Uniknya Paramadina Fellowship Hasil Pemikiran Anies Baswedan

Iwan Tantomi | Senin, 16 Januari 2017 01:16
Uniknya Paramadina Fellowship Hasil Pemikiran Anies Baswedan
merdeka.com/ Muhammad Luthfi Rahman

Kapanlagi.com - Bagi pemburu beasiswa kuliah mungkin tidak asing dengan istilah Paramadina Fellowship. Lebih-lebih bagi kamu yang berkuliah di Universitas Paramadina, malah sudah akrab sekali dengan dua kata tersebut.

Paramadina Fellowship merupakan beasiswa yang dikeluarkan oleh Universitas Paramadina. Beasiswa hasil pemikiran Anies Baswedan ini mencakup biaya kuliah, buku dan biaya hidup.

Menurut Anies, Paramadina Fellowship merupakan perwujudan idealisme dengan bahasa bisnis. Hal ini sebagai bentuk kesadaran karena dunia pendidikan dan bisnis memiliki pendekatan yang berbeda.

Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, Anies mengadopsi konsep penamaan mahasiswa yang sudah lulus sebagaimana yang biasa digunakan di banyak universitas di Amerika Utara dan Eropa. Aplikasinya dengan mencantumkan nama sponsor pada titel seorang lulusan universitas tersebut.

Sebagai contoh, bila ada seorang mahasiswa mendapatkan dana dari Mien R. Uno (sebagai sponsor). Maka mahasiswa tersebut diwajibkan menggunakan titel Paramadina Mien R. Uno fellow.

Di samping unik, strategi Paramadina Fellowship ini kenyataannya terbilang efektif. Bahkan, kini 25% dari sekitar 2000 mahasiswa Universitas Paramadina berasal dari beasiswa ini. Hal ini diklaim sebagai sumbangsih penting bagi dunia pendidikan Indonesia di tengah mahalnya biaya pendidikan tinggi. (kpl/tmi)




PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI