Urutan Memakai Masker Wajah yang Benar Agar Dapatkan Hasil Optimal

Senin, 07 Juni 2021 12:33 Penulis: Dhia Amira
Urutan Memakai Masker Wajah yang Benar Agar Dapatkan Hasil Optimal
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Untuk mendapatkan wajah yang indah dan bersinar, tentu kalian wajib menggunakan berbagai macam perawatan yang baik. Salah satunya dengan menggunakan masker wajah. Ya, jenis perawatan wajah satu ini memang sering diabaikan, bahkan dalam penggunaannya. Padahal ada loh urutan memakai masker wajah yang baik sesuai dengan jenis maskernya.

Karena fungsi dan jenis masker berbeda-beda. Hal itu sesuai dengan kebutuhan dari kulit kita. Tentu saja untuk urutan memakai masker wajah juga berbeda sesuai dengan jenisnya. Bila tidak digunakan, maka masker wajah tidak akan bekerja secara optimal dalam merawat kulit kalian.

Kira-kira bagaimana ya urutan memakai masker wajah yang baik dan benar? Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah urutan memakai masker wajah sesuai dengan jenisnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Peel Off Mask

Untuk penjelasan urutan memakai masker wajah yang pertama yaitu ada masker jenis peel off mask. Jenis masker satu ini adalah masker yang bisa dikelupas, yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo di wajah. Untuk penggunaan masker jenis ini bisa digunakan seminggu sekali saja ya KLovers, hal ini agar masker tidak mengiritasi kulit dan membuat kulit kalian kering.

Untuk menggunakan peel off mask tidak boleh sembarangan ya KLovers, ada beberapa urutan yang dapat kalian lakukan sebelum menggunakan peel off mask. Urutan pertama yaitu, kalian bisa membersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian aplikasikan peel off mask keseluruh area wajah, sebisa mungkin hindari dari bagian yang berbulu, seperti bulu mata, ujung rambut. Agar saat ditarik, kita tak merasakan sakit.

Kemudian tunggu masker sampai mengering dan kelupas masker pelan-pelan. Setelah masker dibersihkan, gunakan hydrating toner untuk menghidrasi kulit kalian. Setelah itu lanjutkan penggunaan serum dan pelembab yang kandungannya menghidrasi kulit wajah, seperti hyaluronic acid. Itu agar kulit lembab setelah menggunakan peel off mask.

 

2. Sheet Mask

Penjelasan urutan memakai masker wajah yang selanjutnya yaitu ada jenis masker sheet mask. Jenis masker yang satu ini memang sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Sheet mask mulai populer sejak budaya kecantikan ala Korea masuk Indonesia, seperti banyak Idol K-Pop yang menggunakannya untuk serangkaian perawatan skincare, baik idol pria maupun wanita, kemudian scene drama yang menunjukkan bagaimana sheet mask menjadi salah satu aktivitas rutin wajib bagi para pemuda di Korea.

Untuk penggunaan sheet mask sendiri sebenarnya dapat digunakan setiap hari, tetapi akan lebih baik digunakan seminggu 3 kali saja. Sheet mask ini adalah masker yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Karena penggunaan sheet mask sendiri untuk membuat kulit lembab dan cerah, hal ini dikarenakan sheet mask memiliki konsentrasi yang tinggi sebagai pengganti essence.

Untuk urutan menggunakan sheet mask tidak sulit, kalian pertama hanya perlu membersihkan wajah. Selanjutnya gunakan toner, lalu aplikasikan serum wajah. Setelah skincare tersebut meresap di kulit, aplikasikan sheet mask di wajah, tunggu selama 15 menit, lepas dan biarkan essence meresap di dalam kulit. Dan yang terakhir kalian bisa lanjutkan menggunakan pelembab.

 

3. Clay Mask

Kemudian ada pula urutan memakai masker wajah jenis clay mask. Clay mask sendiri adalah jenis masker yang cocok digunakan untuk kulit berminyak atau kulit wajah yang cenderung berjerawat. Hal itu karena, masker satu ini mampu menyerap produksi minyak yang berlebih, serta membantu mengecilkan pori-pori wajah yang membesar.

Clay mask boleh digunakan maksimal 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya KLovers. Kalian juga bisa menggunakan masker ini selama 15 menit saja, agar tidak menyebabkan kulit kering dan iritasi. Hal ini karena, masker jenis ini mengurangi minyak, sehingga bila digunakan secara berlebih malah akan membuat kulit kering dan iritasi.

Dan berikut ini urutan memakai masker wajah clay mask. Pertama sebelum menggunakan masker wajah ini kalian bisa membersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian aplikasikan clay mask keseluruh wajah yang sudah bersih dan keringkan. Setelah 15 menit, bersihkan clay mask dengan air hangat secara perlahan. Selanjutnya gunakan hydrating toner, kemudian serum dengan kandungan hyaluronic acid, dan terakhir pelembab yang mengontrol minyak.

 

4. Sleeping Mask

Siapa yang tidak mengenal sleeping mask. Ya, masker jenis ini memang menjadi salah atau jenis masker yang sering dan wajib digunakan untuk perawatan wajah. Sleeping mask sangat cocok digunakan untuk kulit dengan jenis kering, karena bisa membantu menjaga kelembaban kulit, mengunci cairan di lapisan kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen.

Sleeping mask merupakan salah satu jenis masker yang dapat digunakan setiap hari, tepatnya pada malam hari. Penggunaannya pun sangat mudah, kalian hanya perlu mengaplikasikan masker ini di wajah seperti pelembab, dan dibiarkan menempel di wajah semalaman.

Untuk urutan menggunakan sleeping mask sendiri yaitu, pertama kalian dapat membersihkan wajah, selanjutnya kalian dapat menggunakan toner, serum, dan pelembab malam. Setelah itu kunci semua skincare dengan menggunakan sleeping mask.

 

5. Wash Off Mask

Dan urutan memakai masker wajah yang terakhir yaitu ada jenis wash off mask. Biasanya wash off mask ini dikenal sebagai masker organik, yang memiliki banyak sekali fungsinya. Kalian bisa membuat masker ini sendiri dengan bahan-bahan alami, atau menggunakan produksi masker alami yang mudah untuk ditemukan.

Untuk masker wash off ini hanya boleh digunakan maksimal 2 minggu sekali ya KLovers. Hal ini agar tidak membuat kulit wajah kalian menjadi kering. Masker jenis ini akan bekerja lebih maksimal, jika disertai dengan menggunakan scrub wajah.

Berikut ini beberapa urutan menggunakan Wash off mask. Pertama kalian bisa mencuci wajah dengan air hangat, kemudian aplikasikan masker ke seluruh wajah. Kemudian biarkan masker mengering dan bilas dengan air hangat. Setelah itu kalian bisa menggunakan toner, serum dan pelembab yang memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit.

Itulah beberapa urutan memakai masker wajah sesuai dengan jenisnya. Kalian harus mengetahui urutan ini agar mendapatkan hasil yang optimal ya KLovers. Walaupun terlihat mudah, namun jangan sepelekan perawatan wajah yang satu ini.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI