafe racer menjadi budaya populer di kalangan anak muda Inggris. Kebanyakan dari mereka juga dikenal jadi fans berat para jagoan GP Inggris. Hal ini juga yang membuat mereka begitu mencintai motor kencang. Tapi, sebagian orang mengkritik kebiasaan tersebut dengan menyebut bahwa mereka bukanlah racer yang sesungguhnya, juga bukan Barry Sheene (legenda racer Inggris di masa itu), mereka hanya seorang cafe racer. Diduga, inilah pertama kali istilah ‘cafe racer' lahir di masanya.

Cafe Racer di Era Milenial

(c) Kawasaki(c) Kawasaki

Seiring berjalannya waktu, cafe racer tumbuh menjadi salah satu aliran modifikasi yang banyak diminati para bikers. Seiring dengan tren yang kian populer, beberapa vendor ternama mulai menggagas konsep motor cafe racer untuk memenuhi kebutuhan gaya mereka.

Termasuk di era milenial seperti sekarang ini, Kawasaki menjadi salah satu brand yang konsisten menghadirkan motor cafe racer lewat seri W. Berawal dari W1 sebagai motor pabrikan Jepang dengan CC terbesar satu-satunya di masanya, hingga yang terbaru adalah Kawasaki W175 CAFE yang baru saja dirilis pada Januari 2019 lalu.

(c) Kawasaki(c) Kawasaki



Kawasaki W175 CAFE adalah seri upgrade dari Kawasaki W175 yang pertama kali diperkenalkan pada November 2017. Seri pendahulunya mendapatkan respon pasar yang positif, sehingga memicu brand tersebut untuk melakukan pembaruan untuk memenuhi kebutuhan para pecinta motor masa kini. Apa saja keunggulan Kawasaki W175 CAFE? 

Hadir dengan tampilan baru, motor ini dibekali dengan meter visor atraktif yang mempertegas konsep cafe style. Joknya juga dibuat dengan pola tucked role yang dipadu dengan 2 warna, yaitu cokelat dan hitam. Konsep ini memberikan sentuhan klasik dan elegan. Bagian belakang jok motor dibuat lebih tebal sehingga memberikan efek siluet single seat cover khas motor aliran cafe style.

Ada juga kehadiran short-style rear fender, spakbor belakang dibuat lebih pendek dari versi sebelumnya untuk mempertegas tampilan sporty sekaligus membuat image cafe style lebih tegas. Kawasaki W175 CAFE ini hadir dalam 3 pilihan warna, yaitu Pearl Brilliant Yellow, Metallic Flat Graystone, dan Candy Fire Red. Info lebih lengkap klik di sini.

Old is the new good. Sekarang makin percaya kan kalau tunggangan retro itu sama sekali nggak berkesan kuno? Siap upgrade motor kamu dan tampil ala cafe racer masa kini, KLovers?

 

(adv/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI