Upaya Pemadaman, Titik Api Masih Muncul di Gunung Semeru

Senin, 30 September 2019 15:10 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Upaya Pemadaman, Titik Api Masih Muncul di Gunung Semeru
© Humas BB TNBTS


Kapanlagi Plus - Upaya pemadaman berlangsung di kawasan Gunung Semeru yang terbakar sejak sepekan terakhir. Titik api yang diketahui dalam bentuk asap tipis ditemukan di Ayek-Ayek.

"Sampai pukul 08.30 WIB pagi ini terdapat titik kebakaran hutan di satu lokasi di Ayek-Ayek, berupa asap tipis," kata Arifin, Plt Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS).

Lokasi kebakaran berupa tebing jurang dan cukup jauh dari jangkauan tim. Lokasinya sekitar 5.5 Km dari Posko Ranupani dengan medan yang terjal. Sehingga tim masih melakukan pengkondisian jalur dan koordinasi lebih lanjut.

 

 

1. Beberapa Titik Berhasil Dipadamkan

Namun titik-titik api yang sudah berhasil dipadamkan berada di lokasi Gunung Kepolo, Arcopodo, Kelik, Watupecah, Waturejeng, Ayek-ayek, Pusung Gendero, Ranu Kumbolo, Pangonan Cilik, Oro-oro Ombo dan Watu Tulis. Jumlah area yang terdampak akibat kebaran sudah mencapai sekitar 93.3 Ha

Personil sampai dengan hari ini total berjumlah 359 orang dengan pola pemadaman sistem shift. Sementara 11 orang dari petugas BB TNBTS, Masyarakat Mitra Polhut Ranupani dan Babinsa Ranupani hari ini terus melakukan upaya pemadaman.

2. Pengendalian Api

"Fokus pemadaman karhut hari ini adalah mop-up, yaitu pengendalian sisa api, bara dan asap sehingga dapat benar-benar padam," tegasnya.

Masyarakat Ranupani sendiri, hari ini melaksanakan Hari Raya Karo, Hari Raya Masyarakat Tengger dan besok dilanjutkan Upacara Nyadran Desa.

(kpl/dar/frs)

Reporter:

Darmadi Sasongko



MORE STORIES




REKOMENDASI